Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susi Air Buka Rute Banyuwangi-Sumenep PP, Harga Mulai Rp 245.000

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Susi Air membuka rute Banyuwangi-Sumenep pergi-pulang (PP), pada Selasa (11/1/2022).

Rute tersebut tepatnya dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, ke Bandara Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan.

Adapun rute penerbangan dijadwalkan beroperasi sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Rabu. 

  • Banyuwangi Targetkan Belanja Wisatawan Capai Rp 1 Triliun Selama 2022
  • DAMRI Buka Rute Baru Jakarta-Banyuwangi, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya
  • 3 Hal yang Perlu Diketahui Seputar Angkutan Pariwisata Gratis di Banyuwangi

Pada hari Selasa, pesawat berangkat pukul 12.20 WIB dari UPBU Trunojoyo Sumenep. Kemudian tiba di Bandara Banyuwangi pukul 13.05 WIB.

Sedangkan, pesawat di Bandara Banyuwangi akan terbang pukul 13.15 WIB. Lalu mendarat di Bandara UPBU Trunojoyo Sumenep pukul 14.00 WIB.

Untuk hari Rabu, pesawat terbang pukul 10.40 WIB dari UPBU Trunojoyo Sumenep. Lalu tiba di Bandara Banyuwangi pukul 11.25 WIB.

Kemudian pesawat berangkat dari Bandara Banyuwangi pukul 11.35 WIB. Lalu tibat di UPBU Trunojoyo Sumenep pukul 12.20 WIB. 

Harga tiket yang ditawarkan untuk rute Sumenep - Banyuwangi mulai dari Rp 245.000. Sementara itu, harga tiket untuk rute Banyuwangi - Sumenep mulai dari Rp 299.000. 

Kepala UPBU Trunojoyo, Moh. Arqodri Arman, menyampaikan bahwa pembukaan rute ini merupakan sebuah solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura, yang umumnya memakan waktu lebih dari sepuluh jam.

"Dengan penerbangan ini, Banyuwangi-Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif," kata Arqodri, mengutip laman Pemerintah Kabupaten Banyuwangi (12/1/2022).

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, menyambut baik penerbangan perintis rute Banyuwangi - Sumenep oleh Maskapai Susi Air.

Setelah melalui proses panjang, pihaknya bersyukur akhirnya cita-cita Pemkab Banyuwangi untuk memperluas aksesibilitas dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa terwujud.

  • Menikmati Pantai Badur Sumenep
  • 6 Detinasi Wisata di Sumenep yang Wajib Anda Kunjungi
  • Keraton Sumenep, Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib Dikunjungi

“Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis yang lebih luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua daerah,” tuturnya.

Hal senada juga turut disampaikan Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah. Ia mengatakan, banyak warga Sumenep yang berdomisili dan berbisnis di Banyuwangi, sehingga penerbangan ini akan berdampak besar pada peningkatan ekonomi warganya.

"Kami berharap, hadirnya rute ini juga bisa berdampak pada kunjungan wisatawan. Kita bisa kolaborasikan kegiatan wisata. Misalnya, wisata makan duren di Banyuwangi, atau makan srikaya di Sumenep. Dengan jarak tempuh yang semakin pendek, kami optimis ini bisa kita wujudkan," imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/12/180738027/susi-air-buka-rute-banyuwangi-sumenep-pp-harga-mulai-rp-245000

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke