Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan Hemat Jakarta - Bali Mulai dari Rp 170.000, Ini Panduannya

KOMPAS.com - Bali tidak hanya bisa dicapai dengan naik pesawat, tapi juga ada alternatif lain yang bisa dicoba dan terkadang biayanya bisa lebih murah. 

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, budget transportasi satu kali perjalanan untuk satu orang ke Bali menghabiskan biaya mulai dari Rp 170.000. 

Simak panduan transportasi dari Jakarta ke Bali yang Kompas.com rangkum pada Kamis (06/01/2022) dari berbagai sumber dengan menggunakan estimasi biaya mulai dari harga terendah. Harap diingat bahwa harga bisa berubah sewaktu-waktu. 

Rute dan tarif perjalanan darat Jakarta - Bali

Rute darat ini menggunakan kereta api, lalu dilanjutkan dengan kapal laut. Kamu bisa berhenti di beberapa tempat wisata di sepanjang perjalanan. 

Berikut tiga pilihan rute yang melewati beberapa wilayah yaitu Yogyakarta, serta Surabaya, Malang, dan Banyuwangi di Jawa Timur. 

  • Jakarta ke Surabaya

Wisatawan bisa membeli tiket Kereta Api Jayakarta dengan rute Stasiun Pasar Senen - Stasiun Surabaya Gubeng. Harga tiket termurahnya, menurut situs PT KAI sekitar Rp 230.000 untuk satu orang di Kelas Ekonomi.

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya ditempuh dalam waktu sekitar 14 jam.

  • Surabaya ke Banyuwangi

Dari Surabaya, perjalanan dilanjutkan dengan menumpangi Kereta Api Probowangi untuk rute Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Banyuwangi Ketapang.

Satu-satunya pilihan adalah kereta ekonomi, dengan harga tiket mulai dari Rp 56.000 per orang. Waktu tempuh kereta ini kurang lebih tujuh jam.

  • Stasiun Banyuwangi ke Pelabuhan Ketapang

Jarak Stasiun Banyuwangi Ketapang ke Pelabuhan Ketapang sekitar 500 meter. Kamu dapat jalan kaki sekitar 10 menit.

  • Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) ke Pelabuhan Gilimanuk (Bali)

Wisatawan bisa beli tiket kapal feri penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk.

Per Januari 2022, menurut situs web ferizy, harga tiket per orang pejalan kaki adalah sekitar Rp 8.500. Waktu tempuhnya kurang lebih 45 menit.

  • Jakarta ke Yogyakarta

Beli tiket Kereta Api Bengawan dengan rute Pasar Senen - Purwosari untuk Kelas Ekonomi seharga mulai dari Rp 74.000. Kemudian turun di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta.

  • Yogyakarta ke Malang

Wisatawan bisa lanjut naik Kereta Api Kahuripan dengan rute Lempuyangan - Blitar untuk Kelas Ekonomi dengan tarif mulai dari Rp 80.000. Kamu bisa turun di Stasiun Blitar.

Selanjutnya, naik Kereta Api Penataran dengan rute Surabaya Kota - Blitar via Malang. Harga tiketnya sekitar Rp 20.000.

Setelah sampai di Stasiun Malang, kamu bisa singgah untuk menginap atau langsung melanjutkan perjalanan.

  • Banyuwangi - Denpasar

Dari Stasiun Banyuwangi, kamu bisa naik DAMRI, bus, atau kendaraan travel ke Denpasar. Harganya mulai dari Rp 90.000, sudah termasuk tiket kapal feri.

Wisatawan juga bisa jalan kaki dari Stasiun Banyuwangi menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk (Bali), harga tiket per orang pejalan kaki sekitar Rp 8.500.

  • Jakarta ke Yogyakarta

Pilih dan beli tiket Kereta Api Bengawan dengan rute Stasiun Pasar Senen - Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Harga tiket ekonomi termurah mulai dari Rp 74.000. Rute tersebut bisa ditempuh dalam waktu sekitar delapan jam.

  • Yogyakarta ke Banyuwangi

Wisatawan bisa lanjut naik Kereta Api Sri Tanjung dengan rute Stasiun Lempuyangan - Stasiun Ketapang di Banyuwangi. Satu-satunya pilihan adalah tiket ekonomi seharga mulai dari Rp 94.000.

  • Stasiun Banyuwangi ke Pelabuhan Ketapang

Jarak Stasiun Banyuwangi Baru ke Pelabuhan Ketapang sekitar 500 meter dan bisa ditempuh dengan jalan kaki selama kira-kira 10 menit. 

  • Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) ke Pelabuhan Gilimanuk (Bali)

Wisatawan dapat beli tiket feri untuk menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Per Januari 2022, harga tiket per orang pejalan kaki mulai dari Rp 8.500.

Jika diakumulasikan, harga termurah dengan pilihan rute di atas, total biaya perjalanan darat Jakarta ke Bali adalah mulai dari Rp 170.000 atau lebih tepatnya Rp 176.500. 

Meski menghabiskan waktu perjalanan yang cukup lama, kamu bisa singgah di beberapa tempat sebelum sampai di Pulau Dewata. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/06/143300927/liburan-hemat-jakarta-bali-mulai-dari-rp-170000-ini-panduannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke