Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor, Ada Banyak Taman dan Museum

KOMPAS.com – Ada sejumlah wisata dekat Stasiun Bogor yang kamu kunjungi, misalnya saat kamu punya sedikit waktu senggang atau ingin berlibur namun enggan terlalu jauh dari stasiun.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum sejumlah tempat wisata dekat stasiun Bogor yang dapat dijadikan alternatif.

Tempat wisata dekat Stasiun Bogor

1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam (Munasain) terletak di Paledang, Bogor Tengah, Bogor Jawa Barat, adalah satu-satunya museum mengenai sejarah alam yang ada di Indonesia.

Jaraknya hanya sekitar 650 meter dari Stasiun Bogor dan kamu bahkan bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

Di museum ini, pengujung bisa mendapatkan informasi lengkap dan terkini mengenai berbagai jenis ekosistem serta sumber daya hayati di Nusantara. 

Jadwal buka museum ini pada Senin sampai Jumat adalah 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk ke Munasain adalah Rp 15.000 untuk Senin-Jumat, sementara Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp 25.000.

2. Taman Meksiko

Jika naik kendaraan, kamu butuh menempuh jarak sekitar 3 km dari Stasiun Bogor menuju Taman Meksiko. Namun, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 1,8 km atau sekitar 23 menit jika meuju tempat ini dengan berjalan kaki.

Adapun lokasi Taman Meksiko masih berada di kawasan yang sama dengan Kebun Raya Bogor.

Taman ini memiliki beragam jenis koleksi kaktus. Ada lebih dari 100 spesies yang dapat kita jumpai, seperti agave, yucca, dan tanaman sukulen lainnya. 

Sebagian besar koleksi didatangkan dari Amerika Tengah dan Selatan. Taman Meksiko sangat cocok untuk berswafoto bersama keluarga dan kerabat.

3. Alun-alun Kota Bogor

Sejak diresmikan Desember 2021, Alun-alun Kota Bogor menjadi salah satu pilihan destinasi wisata kota bagi warga Bogor dan sekitarnya. Termasuk bagi kamu yang mencari tempat wisata dekat Stasiun Bogor.

Letaknya bersebelahan dengan Stasiun Bogor, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan ongkos dan juga tak lelah berjalan kaki untuk mencapai ke sana.

Di Alun-alun Kota Bogor, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas, seperti berolahraga, melakukan aktivitas seni, atau sekadar bersantai.

Bagi muslim, jika waktu shalat tiba kamu juga bisa melipir sejenak ke Masjid Agung.


4. Taman Kencana

Taman Kencana berjarak sekitar 1,9 km dari Stasiun Bogor. Kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki sekitar 24 menit.

Tempat ini juga dikenal dengan nama Van Imhoff Plein atau Van Imhoff Square.

Taman Kencana sudah berdiri sangat lama. Pembangunannya sudah mulai direncanakan pada 1917 bersamaan dengan pengembangan Kota Bogor.  

Saat pertama sampai di tempat ini, udara segar dan sejuk langsung menyapa. Taman ini juga sangat cantik dengan dikelilingi pohon-pohon besar.

5. Museum Zoologi

Museum Zoologi sudah berdiri sejak tahun 1894 berdasarkan ide dari J.C Koningsberger dengan nama Landbow Zoologisch Laboratorium.

Untuk mencapainya, kamu hanya perlu menempuh jarak 1,3 meter atau berjalan kaki sekitar 19 menit.

Di sana banyak koleksi satwa dan fosil hewan yang diawetkan. Pengujung juga bisa mendapat berbagai informasi menarik seputar binatang. 

Museum Zoologi berlokasi di Jalan Ir H Juanda, Paledang, Bogor. Jam bukanya adalah pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. 


6. Taman Sempur 

Taman Sempur juga merupakan pilihan tempat wisata dekat Stasiun Bogor. Jaraknya hanya sekitar 1,7 km dari stasiun, jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati pemandangan sekaligus menjajal kuliner lezat.

Biasanya, pada hari libur taman ini sangat ramai karena orang-orang datang untuk berolahraga dan merupakan salah satu gelanggang olahraga masyakarat Bogor. 

7. Museum PETA Bogor

Mengetahui sejarah mengenai Indonesia merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, berkujung ke Museum PETA (Pembela Tanah Air) adalah pilihan yang tepat. 

Jaraknya hanya sekitar 1,8 km dari Stasiun Bogor dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 22 menit atau 5 menit jika menggunakan kendaraan.

Bangunan museum sudah didirikan dari tahun 1745 dan sebelumnya adalah bekas tempat tentara KNIL. 

Bila datang ke Museum Peta, banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa dilihat, berikut dengan kisah lengkapnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/25/160400927/7-tempat-wisata-dekat-stasiun-bogor-ada-banyak-taman-dan-museum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke