Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Masuk Daftar 25 Negara Terbaik di Dunia untuk Pensiunan

KOMPAS.COM - Bali masuk ke dalam daftar 25 negara terbaik untuk dihuni para pensiunan, menurut riset yang dilakukan majalah International Living.

Riset bertajuk Annual Global Retirement Index 2022 itu dirilis pada 1 Januari 2022. International Living menyusun daftar tempat-tempat di dunia yang memiliki skor tertinggi dan dianggap paling cocok untuk ditinggali pensiunan.

Artinya, tinggal di tempat-tempat tersebut cenderung bisa membuat seorang pensiunan menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bahagia, dengan mengeluarkan biaya lebih sedikit, dan mendapatkan lebih banyak manfaat atau hal positif.

Bali ada di urutan ke-16

Dalam daftar 25 negara terbaik untuk pensiunan, Bali menduduki peringkat ke-16, persis di bawah Malaysia dan di atas Sri Lanka serta Vietnam.

Dengan rincian skor pada setiap kriteria penilaian yaitu Housing 58, Benefit 72, Visa/Residence 56, Entertainment 79, Development 64, Climate 62, Healthcare 70, Governance 64, Opportunity 70, dan Cost of Living 95.

Penilaian ini menghasilkan nilai rata-rata Bali yaitu 69, hanya selisih tiga poin dengan Malaysia di peringkat 15.

Daftar 25 negara terbaik untuk pensiunan

Berikut daftar lengkap 25 negara yang dianggap terbaik untuk para pensiunan tempati, menurut hasil riset International Living:


Faktor-faktor penilaian

Setiap tahun, pihak penilai menggunakan jejaring editor, koresponden, dan kontributor yang tersebar di seluruh dunia untuk mengumpulkan berbagai informasi.

Oleh karena itu, peringkat dan skor ditentukan berdasarkan 10 kategori berikut:

https://travel.kompas.com/read/2022/01/12/132000027/bali-masuk-daftar-25-negara-terbaik-di-dunia-untuk-pensiunan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke