Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Batam, Ada Vila dengan Pemandangan Lumba-lumba

KOMPAS.com – Sebagai kota yang dekat dengan Singapura, Batam memiliki banyak tempat wisata menarik dan indah. 

Ada berbagai tempat wisata alam dan wahana hiburan yang bisa dikunjungi para wisatawan yang tengah berada di Batam. 

Berikut ini Kompas.com akan membagikan daftar tempat wisata di Batam yang terkenal dan dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan.

1. Batam Forest Top 

Batam Forest Top merupakan sebuah taman hiburan dengan berbagai permainan yang bisa memacu adrenalin. 

Melansir dari Direktori Pariwisata Indonesia, permainan yang bisa dicoba adalah tarzan swing, post man, tandem rope, x-walk, jacob leather, dan chicken walk.

Selain wahana permainan, ada area outbound, wisata sekolah alam bagi anak-anak, dan tempat hiking. 

Bagi yang ingin berkunjung, lokasinya ada di Bukit Harimau, Sekupang, Batam, Riau. Jam bukanya pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. 

2. Tangga 1000 Taman Habibie

Tempat ini dulunya merupakan rumah Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie saat masih melakukan pembangunan untuk Kota Batam. 

Alasan penamaan tempat ini adalah karena adanya anak tangga berjumlah 1000 yang digunakan untuk sampai ke lokasi. 

Setelah tak lagi ditinggali oleh BJ Habibie, tempat ini menjadi terbengkalai dan akhirnya dijadikan tempat wisata bagi masyarakat Batam. 

3. Pantai Tanjung Pinggir

Lokasi pantai ini ada di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Riau dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota yang berjarak kurang lebih 20 kilometer (km). 

Dari bibir pantai ini pengunjung bisa melihat negara tetangga, yakni Singapura dengan cukup jelas. 

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pinggir, di antara lain adalah berkemah, naik perahu, dan melakukan outbound. 

4. Pulau Ranoh

Tempat wisata popular di kawasan Batam yang bisa dikunjungi adalah Pulau Ranoh. Pulau ini menyediakan sarana rekreasi dan fasilitas yang lengkap bagi para pengujungnya. 

Aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan adalah memanah, bermain bola, berkemah, naik perahu, snorkeling, memancing, dan jet ski. 

5. Pantai Elyora

Pantai lainnya di Batam yang wajib dikunjungi adalah Pantai Elyora yang memiliki pasir putih bersih serta air laut yang jernih. 

Meski memiliki panorama yang indah, pantai ini tak begitu popular sehingga cukup sepi pengunjung, dilansir dari Geopspasial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Bagi pengunjung yang ingin liburan di tempat ini bisa datang kapan saja karena pantai ini beroperasi selama 24 jam setiap harinya. 

6. Tebing Langit Sekupang

Butuh tempat yang tenang untuk healing di Batam, cobalah datang ke Tebing Langit Sekupang. Lokasinya ada di Jalan Ir Sutami, Tanjung Pinggir, Sekupang, Tj. Pinggir, Sekupang, Batam, Riau. 

Pemandangan yang indah dan lokasinya yang tenang membuat siapa saja akan betah bersantai di tempat ini. Terdapat juga berbagai spot foto unik di antaranya adalah rumah hobbit dari bambu. 

Bagi yang ingin berkunjung sebaiknya datang pada pagi hari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB sebelum ditutup. 

7. Funtasy Island

Funtasy Island adalah tempat wisata alam dengan tiga tempat hiburan utama, yaitu Eco Theme Park, Beach Club, dan Love Island. 

Pengembang tempat wisata ini berasal dari Singapura dan membangun vila, taman bermain, wahana lumba-lumba, laguna, taman bermain serta kafe di lahan seluas 328 hektar.

Daya tarik Funtasy Island adalah bisa melihat langsung lumba-lumba dengan begitu dekat saat membuka pintu vila. 

Vila di tempat ini dibangun di tepi pantai sehingga sangat dekat sekali bila ingin melihat para binatang laut. 

8. Pantai Galang Mas 

Lokasi Pantai Galang Mas berada di perbukitan dengan pemandangan hutan bakau yang cukup luas. 

Fasilitas di tempat ini ada gazebo untuk bersantai, spot memancing, dan area untuk menyalakan api unggun. 

Menurut sejarah, dulunya pantai ini merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal para raja dari Kerajaan Malaka. Oleh karena itu, pantai diberi nama galang yang memiliki arti landasan. 

9. Pulau Tunjuk

Ingin menikmati matahari terbit di tepi pantai yang indah, datanglah ke Pulau Tunjuk yang terletak di sebelah tenggara Batam. 

Sayangnya biaya menyebrang dengan menyewa pancung cukup mahal sekitar Rp 600.000.  Walaupun begitu pengunjung akan puas saat sampai lantaran bisa melihat pemadangan indah yang disuguhkan. 

10. Monumen Welcome To Batam

Salah satu bangunan ikonik di Batam yang bisa dikunjungi adalah Monumen Welcome To Batam. Lokasinya terletak di Teluk Tering, Batam Kota, Riau dan dibuka selama 24 jam. 

Monumen ini memilii desain yang sederhana hanya sebuah tulisan “welcome to Batam” berwarna putih besar yang dipasang di atas bukit. Selain terkenal sebagai spot foto, ada beragam kuliner lezat yang bisa dicoba pengunjung. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/17/160400527/10-wisata-batam-ada-vila-dengan-pemandangan-lumba-lumba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke