Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Juanda Buka Pintu Penerbangan Internasional Secara Bertahap

KOMPAS.com - Bandara Internasional Juanda mulai membuka pintu masuk kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional, namun dilakukan secara bertahap.

Dalam Rapat Koordinasi Pembukaan Bandara Juanda bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kesiapan bandara dan tempat karantina sudah cukup baik.

"Secara umum kesiapan Bandara Juanda dan tempat karantina sudah baik, tetapi saya minta pembukaan bandara ini dilakukan secara bertahap seperti misalnya setiap seminggu sekali ada evaluasi, ada learning process (proses pembelajaran)," kata Luhut dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Antara, Jumat (31/12/2021).

Untuk tahap awal, Bandara Juanda dapat menerima tiga penerbangan internasional per minggu dan hanya untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menurut Luhut, evaluasi akan dilakukan setiap minggu. Jika hasilnya baik, tak menutup kemungkinan jumlah penerbangan internasional akan ditambah.

"Saya minta pengawasan dilakukan secara ketat sehingga tidak ada kebocoran. Selain itu pastikan segala kebutuhan logistik wisma karantina dapat dipenuhi dan anggarannya tersedia," tuturnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM itu juga berpesan agar semua pekerja, mulai dari pekerja bandara hingga di tempat karantina diberikan proteksi yang memadai dan dilakukan tes secara rutin.

  • Tarif Tes Antigen untuk Naik KA Turun Jadi Rp35.000, Ini 83 Stasiun yang Melayani
  • Malam Tahun Baru di Gunungkidul, Boleh Camping Tapi Dilarang Pesta

https://travel.kompas.com/read/2021/12/31/214733827/bandara-juanda-buka-pintu-penerbangan-internasional-secara-bertahap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke