Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempat Bernuansa China yang Pas Dikunjungi Saat Imlek

KOMPAS.com - Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi warga keturunan China di Indonesia. Perayaan Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Imlek ditetapkan sebagai libur nasional oleh pemerintah Indonesia. Karenanya, masyarakat bisa menikmati liburan dan berkumpul bersama keluarga.

Agar suasana Imlek lebih terasa, masyarakat khususnya keturunan China mendatangi tempat-tempat yang membuat nuansa Imlek makin kental.

Daftar destinasi dengan suasana Imlek

Sejumlah kota di Indonesia mempunyai destinasi yang menawarkan budaya China, sehingga perayaan Imlek semakin terasa.

1. Pecinan

Pecinan atau chinatown merupakan kota atau kawasan di luar China yang mayoritas penghuninya adalah etnis Tinghoa.

Tak heran, suasana di Pecinan kental dengan budaya China, mulai dari bangunan dengan arsitektur China, kelenteng, kuliner, sampai suvenir.

Sejumlah kawasan Pecinan yang tersebar di seluruh kota Indonesia, antara lain Petak Sembilan Glodok (Jakarta), Singkawang (Kalimantan Barat), Kampung Sudiroprajan (Solo), Kya-kya (Surabaya), dan Pecinan di Semarang.

Saat perayaan tiba, tentunya suasana di Pecinan sangat meriah. Lokasi ini bisa menjadi pilihan destinasi yang kental dengan nuansa Tionghoa.

2. Kelenteng

Kelenteng atau wihara merupakan tempat ibadah umat Khonghucu yang banyak dianut oleh keturunan China. Saat perayaan Imlek, umat Khonghucu rutin menggelar sembahyang di wihara.

Mendatangi kelenteng tentunya akan menambah suasana perayaan Imlek. Biasanya, kelenteng berada di kawasan Pecinan.

Selesai sembahyang, umat Khonghucu bisa menikmati suasana di Pecinan. Beberapa pengelola kelenteng juga menyajikan atraksi barongsai saat perayaan Imlek.

Tak hanya bagi umat Khonghucu, atraksi tersebut bisa dinikmati oleh semua warga, sehingga sikap kebersamaan sangat terasa saat perayaan Imlek. Selain itu, beberapa kelenteng juga menjadi tempat wisata, salah satunya Kelenteng Sam Poo Kong Semarang.

Beberapa kelenteng ternama di Indonesia antara lain, Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang (Surabaya), Vihara Tri Dharma Bumi Raya Kulor atau Kelenteng Thai Pak Kung (Singkawang), dan Vihara Dharma Bhakti (Glodok, Jakarta).

3. Festival lampion

Guna menyemarakkan perayaan Imlek, beberapa pengelola Pecinan dan kelenteng menggelar pesta lampion. Lampion berwarna merah menggantung rapi di jalan-jalan raya utama, sehingga suasana Imlek sangat terasa.

Salah satu kota yang rutin menggelar festival lampion adalah Solo, Jawa Tengah. Ribuan lampion berwarna merah tampak meriah menggantung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Gedhe.

Selain itu, ada lampion shio sesuai dengan tahun baru penanggalan China. Puncak festival lampion digelar pada hari ke-15 kalender bulan.

4.Taman Budaya Tionghoa di TMII

Lokasi ini merupakan taman yang dibangun dengan menyuguhkan konsep bernuansa khas China.

Taman Budaya Tionghoa berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di sisi timur yang diapit Wahana Pemancingan Telaga Mina dan Museum Perangko.

Mengutip situs Taman Mini, taman budaya ini dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar. Taman Budaya Tionghoa salah satu wahana yang dapat memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa suku Tionghoa merupakan bagian dalam sejarah dan budaya bangsa Indonesia.

Kompleks taman ini dilengkapi perkampungan kecil Tionghoa (pecinan), lengkap dengan segala pernak-perniknya. Warna merah dan kuning emas yang mendominasi hampir semua kawasan.

Terdapat juga fasilitas lain untuk menambah nuansa China, seperti gazebo, sepasang tiang naga, patung Dewi Bulan, patung Kwan Kong, jembatan batu Sampek Eng Tay, dan Museum Laksamana Ceng Ho.

5. Kampung China

Kampung China merupakan tempat wisata yang mengangkat tema budaya Tionghoa. Sekilas, lokasinya mirip Pecinan, tetapi dalam bentuk obyek wisata.

Mengutip Kompas.com, Kamis (01/02/2018), Kampung China berada di Kompleks Perumahan Kota Wisata (Kota Sejuta Pesona), Gunung Putri, Cibubur, Kabupaten Bogor.

Kampung China ini, dapat menjadi pilihan jika ingin menikmati wisata dengan suasana Imlek. Tempat wisata ini juga memiliki pasar yang menyediakan keperluan untuk menyambut Imlek.

Mulai dari topi China, kelengkapan barongsai, aneka mainan anak, aneka amplop angpau, tas-fashion, payung, kerajinan logam, hingga kerajinan batu bertemakan budaya China, semua ada di sana.

https://travel.kompas.com/read/2022/01/29/170500127/tempat-bernuansa-china-yang-pas-dikunjungi-saat-imlek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke