Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata Dekat Stadion Nasional Singapura, Venue Final Piala AFF 2020

KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia akan melawan tim nasional Thailand pada laga final Piala AFF 2020 atau AFF Cup 2020

Pertandingan Indonesia vs Thailand akan digelar dalam dua laga mulai Rabu (29/12/2021) di Stadion Nasional Singapura.

Ada sejumlah tempat wisata dekat Stadion Nasional Singapura yang bisa dikunjungi jika berencana mendukung langsung timnas Indonesia di laga final Piala AFF 2020.

Tempat wisata ini bervariasi, termasuk taman yang dapat diakses secara gratis, pusat perbelanjaan, dan taman Merlion yang populer di kalangan wisatawan global.

Beberapa lokasi bisa dijangkau dengan berjalan kaki, sementara lainnya berada pada lokasi yang agak jauh sehingga perlu dijangkau menggunakan kendaraan.

Namun, tak perlu khawatir sebab Stadion Nasional Singapura berada dekat dengan stasiun MRT Stadium, yang jaraknya hanya sekitar 5 menit dengan berjalan kaki atau 750 meter.

Tempat wisata dekat Stadion Nasional Singapura

Berikut sejumlah tempat wisata dekat Stadion Nasional Singapura yang dapat dikunjungi.

Kallang Riverside Park hanya berjarak sekitar 1,4 kilometer dari Stadion Nasional Singapura dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Menurut situs National Parks Board, taman seluas 7 hektar ini menyediakan berbagai fasilitas olahraga, seperti jalur jogging dan bersepeda, serta aktivitas air seperti naik perahu dan memancing.

Pengunjung yang ingin bersantai atau jeda dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan juga bisa menikmati pemandangan luar ruang di kafe yang tersedia atau duduk santai di pinggir waduk.

  • Kallang Ice World

Destinasi wisata ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 11 menit karena hanya berjarak sekitar 850 meter dari Stadion Nasional Singapura.

Berlokasi di Kallang Leisure Park, Kallang Ice World ini menawarkan pengalaman skating yang unik. Menurut laman resmi Kallang Leisure Park, tempat ini juga dibangun dengan memenuhi standar kompetisi dan biasa digunakan sebagai lokasi berbagai pertunjukan dan kompetisi seluncur es.

Destinasi ini buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 pada Minggu hingga Kamis dan 10.00 hingga 24.00 pada Jumat dan Sabtu.

Sementara pada hari-hari libur publik, Kallang Ice World buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00.

Pusat perbelanjaan ini hanya berlokasi 400 meter dari Staadion Nasional Singapura dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit.

Menurut laman resmi Singapore Sports Hub, Kallang Wave Mall adalah destinasi berbelanja, kuliner, dan bermain yang menyediakan berbagai tenant.

Beberapa di antaranya termasuk supermarket, food court halal, spa, outlet mode, dan lainnya.

  • Singapore Sports Museum

Museum ini juga berlokasi di area Singapore Sports Hub dan hanya berjarak sekitar 600 meter dari Stadion Nasional Singapura. Kita bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki sekitar 7 menit.

Tempat ini didedikasikan untuk menyampaikan cerita seputar olahraga di Singapura yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk akademisi pelatihan olahraga, organisasi olahrgaa internasional, dan pengunjung umum dari dalam dan luar negeri yang punya antusiasme terhadap dunia olahraga.

Singapore Sports Museum punya beberapa ruang pameran interaktif permanen yang inspiratif.

Tersedia pula tur museum berdurasi 45 menit yang dapat dicoba dengan mengunjungi museum mulai pukul 11.00 hingga 15.00.

Melancong ke Singapura rasanya tak lengkap jika tak mampir ke Taman Merlion.

Destinasi wisata ikonik dari Singapura ini memang tak terlalu dekat dari Stadion Nasional Singapura. Jaraknya sekitar 3,4 kilometer. 

Kita bisa menjangkaunya dengan durasi sekitar 6 menit jika menaiki kendaraan. Alternatif lainnya adalah menggunakan MRT, dari stasiun MRT Stadium menuju ke stasiun MRT Esplanade.

Menurut laman resmi Visit Singapore, selain menyaksikan patung bertubuh ikan dan kepala singa ikonik setinggi 8,6 meter yang menyemburkan air dari mulutnya, kita juga bisa menikmati semilir angin sambil berdiri di dekat muara Sungai Singapura.

Berkunjung di sore dan malam hari adalah waktu yang tepat bagi para pengunjung yang hendak berburu foto Instagramable.

  • Clarke Quay

Clarke Quay adalah dermaga tepi sungai yang bersejarah dan berlokasi di dalam Singapore River Planning Area.

Ini adalah destinasi unik yang memadukan hiburan tradisional dan modern dengan suasana pesta yang begitu kental. Clarke Quay berjarak sekitar 4,6 kilometer dari Stadion Nasional Singapura, sehingga kita perlu menempuhnya menggunakan kendaraan.

Salah satu alternatifnya adalah naik MRT dan turun di stasiun MRT Bayfront, kemudian transit untuk menuju ke stasiun MRT Fort Canning.

Dari sana, kita bisa berjalan kaki sekitar 400 meter yang memakan waktu sekitar 4 menit saja.

  • Fort Canning Park

Destinasi wisata ini juga perlu ditempuh melalui kendaraan karena berjarak sekitar 3,8 kilometer dari Stadion Nasional Singapura.

Salah satu alternatifnya adalah menaiki MRT menuju stasiun MRT Dhoby Ghaut, dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 400 meter selama sekitar 5 menit.

Menurut situs National Parks Board, Fort Canning Park menawarkan landmark puncak bukit yang ikonik untuk menyaksikan banyak tonggak sejarah Singapura.

Saat ini, Fort Canning Park punya sembilan taman bersejarah, yakni Pancur Larangan, Artisan’s Garden, Sang Nila Utama Garden, Jubilee Park (Fase 1), Raffles Garden, First Botanic Garden, Farquhar Garden, dan Spice Garden and Armenian Street Park.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan di setiap taman sambil menjelajahi bukit sambil berjalan santai.

  • 6 Tur Unik di Singapura, Wisata Kuliner hingga Horor
  • 5 Kegiatan Wisata di Geylang Singapura, Puas Kulineran Sampai Kenyang

https://travel.kompas.com/read/2021/12/27/171000627/7-wisata-dekat-stadion-nasional-singapura-venue-final-piala-aff-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke