Salin Artikel

Cara Kurangi Risiko Penularan Covid-19 Saat Makan di Restoran

KOMPAS.com – Makan di restoran selama pandemi Covid-19 bisa menjadi kegiatan yang menimbulkan kecemasan, terlebih saat restoran tersebut ramai.

Hal ini karena pengunjung harus melepas masker saat menyantap hidangan.

Jika ada pengunjung yang merasakan hal tersebut, mereka bisa mengikuti cara berikut untuk mengurangi risiko penularan Covid-19, dikutip oleh Kompas.com dari Healthline, Senin (21/12/2021). 

Harap diingat bahwa pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. 

1. Pilih restoran yang terapkan physical distancing

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), menyatakan bahwa layanan drive-thru dan layanan daring di restoran bisa mengurangi risiko penularan Covid-19.

Jika mengunjungi sebuah restoran, pengunjung bisa minta ditempatkan di kursi dekat jendela. Mereka juga dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer agar bisa digunakan sebelum dan sesudah makan. 

CDC mengumumkan bahwa menggunakan pembersih tangan yang terdiri dari setidaknya 60 persen alkohol dapat menjauhkan seseorang dari kuman dan bakteri. 

Selain memakai hand sanitizer, pengunjung bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. 

Melansir Kompas.com, Senin (6/12/2021), mencuci tangan tetap dianjurkan jika tersedia fasilitasnya. Menurut CDC, cara tersebut lebih efektif dalam membersihkan tangan, salah satunya dari virus penyebab diare dan sakit perut, norovirus. 

2. Lakukan vaksinasi 

Direktur Medis Sollis Health di Los Angeles, Scott Braunstein, merekomendasikan pergi ke restoran yang mewajibkan pengunjungnya menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 jika hendak makan di tempat. 

“Restoran-restoran ini harus dianggap sebagai pilihan yang lebih aman, meskipun ini tentu saja tidak menghilangkan risiko apapun,” ujar Braunstein.

“Vaksinasi tidak mencegah semua infeksi, tetapi berhasil mencegah penyakit parah, karena kekebalan dari vaksinasi membutuhkan waktu beberapa minggu, semakin cepat semakin baik,” tambahnya. 

Menurutnya, agar bisa hidup lebih baik dan berdampingan dengan virus tersebut, kekebalan kelompok sangat penting.

3. Pakai masker

Braunstein mengatakan bahwa mengenakan masker di dalam restoran saat tidak makan atau minum dapat mengurangi risiko Covid-19.  

Berdasarkan anjuran CDC, masker harus menutupi mulut dan hidung, serta pas di sisi wajah agar tidak ada celah. 

Untuk perlindungan ekstra, pengunjung yang makan di restoran juga bisa memakai masker berlapis.

Mereka juga disarankan untuk tetap memakai masker sepanjang waktu, terutama saat berada di toilet.

Adapun toilet adalah tempat yang berisiko tinggi terkait penularan Covid-19. Selain itu, beragam bakteri juga berada di tempat itu. 

4. Cari tahu aturan yang berlaku 

Jika harus bepergian pada musim liburan ini, pikirkan terlebih dahulu restoran yang akan dituju dan aturan yang berlaku di tempat tersebut.

Sebelum meninggalkan rumah, cari tahu apakah di restoran itu wajib vaksin atau tidak, serta bagaimana protokol terkait pemakaian masker. 

Hal tersebut wajib diketahui demi keamanan dan kesehatan pengunjung.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mencari tahu tingkat kasus di daerah tempat restoran tersebut berada. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/23/220600727/cara-kurangi-risiko-penularan-covid-19-saat-makan-di-restoran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.