Salin Artikel

Jelang MotoGP, 226 Hotel di Gili Matra NTB Belum Dapat Pesanan

KOMPAS.com - Terdapat 226 hotel di Gili Matra, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang belum mendapat pesanan kamar menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika pada Maret mendatang. 

"Jadi dari 228 hotel yang masih buka di kawasan Gili Matra, cuma dua hotel saja yang terisi (dapat pesanan kamar). Itu Hotel Aston di Gili Trawangan dan Villa Karang di Gili Air. Sisanya belum ada kebagian," terang Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ni Ketut Wolini, dikutip dari Antara, Kamis (27/1/2022).

Wolini menambahkan, bencana gempa bumi yang melanda NTB pada 2018 lalu telah berdampak signifikan terhadap hotel di kawasan Gili Matra, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. 

Menurutnya, pandemi Covid-19, yang telah melanda Indonesia sejak 2020, juga menyebabkan 508 hotel di kawasan tersebut tutup. 

  • MotoGP Bisa Jadi Momen Kopi Robusta Lombok Gaet Pasar Internasional
  • Penonton MotoGP Mandalika Jadi 100.000 Orang, Akomodasi Masih Kurang
  • Pemerintah Gunakan Skema Travel Bubble untuk MotoGP dan G20
  • Sandiaga Uno: Tak Ada yang Bisa Ancam Batalkan MotoGP!

Bahkan, lanjutnya, saat ajang World Superbike (WSBK) 2021 pada November lalu, hotel di kawasan tersebut tidak terkena efeknya.

Ia berharap pemerintah bisa memberi solusi agar hotel-hotel di kawasan tersebut bisa terisi, sekaligus membantu menutupi kekurangan kamar untuk para calon penonton MotoGP 2022.

"Harap kami, pemerintah bisa membantu mencari solusi, mungkin salah satunya dengan menyiapkan moda transportasi khusus di tiga gili ini agar kamar hotel di sana bisa terpakai," katanya.

Sebagai informasi, melansir Kompas.com, Kamis, diperkirakan akan ada 100.000 wisatawan yang datang terkait MotoGP 2022.

Perhelatan MotoGP 2022 sendiri akan diadakan di Sirkuit Pertamina Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/27/193400127/jelang-motogp-226-hotel-di-gili-matra-ntb-belum-dapat-pesanan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.