Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura Dimulai 24 Januari 2022

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah memastikan uji coba Travel Bubble antara Indonesia-Singapura akan dilakukan Senin (24/1/2022).

Keputusan ini diambil setelah Menparekraf meninjau dua zona travel bubble di Kepulauan Riau (Kepri), yakni Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga Uno, lewat rilis resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang Kompas.com terima, Sabtu (22/1/2022).

Skema perjalanan travel bubble nantinya akan dicantumkan dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Dalam rapat pembahasan Travel Bubble di Angsana Hotel, Bintan, Kepulauan Riau, Sandiaga mengatakan bahwa wisatawan mancanegara asal Singapura punya prospek sangat strategis dalam membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepri.

Maka dari itu, skema perjalanan ini diharapkan membawa sinyal positif terhadap kebangkitan ekonomi dan mampu membuka lapangan kerja.

"Safe travel bubble tourism Kepri sudah kita siapkan satu tahun lebih bersama bapak gubernur dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura," tutur Sandiaga.

Ia berharap, travel bubble itu mampu membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja, dan memberikan sinyal positif bahwa Indonesia bisa menangani pandemi dengan baik dan terkendali.

Kompas.com (21/1/2022) memberitakan, rencana ini muncul lagi setelah Presiden Joko Widodo menyetujui rencana pembukaan pintu masuk wisata antara Kepulauan Riau dan Singapura lewat skema travel bubble, walau hingga saat ini masih belum terealisasi maksimal.

Lewat skema travel bubble, dua atau lebih negara akan menyepakati gelembung atau koridor perjalanan untuk mengontrol penyebaran Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/22/203100927/uji-coba-travel-bubble-indonesia-singapura-dimulai-24-januari-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke