Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal Ini Tidak Dapat Dilakukan Lagi Saat Naik Pesawat sejak Pandemi Covid-19

KOMPAS.com – Perjalanan menggunakan pesawat berubah secara drastis dan menjadi berbeda setelah pandemi Covid-19 datang. 

Ada banyak peraturan baru. Sebagian besar pedoman perjalanan udara juga banyak yang dihilangkan dan tak lagi sama seperti dulu lagi. 

Meskipun vaksin telah ditemukan, kemungkinan besar akan ada peraturan baru yang akan tetap dipertahankan oleh pihak maskapai ataupun bandara di sejumlah besar negara. 

Berikut ini adalah 6 hal yang tidak dapat dilakukan kembali di pesawat di masa depan, dilansir dari Reader’s Digest, Kamis (16/12/2021). 

1. Tidak memakai masker 

Sejak Covid-19 melanda, masker menjadi benda yang wajib dipakai saat berada di tempat umum, termasuk di dalam pesawat.

Diperkirakan, maskapai penerbangan akan jadi satu tempat di mana orang akan terus memakai masker, setidaknya selama beberapa waktu ke depan. 

Meski beberapa maskapai menyebut tak ingin memaksa penumpangnya memakai masker, peraturan yang berlaku tetap harus diterapkan.

2. Makan di atas piring mewah

Ketika pandemi Covid-19 dimulai, hampir semua maskapai secara signifikan membatasi layanan di dalam pesawat, seperti makan dan minum demi menghindari kontak.

Walaupun sudah ada beberapa maskapai yang kini mulai menghidangkan makanan di atas piring, ada beberapa perubahan terbaru. 

Penumpang masih akan mendapatkan makanan, tetapi mungkin disajikan dalam plastik atau yang sudah disegel daripada di atas piring mewah. 

Semua itu dilakukan demi tujuan sanitasi. Perubahan mencolok lainnya ada di lounge bandara yang sudah tidak lagi menyajikan menu prasmanan. 

3. Minum alkohol (terutama di luar negeri)

Banyak maskapai, terutama di luar negeri, yang juga mengurangi layanan alkohol mereka atau bahkan berhenti menyediakannya. 

Namun setelah keadaan berangsur membaik beberapa maskapai di Amerika Serikat (AS) mulai menyediakan alkohol seperti sebelumnya. 

“Semua maskapai penerbangan AS kecuali dua telah memperkenalkan kembali alkohol pada penerbangan mereka,” kata Orlando. 

Sedangkan American Airlines adalah salah satu yang mengumumkan bahwa alkohol tidak akan kembali ke penerbangan mereka sampai aturan soal masker dicabut. 

4. Membaca majalah dari kertas

Adanya pandemi membuat beberapa maskapai menyingkirkan majalah yang biasanya ditaruh di bagian kursi.

Namun, ada pula maskapai yang kini sudah menyediakan majalah lagi karena adanya pemasukan dari iklan dan promosi. 

Sedangkan yang lainnya tak mau lagi memasangnya karena masalah biaya dan keuntungan yang tidak seberapa. 

Ada juga lebih memilih untuk menyediakan majalah dalam bentuk digital. Hal ini sepertinya akan diterapkan oleh banyak maskapai pada masa depan. 

5. Memberikan boarding pass ke petugas tiket 

Selama pandemi, melakukan kontak dengan orang lain adalah hal yang kurang disarankan. Hal itu pun membuat pengecekan boarding pass dan pemindaian akan dilakukan secara mandiri. 

Jadi, kemungkinan tidak ada lagi boarding pass yang diserahkan ke petugas lalu diberikan lagi ke penumpang. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/16/130100527/5-hal-ini-tidak-dapat-dilakukan-lagi-saat-naik-pesawat-sejak-pandemi-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke