Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Tahu, 8 Cara Aman Mengemas Makeup Saat Liburan

KOMPAS.com - Riasan wajah alias makeup menjadi barang bawaan penting bagi sebagian orang, termasuk saat pergi berlibur.

Namun, mengemas makeup dalam koper tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, mayoritas perlengkapan makeup terbuat dari bahan yang mudah retak dan pecah ketika terkena guncangan dan bentutan.

Padahal, risiko koper terguncang dan terbentur selalu ada dalam setiap perjalanan. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengemas makeup yang aman saat pergi liburan.

Cara mengemas makeup saat liburan

Karenanya, berikut sejumlah cara mengemas makeup secara aman saat liburan, seperti dihimpun Kompas.com dari sejumlah sumber:

1. Gunakan tas makeup

Mengutip Byrdie, Selasa (18/02/2022), Penata Rias Mary Irwin menyarankan untuk membawa tas khusus perlengkapan makeup saat bepergian. Pastikan, tas tersebut terbuat dari bahan yang halus dan empuk.

Saat mengemas koper, letakkan tas makeup tersebut di bagian tengah serta dikelilingi oleh barang empuk, seperti pakaian. Upaya tersebut dapat melindungi produk makeup dari guncangan dan benturan selama perjalanan.

2. Lindungi bedak padat dengan kapas

Jika membawa bedak padat, gunakan kapas atau powder puff untuk melindunginya. Letakkan kapas di dalam kemasan bedak serta di atas tas makeup untuk menjaga agar bedak padat tetap utuh meskipun terkena benturan.

Sementara itu, Co-Founder Wander Beauty, Divya Gugnani, justru menyarankan meninggalkan bedak padat maupun tabur di rumah karena pertimbangan risiko hancur akibat benturan.

“Saya melihat bedak yang retak dan kuas kotor di tas makeup, sehingga akhirnya saya tahu ada cara yang lebih baik (dalam membawa bedak),” kata Gugnani dikutip dari Reader’s Digist.

Alih-alih membawa bedak padat maupun tabur yang mudah pecah, ia menyarankan untuk menggantinya dengan bentuk krim. Saran ini juga berlaku untuk jenis makeup padat lainnya, seperti palet eyeshadow maupun perona pipi (blush on).

Palet eyeshadow bisa menghemat ruangan sehingga barang bawaah kita lebih ringkas. Namun, jika tidak membutuhkan banyak warna dalam riasan mata, sebaiknya cukup membawa eyeshadow sesuai warna yang digunakan.

4. Pilih produk multifungsi

Agar bawaan lebih efisien, pilihlah produk makeup multifungsi. Artinya, produk tersebut memiliki lebih dari satu fungsi, misalnya bisa sebagai blush on, bronzer, dan concealer.

“Jadi, kita mempunyai makeup dan skincare dalam satu paket. Semuanya serbaguna dan multifungsi,” ujar Gugnani.

Saat ini, bukan perkara sulit untuk menemukan makeup multiguna tersebut. Kita dapat membelinya secara daring setelah melihat ulasan dari para penata rias maupun beauty influencer.

Selain itu, beberapa produk seperti lipstik juga bisa digunakan di area wajah lain, misalnya sebagai perona pipi atau eyeshadow.

Masih mengutip Byrdie, disarankan menggunakan tempat isi ulang untuk menaruh produk makeup. Pastikan tempat isi ulang tersebut anti bocor.

Wadah isi ulang itu bisa untuk meletakkan produk makeup, terutama yang berbentuk cair dan krim.

Serupa, Reader’s Digest juga menyarankan untuk memanfaatkan wadah isi ulang saat hendak berlibur. Saat ini, tempat isi ulang dalam berbagai bentuk dan warna mudah didapatkan baik di toko kecantikan maupun secara daring.

“Saya membeli botol plastik mini, dan memasukkan body lotion, sampo dan kondisioner favorit saya ke dalamnya,” ujar Gugnani.

6. Rencanakan riasan

Tidak hanya agenda liburan, riasan wajah juga perlu dipersiapkan. Penata rias Gabriel De Santino mengatakan riasan wajah dapat disesuaikan dengan agenda dan destinasi liburan.

Hal tersebut dapat membantu para menentukan produk makeup yang hendak dibawa. Jadi, produk makeup yang tidak digunakan dapat ditinggalkan di rumah.

Sementara itu, Gugnani dalam Reader’s Digest menyarankan untuk tidak membawa parfum semprot (spray) saat pergi berlibur. Sebagai gantinya, pilih parfum dalam bentuk roll on.

“Yang pertama dicoret dari daftar (makeup bawaan) adalah parfum. Pilih wewangian roll on sebagai gantinya,” katanya.

Pasalnya, ada sejumlah bandara dan maskapai yang tidak memperbolehkan penumpang membawa botol parfum. Jika ketahuan, petugas bandara akan menyitanya.

Tak hanya parfum semprot, Reader’s Digest juga menyarankan untuk mengurangi makeup dalam bentuk cair lainnya. mereka menyarankan untuk mengganti produk cair tersebut ke dalam bentuk padat atau krim.

8. Bawa makeup sesuai kebutuhan

Aturan paling penting lainnya adalah membawa produk make up seminimal mungkin. Pastikan makeup yang dibawa memang sesuai kebutuhan saat berlibur.

Reader’s Digest menyarankan produk yang wajib dibawa antara lain pelembab, krim siang yang mengandung SPF, dan lipstik sesuai kebutuhan.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/19/183600327/wajib-tahu-8-cara-aman-mengemas-makeup-saat-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke