Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Airport Transfer Cenderung Pesan Mendadak Setelah Pandemi

KOMPAS.com - Pengguna layanan antar-jemput bandara (airport transfer) dan penyewaan mobil (car rental) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cenderung melakukan pemesanan mendadak akibat pandemi Covid-19.

"Trennya sekarang itu customer kalau pesan (airport transfer) bukan jauh-jauh hari, tapi dadakan. Misalnya (pergi) hari ini, pesannya hari ini," kata Head of Operational Kanigara Trans di Yogyakarta Agus Ardian kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021), sebagai bagian dari rangkaian Traveloka Garuda Flyers Club Media Trip to Yogyakarta. 

Adapun salah satu layanan yang disediakan oleh Kanigara Trans adalah airport transfer.

Ia menambahkan bahwa sebelum pandemi Covid-19 melanda, biasanya pengguna airport transfer melakukan pemesanan H-7 atau H-8. 

Menurutnya perubahan tren tersebut lantaran para pengguna menunggu momen terkait syarat perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah.

  • Traveloka dan Garuda Indonesia Tawarkan Layanan VIP, Bisa Bantu Check-in
  • Cara Daftar Traveloka Garuda Flyers Club, Dapat Diskon Airport Transfer

Hal senada juga disampaikan oleh Head Operational dan Pemilik Diody Transport di Yogyakarta, Dimas. 

"Kalau pemesanan yang sekarang cenderung H-1 atau sekarang, itu regulasinya berbanding lurus dengan aturan dari maskapai. Jadi dari maskapainya sendiri, khususnya banyak yang sudah pesan, reschedule (penjadwalan ulang). Sudah pesan, reschedule," jelas Dimas.

Ia melanjutkan, jika penerbangan dijadwal ulang, belum tentu hal yang sama bisa dilakukan terhadap pihak penyedia layanan transportasi - dalam hal ini car rental. 

"Sehingga posisinya akhirnya para wisatawan yang datang ke Yogyakarta memilih untuk (pesan) mepet di hari H," katanya. 

Saat ini Diody Transport memiliki sekitar 23 unit, namun jumlah tersebut bisa bertambah karena mereka bekerja sama dengan beberapa mitra transportasi di Yogyakarta. 

Persiapan jelang Natal 2021 dan tahun baru 2022

Agus mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan unit untuk masa libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 atau Nataru. 

Selain itu, ia menambahkan bahwa tingkat mobilitas airport transfer cukup tinggi. Salah satunya karena pihaknya harus tepat waktu menjemput dan mengantar pengguna dari bandara ke tujuan atau sebaliknya.

"Untuk Nataru ini kita mempersiapkan unit yang available untuk customer yang mendadak supaya kita tidak kelabakan," katanya.

Saat ini Kanigara Trans di Yogyakarta memiliki 50 unit kendaraan untuk airport transfer, di antaranya ada Innova Reborn dan Hiace. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/20/193100127/pengguna-airport-transfer-cenderung-pesan-mendadak-setelah-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke