Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Dekat Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

KOMPAS.com - Kampung Batik Giriloyo di Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh pencinta kain batik.

Tempat ini menawarkan kegiatan belajar membatik, sekaligus belanja kain batik beraneka motif. Biaya untuk belajar membatik mulai dari Rp 250.000. 

Melansir Kompas.com, Jumat, kampung ini juga memiliki Paguyuban Batik Giriloyo, sebuah perkumpulan dari 12 kelompok kecil perajin batik di tiga dusun, yaitu Giriloyo, Cengkehan, dan Karang Kulon.

"Kalau batiknya sendiri, batik klasik Mataram," kata salah satu perajin batik, Diah, kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021). 

Untuk diketahui, dari Stasiun Tugu Yogyakarta di Kota Yogyakarta ke Kampung Batik Giriloyo membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jarak antara 18 hingga 19 kilometer (km).

Lokasi kampung ini juga dekat dengan kompleks Makam Imogiri. Menurut laman Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tempat tersebut adalah kompleks pemakaman raja-raja Mataram serta keluarganya. 

Usai mengunjungi Kampung Batik Giriloyo, wisatawan bisa singgah di tempat wisata lain di dekatnya yang tidak kalah menarik. Berikut Kompas.com dari berbagai sumber:

Embung Imogiri berada tidak jauh dari Kampung Batik Giriloyo lantaran jaraknya sekitar 600 meter. 

Tempat ini sesungguhnya merupakan tempat penampungan air yang, jika dilihat dari atas, berbentuk seperti gunungan wayang. 

Kompas.com melaporkan, Jumat (24/12/2021), embung ini memiliki kapasitas tampung sebesar 64.099 meter persegi dengan luas 1,13 hektare. Manfaat utamanya untuk konservasi air dan pengendalian banjir, sekaligus tempat wisata.

Pengunjung bisa berolahraga dan bersepeda di tempat ini. Sembari istirahat, mereka juga bisa berfoto dengan latar penampungan air yang Instagramable. 

Wisatawan yang ingin melihat pemandangan alam dari ketinggian bisa mengunjungi Kebun Buah Mangunan atau Negeri Atas Awan di Yogyakarta. 

Jaraknya dari Kampung Batik Giriloyo 7 - 8 km dengan waktu tempuh sekitar 17 - 30 menit. Lokasinya ada di Jalan Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY.

Pemandangan yang ditawarkan tempat ini cukup unik karena berupa kabut yang terbang mengikuti alur Sungai Oya. 

Tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, terdapat Hutan Pinus Mangunan. 

Dari Kebun Buah Mangunan, jaraknya 2 - 3 km dengan lama berkendara 8 - 10 menit. Sementara itu, jika dari Kampung Batik Giriloyo, maka jaraknya 8 km dengan durasi berkendara kira-kira 16 menit. 

Sesuai namanya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan pepohonan pinus dengan sejumlah spot foto.

Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000, dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/1/2022). Lokasinya ada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 

Seribu Batu Songgo Langit merupakan salah satu tempat wisata yang sayang dilewatkan. 

Wisatawan yang mengunjungi tempat ini bisa menikmati pemandangan hutan pinus dan berfoto dengan banyak latar Instagramable.

Menurut Kompas.com, Sabtu (5/9/2020) Mereka juga bisa berfoto pada malam hari dengan pencahayaan dari lampu yang ada, sehingga suasananya akan terlihat berbeda.  

Seribu Batu Songgo Langit berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 

Jaraknya dari Kampung Batik Giriloyo adalah 7 - 8 km dengan lama perjalanan 15 - 25 menit. 

Tempat wisata Little Tokyo atau Litto terinspirasi dari daerah di sebelah barat Tokyo, Okutama. Daerah tersebut dikenal tenang, sehingga cocok dijadikan tempat melepas penat.

Menurut Kompas.com, Jumat (7/1/2022), pengunjung yang ada di Litto bisa merasakan berwisata gaya Jepang, termasuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau sunset.

Tidak hanya itu, mereka juga bisa menyantap menu khas Jepang, western, dan nusantara di restoran yang ada. 

Litto berada di kawasan Dlingo, Bantul. Jaraknya dari Kampung Batik Giriloyo adalah 8 - 12 km dengan lama perjalanan kira-kira hingga 30 menit. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/21/120144327/5-tempat-wisata-dekat-kampung-batik-giriloyo-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke