Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata ke Kebun Binatang Ragunan, Simak Harga Tiket dan Fasilitasnya

KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) yang berlokasi di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selata, memiliki banyak atraksi bagi pengunjungnya. 

Selain bisa melihat berbagai jenis binatang, wisatawan juga bisa menikmati banyak fasilitas lainnya, mulai dari bersepeda dan menunggangi kuda hingga menaiki perahu. 

Meski sempat dikabarkan akan ditutup sementara selama libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), rencana tersebut dibatalkan dan TMR tetap akan buka untuk umum dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. 

Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, mengatakan bahwa TMR masih buka selama Nataru hingga arahan lebih lanjut.

“Untuk Ragunan sendiri masih menunggu instruksi,” ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Senin (13/12/2021).

  • Taman Margasatwa Ragunan Bakal Tutup saat Nataru?
  • PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Tempat Wisata Boleh Buka tapi Diperketat

Adapun kabar penutupan tersebut berkaitan dengan kebijakan PPKM Level 3 serentak selama periode Nataru. 

Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, kebijakan PPKM Level 3 resmi ditiadakan.

“Tadi di rapat terbatas (ratas) diputuskan, ini harus ada penyesuaian bahasa yakni bukan PPKM Level 3 tapi peraturan khusus kegiatan yang berkaitan dengan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Tidak ada PPKM Level 3,” katanya dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, dikutip dari Kompas.com pada Senin (6/12/2021), 

TMR buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB. Alasannya tidak buka setiap hari Senin adalah karena hari tersebut dijadikan momen libur satwa. 

Bagi yang ingin berkunjung ke TMR dalam waktu dekat alangkah baiknya mengetahui harga tiket masuk sekaligus tarif wahana yang tersedia, berikut Kompas.com rangkum, Selasa (14/12/2021):  

Cara wisata ke Taman Margasatwa Ragunan

Seluruh pengunjung yang ingin wisata ke TMR harus menggunakan JAKCARD yang bisa dibeli atau diisi ulang di seluruh loket TMR. 

Ada dua tipe  JAKCARD yang bisa dibeli, pertama dengan harga Rp 35.000 dan saldo Rp 20.000. Sedangkan, kartu lainya berharga Rp 65.000 dengan isi Rp 50.000. 

Satu kartu hanya bisa dipakai oleh satu orang dan minimal top up adalah Rp 10.000 dan kelipatannya. Jika masih ada sisa saldo, tidak bisa dikembalikan. 

Meski begitu sisa saldo yang tersisa masih bisa digunakan lagi dalam transaksi berikutnya bila suatu saat kembali berlibur di TMR. 

Tidak hanya itu, wisatawan wajib melakukan pemesanan secara online sehari sebelum berkunjung melalui laman bit.ly/PesantiketTMR.

Harga tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan

Harga tiket yang harus dibayarkan untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda, biaya masuk setiap kendaraan juga dibedakan oleh pengelola. 

Tiket masuk orang dewasa adalah Rp 4.000, sedangkan untuk anak-anak berbeda sedikit yakni hanya membayar sebesar Rp 3.000 saja. 

Tarif masuk untuk untuk kendaraan juga dibagi menjadi lima, yaitu motor Rp 3.000, mobil Rp 6.000, sepeda Rp 1.000, bus sedang Rp 12.500 dan untuk bus besar adalah Rp 15.000. 

Tarif wahana Taman Margasatwa Ragunan

Untuk menikmati berbagai wahana yang disedikan oleh TMR, pengunjung harus merogoh kocek lebih per sekali masuk. 

Pusat Primata Schmutzer, misalnya, memberlakukan biaya masuk untuk anak-anak sebesar Rp 6.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk akhir pekan. 

Sementara itu, untuk di Children Zoo, pengunjung harus membayar Rp 2.500 per orang baik untuk hari biasa maupun akhir pkena. 

Jika wisatawan ingin mencoba salah satu atraksi yang ditawarkan, yakni menaiki kuda tunggang, mereka perlu membayar sekitar Rp 2.500 per satu kali keliling. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/15/090400327/wisata-ke-kebun-binatang-ragunan-simak-harga-tiket-dan-fasilitasnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke