Salin Artikel

Ramai Spirit Doll, 4 Negara Ini Punya Tempat Penuh Boneka dan Patung Seram

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, keberadaan spirit doll atau boneka arwah sedang diperbincangkan di kalangan selebritas Indonesia. 

Beberapa pesohor, di antaranya Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Ruben Onsu, dan Soimah dikabarkan merawat spirit doll mereka layaknya anak sendiri.

Tapi tahukah kamu, ternyata ada sejumlah tempat di negara lain yang terkenal akan keberadaan boneka yang unik. 

Berikut ini empat negara yang memiliki tempat penuh boneka dan patung seram, menurut rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber, Rabu (5/1/2022). 

Di sebuah desa terpencil di Jepang yang bernama Nagoro jalanan yang sepi justru dipenuhi oleh boneka-boneka seukuran manusia.

Desa yang terletak di Lembah Iya di bagian selatan Jepang ini sudah sejak lama dijuluki Lembah Boneka, mengutip cnn.com.

Boneka tersebut merupakan karya seorang perajin, Tsukimi Ayano.

Keberadaan boneka-boenka tersebut berawal dari tahun 2002. Saat Ayano kembali ke Nagoro, ia menemukan banyak penduduk yang berusia lanjut, termasuk tetangga sebelahnya, telah meninggal dunia.

Sementara itu, banyak penduduk usia muda yang pindah ke kota-kota besar untuk memperbaiki kondisi ekonomi.

Ayano yang kesepian lantas mulai membuat boneka sebagai cara untuk mengenang kembali penduduk yang telah tiada, sekaligus ingin menghidupkan lagi suasana desanya.

Karena semakin banyak penduduk desa yang meninggal, atau pindah ke kota, Ayano pun menciptakan lebih banyak boneka yang mirip dengan penduduk desa.

La Isla de las Munecas atau Island of the Dolls (Pulau Boneka), merupakan sebuah pulau di wilayah Xochimilco yang terletak sekitar 28 kilometer (km) ke arah selatan dari Mexico City.

Melansir Kompas.com, Selasa (22/09/2020), seorang YouTuber, Billy Christian, mengatakan bahwa pulau tersebut hanya dihuni boneka-boneka usang yang digantung di setiap ranting pohon yang tersebar di seluruh pulau.

Keberadaan boneka di pulau tersebut diduga bermula dari pria bernama Don Julian Santana yang mengasingkan diri ke pulau ini. Ia kemudian menemukan mayat seorang anak perempuan bersama sebuah boneka.

Karena merasa sedih, Santana akhirnya selalu menggantungkan setiap boneka yang ia temui di jalan untuk menemani arwah si anak perempuan tersebut.

Boneka-boneka dari setiap tempat yang dikunjungi Santana dapat dilihat menggantung di seluruh Island of the Dolls.

50 tahun pun dilewati oleh Santana untuk mengumpulkan boneka hingga akhirnya ia meninggal pada 2001 silam.

Di Finlandia, terdapat hutan yang berisi ratusan patung manusia peninggalan seorang seniman, Veijo Rönkkönen.

Selama 41 tahun Veijo bekerja di pabrik kertas, selama itu pula ia mulai memahat patung di sekitar rumahnya yang kini bernama Veijo Rönkkönen Sculpture Garden.

Patung dengan berbagai ukuran dan posisi ini terlihat cukup unik bagi pengunjung.

Mulai dari patung anak-anak yang saling berpegangan di udara hingga patung orang dewasa yang duduk dengan pakaian tradisional.

Melansir theculturetrip.com, ada juga beberapa patung lainnya yang dilengkapi gigi manusia asli, sehingga membuatnya seolah menyeringai ke orang yang lewat.

Taman Neraka Wang Saen Suk yang berlokasi di Kota Bang Saen, Thailand, ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa.

Pengunjung bisa melihat patung-patung yang menggambarkan ajaran agama Buddha, berupa gambaran yang mengingatkan kejamnya pembalasan di neraka untuk mereka yang berdosa.

Menurut travelawaits.com, contoh hukuman di neraka ini digambarkan lewat patung-patung yang ada di Wang Saen Suk Hell Garden.

Selain banyak patung berkepala binatang, ada juga patung yang menggambarkan beberapa manusia direbus di dalam panci besar.

Terdapat pula patung yang menggambarkan beberapa manusia memanjat pohon berduri untuk melarikan diri dari gerombolan anjing liar.

Di Taman Neraka Wang Saen Suk, pengunjung bisa melihat berbagai jenis siksaan untuk jiwa-jiwa yang terperangkap di neraka. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/05/171839327/ramai-spirit-doll-4-negara-ini-punya-tempat-penuh-boneka-dan-patung-seram

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.