Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dufan Ancol Pernah Punya Spirit Doll Raksasa, Eksis dari Tahun 1985

KOMPAS.com - Fenomena spirit doll belakangan ini menjadi viral terutama di media sosial.

Hal ini bermula saat beberapa orang mengunggah koleksi spirit doll mereka di media sosial, termasuk di antaranya selebritas lokal.

Meski berbentuk boneka, spirit doll ini diberikan perlakuan layaknya anak sungguhan, seperti dirawat dan diberi makan.

Ternyata, boneka layaknya spirit doll dalam ukuran besar juga sudah lama ada di Dunia Fantasi atau Dufan, sebuah unit rekreasi di Taman Impian Ancol, Jakarta Utara. 

Istana Boneka Dufan menjadi ramai

Belum lama ini jagat Twitter di Indonesia ramai oleh perbincangan tentang Dufan yang memiliki banyak spirit doll.

Vvideo itu berasal dari salah satu wahana Istana Boneka yang ada di Dufan. 

Warganet pun ramai menanggapi unggahan ini. Sebagian menganggap Istana Boneka tersebut tidak terlihat menyeramkan, karena diiringi musik bernada ceria.

“Dulu nggak serem masuk istana boneka Dufan sebab dikasih lagunya nggak horor tapi ceria,” tulis akun @affanzbasalamah, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

“Gue malah paling seneng kesini ngademmmm sambil dengerin alunan musik nya wkwkwkwk,” tulis akun @Meidsvr ikut berkomentar.

Uniknya, admin Twitter Ancol @ancoltmnimpian ikut mengomentari cuitan tersebut.

“Istana spirit doll, memberikan energi positif kepada semua yg melihat,” tulis admin Twitter Ancol.

Bahkan, admin tersebut juga membalas sejumlah komentar warganet dengan jawaban-jawaban yang kocak.

Meski tanggapan warganet sangat beragam, mengutip laman resmi Ancol, Istana Boneka diketahui bertujuan agar pengunjung bisa belajar sekaligus mengapresiasi budaya etnik dari seluruh Nusantara maupun kekhasan budaya di seluruh dunia.

Bangunan Istana Boneka ini berarsitektur gaya Eropa klasik.

Dengan menggunakan perahu yang berjalan di atas air, pengunjung dapat menjelajahi wahana dengan iringan lagu dan 600 boneka animatronik.

Beroperasi sejak tahun 1985, asal negara pembuatannya adalah dari Amerika Serikat dengan kapasitas 336 orang.

“Jangan sedih, sebelum squid Games rame itu boneka gedenya juga dari Dufan loh!,” tulis akun @ancoltmnimpian.

Dalam salah satu gambar yang ada di poster, terlihat boneka raksasa yang mirip dengan boneka di serial Squid Game yang juga sempat viral beberapa waktu lalu.

Poster tersebut memberikan detail dengan tulisan “Ajaklah keluarga Anda Bergabung di Malam yang Paling Berkesan”, disertai kegiatan berupa panggung gembira, dongeng untuk anak-anak, lomba ketangkasan, dan sulap.

Beberapa gambar doorprize (hadiah) juga ditampilkan pada poster, di antaranya kompor gas, kendaraan roda empat, wisata ke Bali, TV, dan komputer. 

Ternyata, boneka raksasa tersebut pernah ada di tahun 1985 dan diduga diproduksi secara khusus untuk parade atau ikon keliling.

“Sementara infonya, kemungkinan ini boneka istabon (Istana Boneka) yang diproduksi khusus secara skala atau dimensinya lebih besar untuk parade dan atau ikon keliling,” jelas Head of Unit Media Relations Ancol, Ariyadi Eko Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Sehingga, boneka tersebut merupakan bagian dari Parade Dufan. Namun, informasi lebih lanjut mengenai hal ini masih sangat terbatas.

“Sayangnya, menemukan pelaku sejarah atau yang memahami tentang Parade Dufan saat itu masih menjadi tantangan,” tutup Ariyadi.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/13/180446727/dufan-ancol-pernah-punya-spirit-doll-raksasa-eksis-dari-tahun-1985

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke