Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata Malam di Sekitar Yogyakarta, Ada Kafe dengan Panorama Bukit

KOMPAS.com – Menghabiskan malam di Kota Yogyakarta bisa memberikan momen yang berkesan dan tak terlupakan.

Kita bisa mengisinya dengan mencicipi berbagai jajanan di pinggir jalan, menikmati panorama pantai, atau menghirup segarnya udara pegunungan.

Jika bingung menentukan destinasi, pada Senin (27/12/2021), Kompas.com menyusun sejumlah rekomendasi wisata malam di Yogyakarta yang dapat dicoba ketika kamu mengunjungi Kota Pelajar.

Tugu Jogja berlokasi di tengah Kota Yogyakarta yang selalu ramai dilewati kendaraan, serta menjadi sasaran nongkrong dan berfoto, baik oleh para pelancong dan warga sekitar.

Monumen dengan dominasi warna putih itu memiliki nilai simbolis dan merupakan bangunan yang menghubungkan Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. 

Bila datang ke sini, tak perlu bingung soal hiburan karena di sekitar Tugu Jogja ada banyak tempat nongkrong, seperti cafe maupun restoran. 

Berniat menikmati suasana keramaian Kota Yogyakarta di malam hari, Titik Nol Kilometer bisa menjadi pilihan.

Tempat ini juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata ketika kamu sedang berkunjung ke Malioboro karena jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Jika beruntung, kita juga bisa menyaksikan pertunjukan live music, tari dan masih banyak lagi.

Di sekitar lokasi ini, juga terdapat banyak sekali bangunan bersejarah dengan arsitektur Belanda yang terkenal dan masih berdiri kokoh, seperti Gedung Bank Indonesia. 

Berwisata ke hutan Pinus bisa menjadi momen seru, apalagi jika ada beberapa spot foto dengan pemandangan alam menarik yang bisa dijajal.

Salah satu spot foto menarik di Pinus Pengger adalah ranting pohon yang dibentuk membulat, sehingga menarik untuk dijadikan bingkai bidikan dari kamera ponsel.

Pengunjung bisa berpose di depan ranting tersebut dengan latar belakang pemandangan kota yang cantik. Jika berfoto di malam hari, cahaya-cahaya dari perkotaan juga memberikan kesan tersendiri.

Selain bisa berfoto dengan latar belakang perkotaan, ada fasilitas lainnya yang patut dicoba seperti flying fox, camping ground, sepeda hutan hingga jelajah alam. 

Bukit Lintang Sewu adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul dan bisa ditempuh selama sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Harga tiket masuk di Bukit Lintang Sewu cukup terjangkau, yakni berkisar Rp 5.000 per pengunjung. 

Untuk harga sewa glamping per malamnya, pengujung bisa menyiapkan biaya Rp 600.000 sampai Rp 900.000. 

Puncak Sosok juga bisa menjadi pilihan tempat wisata malam jika berkunjung ke Bantul. Terdapat berbagai macam hiburan, salah satunya live music akustik.

Jaraknya dari Kota Yogyakarta hanya sekitar 15 kilometer saja dan bisa ditempuh dengan sepeda motor, mobil pribadi, atau mini bus. 

Panorama alam dengan lampu-lampu kota dan pepohonan juga cantik untuk dinikmati mulai dari sore hari.

Puncak Sosok dibuka mulai pukul 05.00 sampai 00.00 WIB. Pengujung yang berkunjung juga bisa merasakan sensasi berkemah di sekitar Puncak Sosok asal meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. 

Tebing Breksi merupakan tempat wisata unik di Yogyakarta dengan pemandangan tebing yang diukir secara apik dan indah.

Tedapat beberapa titik dengan tumpukan anak tangga dan ukiran lainnya, seperti ukiran bentuk ular, yang bisa menjadi spot foto menarik bagi pengunjung.

Jaraknya cukup jauh dari Kota Yogyakarta, yakni sekitar 17 kilometer. Meski begitu, tempat ini selalu ramai didatangi pelancong yang tertarik menyaksikan keindahannya.

Jika sedang berlibur ke Yogyakarta, kamu bisa mampir ke Millennial Coffee and View yang lokasinya sekitar 22 kilometer dari Tugu Jogja. 

Jam operasional di tempat ini di hari Senin sampai Jumat adalah pukul 13.00 hingga 22.30 WIB, sementara untuk Sabtu dan Minggu pukul 13.00 sampai 23.00 WIB. 

Harga makanan dan minuman di kafe dengan pemandangan alam yang menyejukkan ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 35.000. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/28/193500827/7-wisata-malam-di-sekitar-yogyakarta-ada-kafe-dengan-panorama-bukit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke