Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tidak Ada Guling di Kamar Hotel, Ini Alasannya

KOMPAS.com – Para tamu hotel kemungkinan besar banyak yang menyadari bahwa kamar tempat mereka menginap tidak menyediakan guling. 

Bisa jadi, banyak yang bertanya-tanya kenapa tidak ada guling di kamar hotel yang disewanya. Bahkan hingga sekarang, hanya sebagian orang yang sudah tahu jawabannya. 

Kebanyakan hotel memang hanya menyediakan bantal saja di kamar untuk tamu-tamu yang menginap, tanpa adanya guling karena alasan tertentu. 

Martha W Thomas yang bekerja sebagai Marketing Communication Manager di Jambuluwuk Hotels and Resorts menjelaskan, tidak adanya guling di hotel itu berkaitan dengan masalah kebersihan. 

Menurutnya guling dianggap kurang higienis, meski sudah dicuci setelah digunakan karena pemakaian guling tak seperti bantal yang hanya digunakan sebagai sandaran kepala saja. 

Guling bisa menempel disemua bagian tubuh saat digunakan, seperti dada, kaki, hingga tangan yang kebersihanya tidak bisa terjamin. 

“Kurang higienis, sehingga banyak hotel yang tidak menyediakan guling di tiap kamarnya, untuk menjaga kebersihan,” kata Martha kepada Kompas.com, Kamis (27/1/2022). 

Selain untuk menjaga kebersihan, keberadaan guling di kamar juga dianggap tidak terlalu bermanfaat.

Guling membuat tempat tidur sempit

Martha melanjutkan, guling dianggap lebih tidak berguna jika yang menginap adalah pasangan ataupun rombongan keluarga besar yang tidak membutuhkan benda seperti guling saat tidur. 

“Jika disediakan bisa jadi hanya membuat tempat tidur terasa sempit karena dipenuhi guling,” ungkap Martha. 

Perlu diketahui juga bahwa pembangunan hotel di Indonesia sendiri, mengikuti gaya negara barat yang tidak mengenal guling. Tamu pun tidur hanya dengan bantal saja, seperti diberitakan Kompas.com dari buku Housekeeping Hotel, (8/2/2020). 

Lantaran mengacu pada gaya barat, kebanyakan hotel pun tak menyediakan yang namanya guling di kamar. Sama seperti penjelasan Martha, guling juga dianggap mudah kotor karena cara memakainya dipeluk. 

Siapa pun tamu yang memakainya bisa saja mengeluarkan air liur, sehingga untuk menjaga kebersihannya harus dibersihkan hingga bagian dalamnya. 

Tentunya membersihkan guling hingga bagian dalam tak hanya mencuci sarungnya, membutuhkan biaya dan waktu ekstra. 

Oleh karena itu, untuk menghindarinya, hotel lebih memilih menyediakan bantal saja yang mudah dibersihkan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/27/163000327/kenapa-tidak-ada-guling-di-kamar-hotel-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke