Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skema Wisata Tanpa Karantina Thailand Ditunda, Ini Syarat untuk Turis yang Sudah Daftar

KOMPAS.com - Mulai Rabu (22/12/2021), Badan Penanggulangan Wabah Corona Thailand (CCSA) resmi menghentikan sementara Thailand Pass untuk wisatawan asing yang mendaftar untuk skema Test & Go dan Blue Zone Sandbox, kecuali skema Phuket Sandbox.

Keputusan tersebut diambil lantaran adanya kenaikan kasus varian Omicron di negara tersebut.

Untuk diketahui, melansir Kompas.com, Senin (1/11/2021), skema Test & Go adalah skema masuk ke Thailand tanpa kewajiban karantina. Skema ini hanya untuk 63 negara, termasuk Indonesia. 

Sedangkan, Blue Zone Sandbox adalah skema masuk ke Thailand untuk wisatawan asing yang bervaksin Covid-19 penuh. Dalam skema ini, mereka wajib tinggal selama seminggu di salah satu dari 17 destinasi Blue Zone Sandbox jika berencana melanjutkan perjalanan ke destinasi lain di Thailand. 

Sementara itu, Thailand Pass atau Thailand Pass QR Code merupakan dokumen masuk elektronik untuk perjalanan udara. Sebelum dokumen ini diterapkan, dulunya wisatawan asing harus melakukan registrasi untuk mendapat Certificate of Entry (COE). 

  • Skema Wisata ke Thailand Tanpa Karantina untuk Turis Asing Ditangguhkan
  • 8 Tempat Wisata Aneh dan Menarik yang Bisa Dikunjungi di Thailand
  • Thailand Berencana Tunda Skema Bebas Karantina untuk Turis Asing akibat Omicron
  • Turis Indonesia Bisa Wisata ke Thailand Tanpa Karantina, Ini Syaratnya

Menurut tatnews.org, sekitar 200.000 pendaftar telah menerima Thailand Pass QR Code. Mereka masih bisa masuk ke Thailand dengan ketentuan yang ada sesuai skema perjalanan yang mereka pilih. 

Namun, pemerintah Thailand akan menerapkan aturan tambahan untuk lacak kontak dan memastikan seluruh wisatawan asing menjalani tes RT-PCR dua kali. Adapun tes yang kedua dilakukan di fasilitas yang telah ditentukan pemerintah tanpa biaya tambahan.

Wisatawan asing yang telah melakukan registrasi untuk Thailand Pass QR Code, namun belum menerima QR Code atau kode QR, harus menunggu hingga permohonan mereka diterima. 

Apabila sudah diterima, mereka bisa masuk ke Thailand melalui skema yang telah dipilih. 

Saat ini, pendaftaran untuk skema Phuket Sandbox dan Happy Quarantine masih dibuka, namun pemerintah tetap meninjau ulang skema tersebut secara berkala. 

Wisatawan asing yang telah mendapat Thailand Pass QR Code sebelum 22 Desember 2021 dengan jadwal kedatangan di Thailand mulai 24 Desember 2021 dan seterusnya wajib mengikuti aturan tambahan, sebagai berikut:

https://travel.kompas.com/read/2021/12/26/060900727/skema-wisata-tanpa-karantina-thailand-ditunda-ini-syarat-untuk-turis-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke