Salin Artikel

7 Kota Paling Berbahaya di Dunia, Banyak Kota di Meksiko

KOMPAS.com - Beberapa kota di sejumlah negara menjadi tempat yang berbahaya karena memiliki tingkat kekerasan dan kriminalitas tinggi.

Kota-kota yang berbahaya ini tidak hanya mengancam kehidupan penduduk lokal, tetapi juga wisatawan.

Berdasarkan laporan yang dirilis Citizens’ Council for Public Security and Criminal Justice, artikel ini mencantumkan kota paling berbahaya di dunia yang memiliki tingkat pembunuhan tertinggi per 100.000 penduduk.

Melansir World Atlas, berikut daftar kota paling berbahaya di dunia yang dirangkum oleh Kompas.com.

Dengan perkiraan populasi sekitar 639.052 jiwa, Celaya adalah kota terpadat ketiga yang terletak di bagian selatan-tengah negara bagian Guanajuato, Meksiko.

Saat ini, Celaya dianggap sebagai kota paling berbahaya di dunia, dengan tingkat pembunuhan 109,38 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Meningkatnya kekerasan di kota ini disebabkan oleh upaya Kartel Jalisco New Generation untuk menghilangkan saingannya Kartel Santa Rosa de Lima, untuk tujuan mengendalikan perdagangan narkoba dan pencurian bensin berskala besar.

Terletak di Negara Bagian Baja California, Meksiko, Tijuana merupakan kota terbesar kedua dan paling barat di Meksiko.

Kota ini juga menjadi kota perbatasan yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Namun, Tijuana dianggap sebagai kota paling berbahaya kedua di dunia dengan tingkat pembunuhan 105,15 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Pasalnya, kota perbatasan ini dikenal akan kemiskinannya yang ekstrem.

Serta banyak laporan adanya kejahatan keji seperti pemerkosaan, penculikan, pembunuhan, dan sebagainya.

Diyakini bahwa tingginya jumlah kekerasan di kota ini disebabkan terutama oleh perdagangan manusia dan perdagangan narkoba yang dilakukan oleh beberapa geng.

Kekerasan mendadak juga sering terjadi antara dua geng yang bersaing, kartel Tijuana dan Sinaloa.


  • Ciudad Juarez, Meksiko

Dengan perkiraan populasi 1.512.450 jiwa, Ciudad Juarez, biasa disebut Juarez, adalah kota terpadat di negara bagian Chihuahua, Meksiko.

Juarez dianggap sebagai kota terburuk bagi perempuan di Meksiko karena kekerasan terhadap perempuan di kota ini telah meningkat drastis selama bertahun-tahun.

Saat ini, tingkat pembunuhan sekitar 103,61 pembunuhan per 100.000 penduduk membuat Juarez ada di posisi ke-3.

Dulu, Juarez menyediakan klub malam dan hiburan musik pada penduduk kota El Paso di Negara Bagian Texas AS.

Namun, peningkatan tingkat kejahatan belakangan ini telah menyebabkan runtuhnya industri pariwisata.

Wisatawan yang berkunjung harus sangat berhati-hati karena banyak pembajakan mobil, perampokan, pencurian, perampokan, hingga pembunuhan yang terjadi.

Meningkatnya kekerasan brutal di kota ini sering dikaitkan dengan perang wilayah antara Sinaloa dan kartel Juarez.

Selain itu, kemiskinan, kekerasan narkoba, dan korupsi pemerintah juga menjadi beberapa faktor penyebab utama.

  • Ciudad Obregon, Meksiko

Urutan keempat masih dipegang oleh kota yang berada di Meksiko.

Ciudad Obregon adalah kota terbesar kedua yang terletak di bagian selatan negara bagian Sonora, Meksiko.Kota ini memiliki tingkat pembunuhan sekitar 101,13 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Menurut laporan, Ciudad Obregon berfungsi sebagai wilayah vital dalam perdagangan narkoba dan perdagangan manusia internasional.

Terletak di kaki Bukit Arandas, Irapuato adalah kota terpadat kedua yang terletak di jantung negara bagian Guanajuato, Meksiko.

Kota berukuran sedang ini berada di peringkat kelima dengan tingkat pembunuhan sekitar 94,99 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Diketahui bahwa meningkatnya kekerasan di kota ini disebabkan oleh perang wilayah antara Kartel Santa Rosa de Lima dan Kartel Jalisco New Generation.

Bahkan, beberapa video yang muncul di berbagai platform pernah menunjukkan penembakan massal di bar dengan pria yang membawa senapan.

  • Ensenada, Meksiko

Saat ini, Ensenada dianggap sebagai kota paling berbahaya keenam di dunia, dengan tingkat pembunuhan sekitar 90,58 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Kota ini merupakan yang terbesar ketiga di negara bagian Baja California, Meksiko.

Meningkatnya kekerasan di Ensenada disebabkan oleh pertikaian antara kartel-kartel yang bersaing yaitu Kartel Sinaloa dan Kartel Jalisco Nueva Generacion.

Serta akibat sisa-sisa Organisasi Arellano Felix, di samping perdagangan manusia dan juga perdagangan narkoba.

Satu-satunya kota di Amerika Serikat yang masuk ke dalam daftar tujuh kota paling berbahaya di dunia adalah St. Louis.

Terletak dekat dengan titik pertemuan Missouri dan Sungai Mississippi, St. Louis merupakan kota terbesar kedua di Negara Bagian Missouri AS.

Berada di peringkat ketujuh sebagai kota paling berbahaya di dunia, St. Louis memiliki tingkat pembunuhan sekitar 87,83 pembunuhan per 100.000 penduduk.

Tingkat pembunuhan dan penggunaan narkoba kota ini adalah yang tertinggi di seluruh negeri.

Menurut Kepala Polisi St. Louis, sekitar setengah dari penyerangan dan 67 persen dari semua pembunuhan banyak terjadi di daerah segitiga kecil di bagian utara kota.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/07/153800827/7-kota-paling-berbahaya-di-dunia-banyak-kota-di-meksiko

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.