Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Revitalisasi TMII, Sejumlah Bangunan akan Dibongkar

KOMPAS.com - Sejumlah bangunan terbengkalai di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, akan dibongkar sehubungan dengan adanya revitalisasi. 

Melansir Kompas.com, Rabu (26/1/2022), bangunan yang terbengkalai adalah Museum Telekomunikasi, Teater Garuda, dan SnowBay Waterpark.

"Museum Telekomunikasi saat ini sedang dibongkar, panggung di Teater Garuda itu akan direnovasi - mungkin akan jadi salah satu panggung terbesar di Indonesia - dan kolam SnowBay kami akan bongkar dan diubah menjadi gedung parkir," terang Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), Hetty Herawati. 

Sementara itu, anjungan dan Danau Archipelago akan diperbaiki. 

  • Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru
  • Kondisi TMII yang Terbengkalai Beredar di Twitter, Ini Penjelasannya

Berdasarkan keterangan resmi BUMN, Rabu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kegiatan renovasi TMII mencakup beberapa bagian.

Adapun bagian tersebut adalah penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo yang meliputi Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, serta Sasono Adiguno.

Usai revitalisasi, PT TWC selaku pihak pengelola berjanji tidak akan menaikkan harga tiket masuk TMII.

"Tidak ada tiket naik, sekarang berapa? (Rp) 25.000 kan. Nanti ketika opening, tiketnya paling mahal Rp 25.000," kata Direktur Utama PT TWC Edy Setjono, dilansir dari Kompas.com, Rabu.

  • Tiket Masuk TMII Naik Rp 5.000 Jelang Nataru untuk Tingkatkan Pelayanan
  • 5 Atraksi Menarik di TMII, Anjungan Daerah sampai Taman Indah

Untuk diketahui, renovasi TMII mengacu pada Perpres Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Perpres tersebut menyebutkan, Menteri PUPR diberi penugasan untuk melaksanakan percepatan pelaksaan pembangunan atau renovasi infrastruktur. Salah satunya renovasi kawasan TMII. 

Renovasi yang diharapkan selesai pada Oktober 2022 ini dilaksanakan untuk mendukung penyelenggaraan G20.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/26/212446427/revitalisasi-tmii-sejumlah-bangunan-akan-dibongkar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke