Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Wisata Perantunan yang Indah di Kabupaten Semarang

KOMPAS.com – Wisata Perantunan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menawarkan keindaha panorama alam dari lereng Gunung Ungaran.

Saat cuaca cerah, Danau Rawa Pening dan Gunung Merbabu di sisi utara tampak begitu menawan.

Selain itu, wisatawan bisa melakukan camping dan pendakian Gunung Ungaran di Wisata Perantunan ini.

Jika hendak berkunjung ke Wisata Perantunan, berikut Kompas.com rangkum rutenya sebagai berikut.

Rute ke Wisata Perantunan

Wisata Perantunan tepatnya berada di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Ungaran atau pusat Kabupaten Semarang adalah sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Dari Kota Ungaran, cukup berkendara di jalan utama Semarang-Solo sekitar 7 kilometer (km) ke arah selatan(arah Solo atau Salatiga).

Nantinya, terdapat pertigaan di kanan jalan menuju Kecamatan Bandungan. Namun karena ada pembatas jalan, kamu tidak bisa langsung belok. Maju sedikit sejauh sekitar 550 meter, akan ada jalur putar balik. Putar balik di sana lalu belok kiri di pertigaan sebelumnya.

Selanjutnya, cukup ikuti jalan utama itu sejauh sekitar 10 kilometer sampai di pusat Kecamatan Bandungan, tepatnya Alun-alun Bandungan.

Putari alun-alun lalu ambil arah menuju Jalan Gintungan Utara. Jalan itu ada di depan Minimarket Alfamart.

Jalan Gintungan Utara bukanlah jalan lintas antardaerah. Saat cuaca cerah, jalan ini juga terlihat mengarah langsung ke Gunung Ungaran.

Kemudian, cukup ikuti jalan itu sampai ada gapura bertuliskan RW V, Lingk. Gintungan, Kel. Bandungan. Lurus masuk ke gapura itu, meninggalkan jalan aspal dan masuk jalan cor.

Nantinya area parkir mobil ada di ujung perkampungan, tepatnya di lapangan voli. Setelah memarkirkan mobil, perjalanan ke Wisata Perantunan dilanjutkan dengan naik ojek.

Untuk pengendara sepeda motor, mereka bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir Wisata Perantunan.