Salin Artikel

6 Wisata Hutan Pinus di Yogyakarta, Banyak Spot Foto Instagramable

KOMPAS.com - Jika ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi wisata alam, maka Yogyakarta adalah destinasi yang pas. Banyak wisata alam, mulai dari pantai sampai hutan pinus.

Khusus hutan pinus, banyak tempat wisata di sana yang sudah ditata sedemikian rupa, sehingga Instagramable karena banyak terdapat spot foto.

Merangkum dari artikel Kompas.com, berikut daftar wisata hutan Pinus yang cocok dikunjungi untuk berlibur.

1. Hutan Pinus Mangunan

Sejak 2014, Pinus Mangunan mulai ramai dikunjungi wisatawan. Selain menawarkan latar berfoto yang unik berupa jajaran hutan pinus, suasananya sejuk sehingga nyaman untuk refreshing.

Beberapa spot foto yang bisa wisatawan manfaatkan, di antaranya seperti rumah pohon dan panggung pertunjukan.

Ada pula taman bunga di sisi selatan kawasan Pinus Mangunan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan ke arah selatan yang terbuka dan menampilkan hamparan perbukitan di selatan Yogyakarta.

Hutan pinus yang populer ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Biaya tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 saja.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 24 kilometer, dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan.


2. Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata yang asri dan indah ini berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Seribu Batu Songgo Langit memiliki berbagai spot foto unik dengan nuansa alam. 

Fasilitas yang disediakan juga lengkap. Beberapa di antaranya yaitu mushala, toilet, warung kuliner, camping ground, aula, panggung alam, jeep wisata, outbond, flying fox, glamping, dan spot-spot foto menarik.

Spot foto terdiri dari rumah seribu kayu, jembatan jomblo, rumah hobbit ala film The Lord of The Rings, taman tumpah, dan puncak songgo langit dengan keindahan panorama alam.

Jika tertarik, tiket masuk Seribu Batu Songgo Langit dibanderol dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000 per orang. 

Sementara, wisatawan yang ingin bermalam di glamping bisa mengeluarkan kocek Rp 500.000 per kamar, sudah termasuk satu kali makan dan welcome drink.

Seribu Batu Songgo Langit berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Jogja dan dapat ditempuh sekitar 40-45 menit dengan kendaraan roda dua, roda empat, atau bus.

3. Hutan Pinus Asri

Masih berlokasi di Dlingo, daerah yang banyak menawarkan tempat wisata selfie ini sering dimanfaatkan fotografer untuk berburu foto.

Hutan Pinus Asri terletak di jalan Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Munthuk Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Wisatawan juga bisa berfoto di hammock atau tempat tidur gantung yang berada di antara batang pohon pinus.

Wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk masuk ke tempat ini. Cukup membayar parkir seharga Rp. 3.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil dan Rp. 20.000 untuk bus. Jika ingin berfoto untuk prewedding, biayanya sekitar Rp 50.000.


4. Bukit Lintang Sewu

Tempat ini dinamakan Bukit Lintang Sewu, karena wisatawan dapat melihat bintang di langit dan kerlap-kerlip lampu Yogyakarta saat malam hari dari atas bukit.

Dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl), terdapat beragam spot foto yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

Antara lain seperti telapak kaki, panggung pertunjukan, tugu kembar, Taman Ayaskara, rumah terbalik, Spot Bintang, dan Bingkai Kota.

Jika ingin menginap di glamping, wisatawan tidak perlu repot membawa apa pun karena semua peralatan camping sudah tersedia.

Untuk sewa tenda glam camp dibanderol biaya Rp 200.000. Namun jika ingin tambahan fasilitas, seperti welcome drink dan makan malam, dikenakan tambahan Rp 150.000.

Wisata Bukit Lintang Sewu berlokasi di Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Untuk sekedar datang dan foto-foto, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir motor Rp 3.000, parkir mobil Rp 5.000, dan biaya masuk sebesar Rp 5.000.

5. Puncak Becici

Mencari tempat romantis di Yogyakarta? Kamu bisa mengunjungi Puncak Becici di Dlingo, Bantul.

Ada pemandangan matahari terbenam dan bonus kerlip lampu kota Yogyakarta dari ketinggian 30 meter dari permukaan laut. Aktivitas di sana berfokus pada kegiatan alam outbound dan panorama.

Dibuka sejak 2015, Puncak Becici makin naik daun saat dikunjungi oleh Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama pada 2017.

Untuk menuju Puncak Becici dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh selama satu jam berkendara, sekitar 23 kilometer dari Tugu Yogyakarta.

Dari informasi terbaru akun Instagram @puncakbecici, tiket masuknya adalah Rp 3000 per orang, parkir sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 20.000.


6. Pinus Pengger

Pinus Pengger berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta hanya sekitar 24 kilometer dengan waktu kurang lebih satu jam.

Latar belakang foto di antara pepohonan pinus yang tegak dan menjulang tinggi menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pinus Pengger makin menarik untuk tempat berfoto karena keberadaan rumah pohon, jembatan, tempat tidur gantung, dan hiasan gerbang yang menjadi spot favorit. Total ada tiga spot foto dengan latar belakang medan terbuka di sisi barat Pinus Pengger.

Saat malam, cahaya lampu Kota Yogyakarta menjadi panorama yang membuat latar belakang ketiga spot sebelah barat Pinus Pengger menjadi makin indah.

Selain jepretan pribadi, pengelola juga telah menyediakan fotografer dengan kamera DSLR yang membuat hasil foto bagus untuk dibawa pulang.

Wisatawan hanya perlu membayar Rp 4.000 per foto yang diambil. Sementara untuk jumlah jepretan, tidak dibatasi.

Per 1 Mei 2021, melalui akun Instagram @pinuspengger, tarif masuk wisata ini adalah Rp 5.000 per orang. Dengan tambahan Rp 10.000 untuk berfoto di semua spot.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/07/190700327/6-wisata-hutan-pinus-di-yogyakarta-banyak-spot-foto-instagramable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.