Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Lokasi Syuting Harry Potter di Inggris, Penggemar Wajib Tahu

Tayangan reuni Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts yang ramai diperbincangkan baru saja dirilis pada 1 Januari 2022, seperti dilansir Decider.

Setelah 10 tahun berlalu, para penyihir dari Hogwarts termasuk Daniel Radcliffe (Harry Potter), Emma Watson (Hermione Granger), dan Rupert Grint (Ron Weasley) akan bertemu dalam reuni untuk mengenang masa-masa saat sekolah dulu.

Di tengah euforia rilisnya film yang diangkat dari novel karya JK Rowling ini, tak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dalam soal tempat-tempat ikonik yang menjadi lokasi syuting Harry Potter.

Melansir Travel + Leisure, berikut lokasi syuting Harry Potter yang dapat dikunjungi:

  • Tangga Gereja Kristus

Kembali pada awal-awal film Harry Potter, tangga ini digunakan dalam banyak adegan di Harry Potter and the Sorcerer's Stone dan Harry Potter and the Chamber of Secrets.

Pada puncak tangga, kamu bisa melihat adegan saat Harry, Hermione, Ron, dan yang lainnya berjalan menemui Profesor McGonagall di Sorcerer’s Stone.

Tangga ini juga menjadi tempat adegan kilas balik Tom Riddle ketika mengobrol bersama Dumbledore di Chamber of Secrets.

Gereja Kristus di kehidupan nyata adalah tempat bersekolah dan lembaga keagamaan. Sehingga, pengunjung harus membayar tiket jika ingin masuk.

Biaya tiketnya bervariasi dengan harga termurah mulai dari 15 Poundsterling atau sekitar Rp 243.000.

  • Biara Gereja Kristus

Situs Gereja Kristus awalnya didirikan sebagai biara pada abad kedelapan. Serambi di Gereja Kristus ini sangat menawan, dengan arsitektur gotik dan desain yang rumit.

Biara ini terlihat dalam Harry Potter and the Sorcerer's Stone sebagai lorong Hogwarts, saat Harry melihat piala yang dimenangkan ayahnya sebagai seeker di Quidditch (permainan favorit dunia sihir).

Di adegan inilah, Hermione menjelaskan kepada Harry bahwa menjadi seorang seeker ada dalam darahnya.

Tiket Biara Gereja Kristus sudah termasuk ke dalam tour Gereja Kristus (Christ Church) keseluruhan.

  • Biara, halaman, dan pepohonan di New College

Dalam seri keempat, Harry Potter and the Goblet of Fire, serambi dan halaman di New College terlihat saat Harry melewati kerumunan teman-temannya yang mengejeknya dengan memakai pin Potter Stinks.

Lalu, di halaman New College, Harry memberi tahu Cedric Diggory bahwa tugas pertama yang akan mereka hadapi di Turnamen Triwizard adalah naga, dan beberapa adegan lainnya.

Pengunjung bisa mengikuti tur mandiri di New College dengan membayar tiket masuk mulai dari 7 Poundsterling atau sekitar Rp 113.000.

Meskipun lokasi syuting Harry Potter tidak benar-benar dilakukan di sini, aula makan Gereja Kristus menjadi inspirasi bagi Aula Besar Hogwarts.

Foto aula digunakan untuk membuat set Aula Besar (Great Hall) dan ada banyak sekali persamaannya.

Misalnya, kesamaan pada langit-langit tinggi, meja makan panjang dengan kepala meja di depan, dan jendela yang rumit.

Pengunjung bisa membayar tiket yang sudah termasuk tur Christ Church untuk melihat tempat ikonik ini.

  • Perpustakaan Bodleian, Sekolah Divinity

Sekolah Divinity digunakan di banyak adegan dalam empat film pertama Harry Potter.

Seperti dalam film pertama, Sekolah Divinity didesain sebagai rumah sakit Hogwarts, ketika Harry memulihkan diri setelah pertemuan pertamanya dengan Voldemort.

Tak hanya itu, lokasi ini juga digunakan dalam Goblet of Fire, saat Profesor McGonagall mengajari Ron cara menari untuk pesta dansa, dan lain-lain.

  • Perpustakaan Bodleian, Perpustakaan Duke Humfrey

Perpustakaan Duke Humfrey yang memiliki rak buku dan tulisan yang seolah tak ada habisnya, merupakan lokasi syuting yang tepat untuk adegan dalam Harry Potter and the Sorcerer's Stone.

Salah satu adegan paling dikenang dari tempat ini adalah saat Harry mencari jawaban di bagian terlarang perpustakaan Hogwarts. Ia menggunakan jubah tembus pandang miliknya agar bisa melewati tumpukan buru tanpa terlihat oleh penjaga. 

Nah, di antara lokasi-lokasi syutiny Harry Potter ini, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

https://travel.kompas.com/read/2022/01/02/201700827/6-lokasi-syuting-harry-potter-di-inggris-penggemar-wajib-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke