Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nagekeo The Heart of Flores, Upaya Promosi Wisata Nagekeo NTT ke Mata Dunia

NAGEKEO, KOMPAS.com - Pariwista Flores sebenarnya bukan tentang Labuan Bajo saja. Ada daerah lain yang memiliki wisata alam dan budaya menarik.

Salah satunya adalah Kabupaten Nagekeo. Lokasinya ada di tengah pulau Flores dan kaya akan pesona wisata.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do pun meluncurkan tagline "Nagekeo The Heart of Flores" sebagai upaya memperkenalkan daerahnya ke mata dunia internasional, Rabu (8/12/2021).

Pada acara peluncuran "Nagekeo The Heart of Flores", sejumlah produk ditampilkan kepada para pengunjung.

Produk unggulan tersebut berasal dari desa-desa disejumlah kecamatan di kabupaten Nagekeo,

Beberapa di antaranya adalah kopi leder dari Desa Legu Deru, kopi ebulobo lajawajo, keripik pisang, sirup lala dari Pajoreja, keripik talas dari Wuliwalo, aneka keripik dari ubi, aneka olahan daun kelor dari Marapokot, dan minyak kemiri dari Lewangera.

Selain itu, ada pula beberapa tarian tradisional seperti Toda Gu yang ditampilkan oleh sejumlah pelajar SMP, alat musik tradisonal Suwito dari desa Ululoga.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, menjelaskan, peluncuran tagline "Nagekeo The Heart of Flores" tidak sekedar hanya seremonial dan gegap gempita. Sudah ada kajian secara saksama, baik secara ilmiah, budaya, dan sejarah atau historis selama dua tahun.

Nagakeo di tengah Pulau Flores

Ia mengatakan, secara topografi kabupaten Nagekeo tepat berada di tengah pulau Flores dan sangat menguntungkan.

Secara budaya, kata dia, Nagekeo memiliki keberagaman budaya. Ada tiga budaya, seperti di dataran utara Mbay, tengah Boawae, serta pantai selatan Ma'u. Semua itu punya ritual dan tata cara adat yang berbeda.

Belum lagi sejumlah kampung adat masih terjaga kearifannya dan keasliannya dengan segala filosofinya, sehingga keunggulan budaya ada di Nagekeo.

Selain itu, bentang alam, ada gunung berapi di sisi selatan yang subur dengan aneka rempah dari pala, cengkih, buah, serta sabana dengan ternaknya seperti sapi dan domba di bagian utara.

Secara histori, Jepang sudah melihat tempat ini sangat strategis, sehingga didirikan bangunan, seperti goa Jepang dan bandara bernama Surabaya 2.

"Ini daerah yang diperhitungkan, 1 dari 3 bandara yang di bangun Jepang di Indonesia selain Morotai," kata Don kepada Kompas.com.

Dia menambahkan, Nagekeo memiliki keragaman alam. Ada gajah purba atau stegedon, ada tiga cincin di Nagekeo yang punya kekuatan sendiri, baik alam serta religi, seperi Ebulobo, dan Amagelu.

"Semua harus dinarasikan dengan baik seperti bagaimana adanya gajah purba serta ada juga rempah yang berlimpah di bagian selatan. Dengan semakin banyak anak muda menulis, Nagekeo akan dikenal dunia," ungkapnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/12/190700327/nagekeo-the-heart-of-flores-upaya-promosi-wisata-nagekeo-ntt-ke-mata-dunia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke