Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puncak Argapura Ketep Pass, Wisata Kuliner dengan Panorama 5 Gunung

KOMPAS.com – Ada tempat wisata kuliner menarik dan unik bernama Puncak Argapura Ketep Pass, wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat ini berlokasi di lereng Gunung Merbabu, sehingga menawarkan panorama alam yang begitu indah. 

Lokasi Puncak Argapura Ketep Pass, ada di Jalan Ketep Pass Dadap, Gondangsari, Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Jaraknya dari Kota Magelang juga tak begitu jauh sekitar 27 kilometer (km) dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. 

Nuansa Bali dan Jawa dengan panorama 5 gunung

Konsep yang diusung Pucak Argapura Ketep Pass adalah tempat kulineran dengan bangunan berarisitektur Jawa dan Bali yang kental. Bangunannya sangat unik, berbentuk seperti rumah tradisional Bali dengan pendopo dan kolam ikan yang cantik. 

Nuansa jawa tampak di bagian pendopo yang ada di area makan outdoor-nya, dihiasi dengan kain-kain berwarna kuning. 

Setiap sudut bangunan di Puncak Argapura Ketep Pass bisa dijadikan tempat foto yang instagramable, jadi pengunjung tak mungkin kehabisan spot untuk selfie.  

Keunikan dari tempat ini adalah lokasinya yang ada di kawasan hutan serta dikelilingi pegunungan, serta lahan pertanian, jadi masih sangat asri dan sejuk.  

“Tempat ini juga menawarkan keindahan pesona lima gunung yakni, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Bukit Menoreh,” kata pemilik Puncak Argapura Ketep Pass Dwi Yatim Mantora kepada Kompas.com, Kamis (27/1/2022). 

Aktivitas wisata di Puncak Argapura Ketep Pass

Berbagai aktivitas, seperti petualangan hingga wisata budaya bisa dilakukan di tempat ini bagi para pengunjungnya. Contoh kegiatan seru dan asyik yang bisa dilakukan adalah, berkemah, petik stroberi, gathering, outing, wisata edukasi, dan jeep adventure. 

Selama melakukan kegiatan tersebut, wisatawan tak akan merasa bosan, lantaran akan selalu disuguhi panorama indah dari Taman Nasional Gunung Merbabu (TNG). 

Mencoba berbagai kuliner di Puncak Argapura Ketep Pass juga akan semakin lengkap karena adanya live music untuk hiburan para tamunya. 

Dwi Yatim Mantora yang biasa dipanggil Tora menyebutkan bahwa harga tiket masuk ke Puncak Argapura Ketep Pass juga masih gratis.

“Karena kita masih dalam penambahan area pembangunan dan dalam tahap uji coba, untuk tiket pengunjung gratis,” jelas Tora. 

Bisa dibilang tempat wisata ini sangat cocok sekali dikunjungi bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.  Bagi yang ingin mengujungi tempat ini jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB setiap hari. 

https://travel.kompas.com/read/2022/01/27/210100927/puncak-argapura-ketep-pass-wisata-kuliner-dengan-panorama-5-gunung-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke