Salin Artikel

8 Wisata Hits dan Murah Meriah di Yogyakarta

KOMPAS.com - Yogyakarta adalah kota yang memiliki banyak destinasi wisata, termasuk tujuan wisata yang hits dan murah meriah.

Beberapa destinasi berikut bisa menjadi alternatif jika hendak menghabiskan libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Beberapa objek wisata tak hanya membantu kita melepas penat, tetapi juga menawarkan berbagai pengalaman menarik, seperti berfoto di ketinggian, nongkrong di angkringan tengah sawah, foto dengan latar Gunung Merapi, dan sebagainya.

Berikut rangkuman wisata Yogyakarta yang murah meriah dan bisa menjadi pilihan:

Awalnya, Agrowisata Bhumi Merapi adalah wisata berkonsep edukasi, yang menyediakan taman berisi flora dan fauna. Tujuannya agar pengunjung, terutama anak-anak, bisa bermain dan belajar tentang kehidupan satwa.

Namun, kini ada wahana spot foto bernama Langlang Buana yang menghadirkan ikon-ikon wisata populer di dunia. Beberapa di antaranya mengambil tema Santorini Yunani dan Arab Street, sehingga pengunjung dari berbagai usia bisa berburu foto di sini.

Harga tiket masuknya adalah Rp 30.000 per orang, baik dewasa maupun anak. Jika ingin memberi makan satwa, ada biaya tambahan mulai dari Rp 5.000.

Agrowisata Bhumi Merapi berlokasi di Jalan Kaliurang Km 12, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Jika tertarik, kamu bisa datang ke sini pada hari Selasa - Minggu, pukul 08.30 - 17.00 WIB.

Jika mencari tempat wisata untuk foto-foto dengan pemandangan indah berupa perbukitan, perkotaan, dan pepohonan hijau, Obelix Hills bisa menjadi pilihan.

Uniknya, Obelix Hills berdiri di atas perbukitan dengan batu yang asli.

Tempat ini bahkan memiliki lebih dari 30 spot foto gratis yang beragam. Selain itu, ada tempat makan dan nongkrong dengan masakan khas Jogja yang harganya terjangkau.

Jika mau berkunjung, kita bisa membeli tiket lewat situs obelixhills.com, aplikasi Explore Jogja, atau secara langsung.

Harga tiket adalah Rp 15.000 untuk Senin-Kamis dan Rp 20.000 untuk Jumat-Minggu serta hari libur nasional. Obelix Hills dibuka setiap hari pukul 10:00-22:00 WIB.

Panorama sawah yang Instagramable belakangan semakin dicari. Dengan berkunjung ke Geblek Menoreh View, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan sawah yang cantik sambil makan di angkringan, aktivitas yang sangat identik dengan Yogyakarta.

Angkringan di sini menyediakan beragam menu, seperti 10-15 macam nasi, sate, bakwan, tempe mendoan, dan lain-lain dengan harga Rp 1.000 - Rp 8.000 saja.

Spot foto populer di sini adalah jalur pertengahan yang membelah sawah hijau. Biasanya, banyak yang bergaya sambil naik sepeda, baik bawa sendiri atau menyewa dengan harga Rp 15.000, sudah bonus air mineral.

Geblek Menoreh View berlokasi di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk angkringannya, buka setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

Tempat wisata yang ramai dibincangkan di media sosial ini menawarkan pemandangan laut selatan yang indah.

Beberapa fasilitas yang tersedia seperti food stall atau konter makanan, drink stall atau konter minuman, angkringan, mushola, toilet, taman untuk nongkrong, panggung musik, dan 11 spot foto.

Kita bisa menikmati suasana pantai yang sejuk sambil menyantap hidangan di restoran seharga Rp 5.000 - Rp 20.000. Sedangkan menu angkringan hanya Rp 5.000 - Rp 7.000 saja. Pilihan menunya seperti bakso, bento, camilan khas angkringan, wedang ronde, hingga jagung bakar.

HeHa Ocean View terletak di Bolang, Kelurahan Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Wisata hits ini buka Senin hingga Jumat pukul 09.00 - 20.00, dan Sabtu Minggu pukul 09.00 - 21.00. Harga tiket masuknya yang terbaru adalah Rp 15.000 - Rp 20.000 pada Senin hingga Jumat, serta Rp 20.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

Tempat wisata satu ini menawarkan spot-spot foto unik dengan latar perbukitan hijau dan Gunung merapi. Beberapa di antaranya spot foto teras kaca, bean bag area, Triangle Spot, Neon Lights, foto di photobooth, dan masih banyak lagi.

Setelah lelah berburu foto, kita bisa piknik sambil bersantai menikmati suasana alam. Seluruh hidangan mulai dari tradisional, Asian, hingga Western memiliki harga terjangkau yaitu Rp 11.000 hingga Rp 20.000-an saja.

De Mangol berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tempat wisata ini buka setiap Senin-Sabtu pukul 15:00-21:00 WIB dan Minggu pukul 10:00-21:00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan termasuk Libur Nasional.

Restoran unik ini berlokasi di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bangunannya yang berbentuk heksagon dibangun persis di kawasan perbukitan Menoreh yang berbentuk seperti tumpeng.

Restoran yang baru dibuka pada Mei 2021 ini memiliki pemandangan matahari terbit yang memesona dan menjadi daya tarik tersendiri.

Saat siang hari, kita bisa menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung eksotis yaitu Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

Sementara saat malam hari, kita bisa bersantai sambil berfoto-foto cantik, karena tempat ini buka 24 jam.

Jika berkunjung ke Tumpeng Menoreh, pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp 50.000 untuk voucher yang bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman.

Taman Watu Coffee and Resto berlokasi di Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Posisinya hanya 500 meter atau sekitar satu menit dari HeHa Ocean View jika menggunakan mobil.

Tempat wisata ini menawarkan panorama pantai yang bisa dinikmati sambil mencicipi hidangan lezat, seperti lobster, ikan bawal, sop ikan kakap, oseng, dan makanan khas laut lainnya.

Kita juga bisa berfoto-foto sambil duduk santai di gazebo milik Taman Watu Coffee and Resto. Tempat makan sekaligus wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-19.00 WIB.

Jika ingin berfoto instagramable di atas ketinggian, kamu bisa berkunjung ke HeHa Sky View. Ada tujuh spot foto selfie di antaranya Sky Bridge, Sky Plane, Sky Glass, Wall Climbing, Sky Ballon, Suparman, dan Sky Love.

Tempat unik satu ini sering muncul di media sosial. Namun, selain menyediakan spot foto cantik, kita juga bisa menikmati sejumlah hidangan di restorannya juga menyajikan pemandangan menarik.

HeHa Sky View Berlokasi di Jalan Pleret-Patuk nomor 16, Dlingo, Gunungkidul. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 - Rp 20.000 pada Senin - Jumat pukul 11.00 - 21.00, serta Rp 20.000 pada Sabtu dan Minggu pukul 08.00 - 21.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/19/074500227/8-wisata-hits-dan-murah-meriah-di-yogyakarta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.