Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata di Turki yang Keren, Cappadocia hingga Grand Bazar

KOMPAS.com – Turki selalu memiliki tempat-tempat unik dan destinasi wisata menarik bagi wisatawan yang datang. 

Jadi tak mengherankan ada banyak orang dari luar negeri yang datang ke Turki hanya untuk menghabiskan waktu liburannya. 

Berikut ini Kompas.com memberikan rekomendasi tempat wisata Turki yang terkenal dan wajib dikunjungi. 

1. Pamukkale

Pamukkale adalah sebuah kolam pemandian air panas di daerah Denizli barat daya Turki yang memiliki panorama luar biasa dengan kolam-kolam air berwarna biru. 

Warna air biru dan putihnya bebatuan mendominasi wisata alam tersebut, membuat siapa pun yang berendam menjadi betah berlama-lama. 

Aliran air panasnya mengandung mineral karbonat yang bagus bagi tubuh, sehingga selalu ramai dan sudah menjadi tujuan wisata sejak zaman kerajaan. 

2. Ataturk Mausoleum

Banyak peninggalan sejarah yang terkenal di Turki, seperti Ataturk Mausoleum. Terdapat bangunan megah dengan warna coklat yang merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk. 

Demi memberikan penghormatan terakhir, dibangunlah makam yang mewah. Pembangunanya juga membutuhkan waktu yang lama yakni hingga sembilan tahun.  


3. Masjid Biru

Masjid Biru atau Blue Mousque adalah bagunan ikonik dari Negera Turki dengan arsitektur megah dengan menara-menara tinggi dan kubah raksasa. 

Tempat ibadah umat Islam itu didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga dan dibangun dari tahun 1609 sampai 1616.

Pembuatan bangunan dengan gaya Timur Tengah dan Romawi tersebut merupakan perintah dari Sultan Ahmed. Alasan diberikan nama Masjid biru adalah lantaran interiornya yang didominasi warna biru. 

Langit-langit dan dindingnya dihiasi dengan dekorasi gambar flora yang indah, belum lagi ada lampu-lampu kristal yang membuatnya makin tampak cantik.

4. Cappadocia

Wisata Cappodocia sangat terkenal hingga ke seluruh dunia. Tak heran ada banyak pengujung dari berbagai negara yang akan mampir ke sini saat berada di Turki. 

Lokasi tempat wisata ini ada di distrik kuno di bagian timur dari Anatolia, tepatnya berada di dataran tinggi utara pengunungan Taurus. 

Bila ingin terbang bersama balon udara, harga yang ditawarkan beragam. Selain naik balon udara, ada tempat menarik yang bisa dikujungi di kawasan ini seperti, kota bawah tanah Derinkuyu, Kaymakli, dan Taman Nasional Goreme.

5. Ephesus

Berniat berwisata untuk melihat peninggalan sejarah di Turki, kau bisa datang ke Ephesus, rerutuhan Kota Romawi Kuno. 

Ada banyak reruntuhan yang dulunya digunakan untuk perpustakaan hingga panggung tempat para gladiator bertarung. 

Lokasinya yang dekat dari Bandara Adnan Menderes atau sekitar satu jam perjalanan saja membuat tempat ini banyak dikujungi wisatawan mancanegara. 

Meski hanya tersisa reruntuhan saja, masih banyak bangunan yang berdiri dengan kokoh, walau tak utuh. Berswafoto di tempat ini pun bisa sangat terlihat bagus.


6. Silk Market

Berwisata tanpa berbelanja bagi sebagian orang seperti ada yang kurang. Oleh karena itu, wajib mampir ke Silk Market untuk membeli berbagai barang atau oleh-oleh khas Turki. 

Silk Market adalah pasar yang sangat terkenal di negara tersebut dan telah menjadi pusat perdangan sutra sejak zaman dahulu kala, tepatnya pada pasa Sultan Beyasid II.  

Pengujung bisa membeli sutra, produk tekstil, kerudung, serta berbagai macam oleh-oleh tradisonal dan barang-barang dari perak.

7. Taman Emirgan

Jika berkunjung ke Turki saat musim semi pada Bulan April, jangan lupa untuk datang ke Taman Tulip Emirgan. 

Pengunjung akan bisa melihat hamparan bunga tulip seluas ratusan hektar dengan warna-warna serta jenis yang berbeda. 

Letak taman ini berada di distrik Sariyer Istambul, Turki dan merupakan taman umum terbesar di negara itu. 

8. Taskim Square

Taskim Square adalah pusat budaya modern dari negara Turki. Berjejer banyak restoran, toko, dan hotel yang bisa dipilih wisatawan.

Tempat ini cocok sekali digunakan untuk bersantai dan menikmati kuliner lezat khas Turki seperti Borek, Baklava, Sarma, dan Simit. 


9. Istiklal Street

Jika ingin berbelanja atau sekadar menikmati suasana dan keramaian Turki, kamu bisa datang ke Istiklal Street yang sudah berdiri sejak zaman Utsmaniyah. 

Pejalan kaki akan merasa puas karena ada jalur khusus yang disediakan sepajang lebih dari satu kilometer. 

Di kanan kiri jalan, tersebut terdapat banyak toko, dari mulai toko musik, buku, oleh-oleh, ada kafe, galeri seni, restoran hingga, wisata malam bagi para turis. 

10. Grand Bazar 

Tempat belanja lainnya di Turki yang terkenal adalah Grand Bazar. Ini merupakan pasar tertua yang menyediakan beragam ornamen khas Turki. 

Bangunan yang berdiri sejak 1455 ini sudah ada saat pemerintahan Kekhalifahan Ottoman dan hingga kini masih berdiri kokoh. 

Surga belanja bagi wisatawan ini wajib dikunjungi karena harga yang ditawarkan relatif miring dan barang-barangnya juga lengkap. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/30/165000227/10-wisata-di-turki-yang-keren-cappadocia-hingga-grand-bazar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke