Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Bisa Dipenjara, Hindari Ucapkan 7 Kalimat Ini ke Pramugari di Pesawat

KOMPAS.com – Para awak di pesawat seperti pramugari ternyata bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang, misalnya melakukan upgrade kursi ke kelas satu. 

Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan ekstra tersebut, penumpang pantang untuk mengatakan hal-hal tertentu ke awak kabin. 

Berikut ini adalah kalimat-kalimat yang tidak boleh penumpang katakan kepada awak kabin, dilansir oleh Kompas.com dari Express, Selasa (4/1/2021). 

1. Di manakah kita sekarang?

Bertanya posisi saat ini ketika pesawat sedang dalam penerbangan di atas langit merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan. 

Terkadang pengumuman dari kapten pesawat memang membosankan, Namun bila penumpang mendengarkan dengan saksama, setiap menitnya kapten akan memberitahu rute yang diambil. 

Ia memang tak menjelaskan secara detail. Akan tetapi, informasi seperti rute yang diambil untuk sampai ke sebuah lokasi dan ke mana pesawat akan melaju selanjutnya pasti diumumkan ke penumpang.

2. Aku punya bom

Kalimat satu ini sangat tidak boleh diucapkan. Meski hanya guyonan, jangan sampai ada penumpang menyebut hal tersebut. 

Meski kalimat tersebut sepertinya tampak jarang dikatakan oleh orang di pesawat, kenyataanya yang sebenarnya adalah cukup banyak orang yang pernah mengatakannya saat dalam penerbangan.

Walau hanya sebuah guyonan, kalimat itu tidak lucu sama sekali dan pastinya penumpang bersangkutan akan bermasalah dengan kru atau sesama penumpang lain. 

Hal buruk lain yang bisa terjadi adalah bisa jadi penumpang itu masuk ke dalam tahanan pihak berwajib hanya karena kalimat tersebut.

3. Bisakah taruh tas saya di loker?

Meminta tolong pramugari untuk mengangkatkan tas atau koper ke loker di atas kursi pesawat banyak sekali dilakukan oleh penumpang pesawat. 

Namun, sebenarnya hal tersebut bukan tindakan tepat karena bukan tugas mereka untuk membantu penumpang menyimpan tas. 

Penumpang pesawat harus meletakkan sendiri tas atau koper ke kabin. Mereka juga harus bisa mengangkat dan menyimpannya dengan aman secara mandiri. 

4. Meminta izin untuk melanggar peraturan 

Seorang pramugari mengatakan bahwa mereka tidak akan memberikan izin kepada penumpang pesawat untuk melakukan hal-hal atau tindakan yang melanggar peraturan. 

"Sejujurnya, saya tidak peduli apakah kru pada penerbangan terakhir membiarkan Anda merokok di toilet sepanjang penerbangan. Ini tidak akan terjadi pada penerbangan saya,” ujar pramugari itu.

Memang, ada beberapa aturan mungkin terdengar menjengkelkan dan sangat konyol. Namun, itu semua merupakan peraturan yang harus ditaati oleh penumpang pesawat dan pramugari hanya menjalankan tugasnya. 

5. Bisakah saya berdiri di dapur pesawat sebentar?

Saat ada yang meminta izin untuk berdiri di galley atau dapur pesawat, pramugari bisa jadi langsung mengatakan sebuah penolakan. 

Sebenarnya walaupun penumpang perlu berada di tempat tersebut, jawaban dari awak kabin tetap sama yakni tidak boleh. 

6. Bisakah saya mendapatkan upgrade? Sesuatu yang lain untuk dimakan?

Meminta sebuah makanan lain yang lebih baik saat penerbangan sangat tidak dianjurkan. Itu karena melakukan upgrade makanan membutuhkan uang.

Jadi tak perlu bertanya ke awak kabin karena pastinya mereka akan menolak permintaan penumpang tersebut.

7. Ada makanan apa saja?

Terkadang tak semua orang benar-benar membaca atau mencari tahu mengenai makanan maupun daftar menu yang ada di pesawat. 

Padahal di bagian kursi sudah ada beberapa brosur, majalah dan informasi lain yang bisa dibaca agar penumpang tak bertanya hal-hal yang sudah tertulis. 

Menurut para awak kabin, pertanyaan tersebut sangat melelahkan untuk dijawab karena akan memakan waktu lama terlebih penumpang yang lain harus menunggu lebih lama dalam mendapat pelayanan. 

Belum lagi bila tak hanya satu penumpang saja yang bertanya hal serupa, pastinya mereka yang menjelaskan juga merasa bosan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/04/163100027/awas-bisa-dipenjara-hindari-ucapkan-7-kalimat-ini-ke-pramugari-di-pesawat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke