Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Desa di Jawa Timur Ikut Program Pemberdayaan Desa Wisata

KOMPAS.com - Desa Kendalbulur Tulungagung, Desa Penanggal Lumajang, Desa Sukosari Kidul Bondowoso, dan Desa Cendono Pasuruan di Jawa Timur mengikuti program dukungan pemberdayaan desa wisata.

Adapun dukungan ini berasal dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) yang bekerja sama dengan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo (YRKS).

Pengembangan Desa Wisata Berbasis Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) merupakan kelanjutan dari program serupa pada tahun sebelumnya.

Melalui program ini, Sampoerna bersama YRKS disebut akan terlibat penuh dalam program Klinik BUMDesa 2021 yang diawali dengan pelatihan pengembangan desa wisata berbasis BUMDesa.

Dalam programnya, peserta pelatihan mendapat materi tentang pembuatan rencana kerja, bisnis, tata kelola pengunjung, regulasi, legalitas, dan standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

Program ini memiliki tiga target, yaitu mengembangkan kapasitas manajerial pengelolaan BUMDesa wisata, mengembangkan inovasi produk dan pemasaran BUMDesa pariwisata berbasis digital, serta memberdayakan UMKM yang mendukung potensi wisata.

  • Itinerary Seharian Jelajah Wisata Alam di Lumajang, Jawa Timur
  • Selain Bromo, Ini 5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Pasuruan
  • 5 Wisata Alam di Lumajang, Pas untuk Liburan
  • 4 Obyek Wisata di Lumajang yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Menurut Kepala Desa Cendono, Sanari, pendampingan Klinik BUMDesa berdampak terhadap Desa Wisata Coban Goa Jalmo di Desa Cendono.

“Jumlah pengunjung harian meningkat, pendapatan juga meningkat, dan semoga kami dapat berkontribusi lebih bagi kesejahteraan masyarakat Desa Cendono ke depannya serta menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan,” tutur Sanari melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (28/12/2021).

Pendampingan ini turut dilengkapi dengan promosi Desa Wisata, salah satunya melalui festival bertajuk Festival Wisata Desa. 

Dalam festival itu, pengelola program mempertemukan pelaku usaha desa wisata, pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah), dan penggiat media sosia, dengan beragam kegiatan atau produk unggulan dari masing-masing desa.

Kegiatan dan produk yang dimaksud, di antaranya berupa seni dan kuliner. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/29/190700027/4-desa-di-jawa-timur-ikut-program-pemberdayaan-desa-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke