Salin Artikel

5 Syarat Wisata ke Dieng Saat Libur Nataru, Wajib Divaksin Lengkap

KOMPAS.com – Pada musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 wisata Dieng di Kabupaten Banjarnegara tetap dibuka. 

Wisata Dieng tetap dibuka dengan menerapkan berbagai peraturan tempat wisata yang sesuai dengan pedoman dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021. 

Masyarakat yang berencana berlibur di Dieng saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022, wajib menaati peraturan yang berlaku.

Berikut ini adalah syarat berwisata di Dieng saat libur Nataru:

1. Wajib vaksin lengkap

Syarat utama bisa masuk ke tempat wisata Dieng yang berada di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Peraturan terbaru di Dieng lebih ketat daripada sebelumnya. Kini pengunjung harus memiliki kartu atau serifikat bahwa telah divaksin lengkap.  

“Menunjukkan bukti vaksin ke-2,” kata Kepala Dinas Pariwisara dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto kepada Kompas.com, Senin (13/12/2021).

2. Download aplikasi PeduliLindungi

Bukti vaksinasi bisa ditunjukkan melalui aplikasi PeduliLindungi. Cara ini adalah yang paling mudah.

Itu karena pengunjung yang sudah divaksinasi lengkap hanya tinggal melakukan scan QR Code PeduliLindungi di pintu masuk.

Beberapa tempat wisata di Dieng, seperti Kawah Sikidang dan Candi Arjuna sudah menyediakan QR Code PeduliLindungi di pintu masuk.

3. Mematuhi protokol kesehatan 

Dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) demi mencegah penularan Covid1-9, pengunjung di Dieng harus mentaati aturan 5 M. 

Aturan 5 M adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

4. Mematuhi aturam batas kapasitas tempat wisata 

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 yang berlaku dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 tahun depan juga harus ditaati. 

“(Wisata Dieng) Tetap buka dengan mendasarkan pada Inmedagri 66,” jelas Agung Yusianto. 

Aturan itu membatasi kapasitas tempat wisata menjadi 75 persen dari daya tampung maksimal. Jika sudah penuh, wisatawan tidak boleh memaksakan diri.

5. Aturan pengunjung luar daerah 

Para pengunjung yang ingin masuk Dieng tapi berasal dari luar kota wajib mengikuti pedoman yang berlaku dari pemerintah. 

Bagi yang memakai transportasi umum, mereka melakukan wajib melakukan tapid test 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. 

Kemudian untuk orang-orang yang belum divaksin, termasuk dengan alasan medis, mereka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan jarak jauh dan lebih disarankan berada di rumah. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/14/140200627/5-syarat-wisata-ke-dieng-saat-libur-nataru-wajib-divaksin-lengkap

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.