Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral foto kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tampak terbengkalai.

Foto yang membandingkan kondisi SnowBay Waterpark dan Museum Telekomunikasi di kawasan TMII itu pun menjadi perbincangan di media sosial.

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menegaskan kembali bahwa TMII kini tengah ditata ulang setelah pengelolaannya resmi diambil alih oleh pemerintah.

Penataan ulang dilakukan untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik dalam rangka menyiapkan kebangkitan ekonomi dan sektor pariwisata.

"Pemerintah sudah menyiapkan beberapa program penataan ulang TMII, terutama dalam menyambut penyelenggaraan berbagai event internasional," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (24/02/2022).

Perhelatan internasional yang dimaksud di antaranya G20, di mana perhelatan tersebut rencananya akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali.

Sandiaga juga berharap tampilan TMII yang baru nantinya juga dapat mendukung perhelatan internasional lain yang akan diselenggarakan di tanah air, seperti MotoGP dan ASEAN Summit.

"Saat ini proses penataan ulang sedang berlangsung dan kita berharap wajah baru TMII nanti bisa memberikan pengalaman berwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," tuturnya.

Adapun mengenai foto area terbengkalai yang viral, Sandiaga mengatakan area tersebut sebelumnya dikelola oleh pihak swasta tetapi terpaksa berhenti karena terdampak pandemi Covid-19.

Area tersebut menjadi salah satu yang akan ditata ulang melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia menyebut pernyataan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti yang mengatakan bahwa tata ulang sedang berjalan dan memasuki proses desain.

"Kami siap karena Taman Mini merupakan destinasi unggulan yang selalu menjadi favorit bagi masyarakat kita," katanya.

Adapun renovasi TMII didasari Perpres Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam Perpres tersebut, tertulis bahwa Menteri PUPR diberi penugasan untuk melaksanakan percepatan pelaksanaan pembangunan atau renovasi infrastruktur. Salah satunya adalah renovasi kawasan TMII.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/25/121611827/sandiaga-uno-tmii-sedang-ditata-ulang-untuk-hadirkan-wajah-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke