Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia dan Kamboja Lanjutkan Kerja Sama Bidang Pariwisata, Ini 6 Fokusnya

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Kamboja sepakat melanjutkan kerja sama bidang pariwisata.

Kesepakatan diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno dan Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon, Selasa (18/1/2022).

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan secara virtual di Jakarta dan Sihanoukville.

Dalam rilis resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang Kompas.com terima, Selasa (18/1/2021), nota kesepahaman akan fokus atau menitikberatkan pada enam bidang kerja sama. 

Keenamnya yakni promosi dan pemasaran patiwisata, pengelolaan destinasi pariwisata, kerja sama sektor swasta, capacity building, MICE, serta kerja sama event dan konektivitas.

Kerja sama sejak 1999

Sebelumnya, Indonesia dan Kamboja telah menyepakati nota kesepahaman kerja sama bidang pariwisata pada 1999.

Nota kesepahaman yang ditandatangani pada 2022 ini pun tidak hanya memperbarui, tetapi juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk melanjutkan kerja sama sekaligus mempererat tali persahabatan, khususnya di bidang pariwisata.

"Ini juga menegaskan bahwa kedua negara berkomitmen untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata untuk kesejahteraan rakyat dan sebagai bagian dari masalah pemulihan ekonomi nasional,” kata Sandiaga.

Sebagai info, penandatangan nota kesepahaman juga dilakukan dalam rangka 25th Meeting of ASEAN Tourism Ministers (M-ATM) yang diselenggarakan di Kingdom of Wonder, Kamboja.

Peran kepemimpinan ASEAN Tourism Forum (ATF) akan diserahkan Kamboja kepada Indonesia mulai Januari 2022 hingga Januari 2023 dengan tema "Empower Talents, Embrace Technology, Recover Tourism".

Kemenparekraf pun kini tengan menyiapkan langkah untuk rencana pemulihan sektor pariwisata di Indonesia.

Salah satu persiapan adalah memastikan keamanan dan ketenangan pikiran bagi pengunjung yang datang ke Indonesia.

"Oleh karena itu, dengan mengikuti ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022, Indonesia yakin dapat mempertahankan posisinya sebagai top of mind bagi pembeli sebagai tujuan wisata kelas dunia," ujar Sandiaga.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/18/190700127/indonesia-dan-kamboja-lanjutkan-kerja-sama-bidang-pariwisata-ini-6-fokusnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke