Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Surabaya, Cocok untuk Anak dan Keluarga

KOMPAS.com – Jika sedang berada di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata yang berada di dekat alun-alun. 

Sebagai informasi, Alun-alun Surabaya berada di Jalan Gubernur Suryo No. 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. 

Adapun di sekitar Alun-alun Surabaya terdapat berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi, serta cocok untuk anak-anak dan keluarga. 

Berikut ini adalah daftar tempat wisata dekat Alun-alun Surabaya yang bisa dikunjungi:

Sekitar dua kilometer (km) dari Alun-alun Surabaya terdapat Monumen Kapal Selam Surabaya yang bisa dikunjungi setiap hari, dari pagi hingga sore hari.  

Lokasinya ada di Jalan Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. 

Jam buka dari Monumen Kapal Selam Surabaya atau biasa disingkat menjadi MONKASEL adalah pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. 

Monumen ini sebenarnya adalah sebuah kapal selam dari KRI Pasopati 410, yang merupakan armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet.

Tempat wisata selanjutnya yang dekat dengan Alun-alun Surabaya adalah Museum Surabaya. Letaknya di Jalan Tunjungan Nomor 1, Genteng, Kota Surabaya. 

Jaraknya dari alun-alun hanya 1,9 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira empat menit.

Museum yang dibangun pada 1877 itu memiliki banyak koleksi menarik yang berhubungan dengan sejarah Surabaya. 

Sebelum dijadikan museum, dulunya tempat ini merupakan sebuah toko serba ada (toserba) yang juga sempat beralih fungsi menjadi toko tas saat penjajahan Jepang. 

Taman Bungkul adalah sebuah tempat wisata di pusat Kota Surabaya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan. 

Di antaranya adalah taman bermain anak, air mancur, area jogging, area skate, dan taman yang dibangun di lahan seluas 900 meter persegi. 

Perjalanan dari Alun-alun Surabaya menuju Taman Bungkul bisa ditempuh dalam waktu sekitar 11 menit dengan jarak 4,3 kilometer. 

Di dekat pusat Kota Surabaya sekaligus alun-alun, terdapat kebun binatang yang dibuka setiap hari dari mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. 

Harga tiket masuknya tetap sama meski berkunjung di hari biasa maupun hari libur yakni mulai dari Rp 15.000 per orang. 

Anak-anak usia di bawah 12 tahun juga boleh berkunjung ke tempat ini, tentunya harus memakai masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. 

Kebun Binatang Surabaya berada di Jalan Setail No. 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Jaraknya dari Alun-alun Surabaya adalah 5 - 6 km dengan waktu tempuh kira-kira 16 - 20 menit. 

Berlibur sambil belajar sejarah di Surabaya bukan hal yang sulit karena ada banyak museum dan monumen. 

Salah satu tempat yang bisa didatangi adalah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya yang ada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan. 

Jaraknya dari Alun-alun Surabaya adalah empat km dengan lama berkendara kira-kira 10 menit. 

Tempat yang dibuka dari 08.00 WIB sampai 16.00 WIB ini dibangun pada 1951, serta didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/03/170900027/5-tempat-wisata-dekat-alun-alun-surabaya-cocok-untuk-anak-dan-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke