Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Berakibat Fatal, Jangan Buka Pintu Darurat Pesawat Sembarangan

KOMPAS.com – Baru-baru ini, ada berita yang menjadi sorotan masyarakat. Ada penumpang yang iseng membuka pintu darurat saat akan melakukan penerbangan dengan pesawat Citilink rute Jakarta-Blora. 

Akibat dari ulang iseng penumpang tersebut, penerbangan ditunda salama dua jam. Pihak maskapai akhirnya memilih membantalkan penerbangan lantaran alasan masalah teknis, dilansir dari Kompas.com, Kamis (23/12/2021). 

Perlu diketahui, membuka pintu darurat di dalam pesawat adalah tindakan yang berbahaya dan bisa berakibat fatal. 

Melansir The Sun dalam sebuah video, ASAPScience menjelaskan bahwa karena perbedaan tekanan udara, benda apa pun yang tak diamankan bisa segera tertarik keluar. 

Bila pintu terbuka saat terbang dan ada orang yang tidak tertarik keluar, mereka bisa menghadapi risiko kematian. Pesawat juga bisa saja hancur di udara akibat tekanan kuat. 

Risiko yang sangat fatal lainnya adalah kekurangan oksigen akan terjadi, terutama penumpang yang tak memakai masker oksigen. 

Meski akibatnya sangat berbahaya, kemungkinan hal itu terjadi juga sangat kecil karena hampir tak mungkin pintu pesawat bisa terbuka saat penerbangan berlangsung.

Jika ingin membuka pintu pesawat saat penerbangan seseorang membutuhkan dongkrak hidraulis karena tekanan di kabin akan sangat besar. 

Pilot dan penulis Patrick Smith mengatakan kepada The Telegraph, betapa tidak mungkinnya pintu pesawat terbuka saat terbang. 

"Anda akan membutuhkan dongkrak hidraulis dan keamanan bandara tidak mengizinkannya,” kata Patrick Smith.  

Namun, berbeda halnya jika penumpang membuka pintu pesawat sebelum lepas landas. Pesawat tidak diberi tekanan, sehingga pintu darurat mudah terbuka.

Kejadian pelanggaran sebelum pesawat lepas landas

Selain di Indonesia, di Thailand juga penumpang yang berhasil membobol pintu pesawat sebelum lepas landas. Alasannya, ia mengaku keadaan di dalam kabin pesawat terlalu pengap. 

The Sun sebelumnya mengungkapkan bahwa ada sebuah rekaman saat seorang pria membuka pintu darurat dan memanjat keluar di atas sayap jet, akhirnya ia terkena serangan asma.

Pada Agustus 2016, seorang imigran Spanyol kelahiran Bolivia menjadi berita utama di seluruh dunia setelah kedapatan berlari melintasi landasan pacu untuk mengejar penerbangannya. Dia mengira akan tertinggal pesawat jika tak melakukan hal tersebut.

Kemudian ada kejadian lainnya, yakni seorang pekerja restoran cepat saji melakukan pelanggaran dengan melompat dari jembatan jet yang terputus di Bandara Madrid. Lalu dia berlari menuju pesawat yang bersiap untuk lepas landas.

Dia berhasil melakukan penerbangannya ke pulau liburan Gran Canaria tetapi dicegat polisi saat sampai ditujuan. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/24/090900727/awas-berakibat-fatal-jangan-buka-pintu-darurat-pesawat-sembarangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke