Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Resor dan Properti Lain di Nongsa Batam, Bisa Main Golf

KOMPAS.com - Uji coba skema perjalanan travel bubble Batam-Bintan-Singapura sudah dibuka mulai Senin (24/01/2022) lalu. Untuk wilayah Nongsa, Batam ada sekitar 12 properti tersedia, mulai dari resor hingga area golf.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (02/02/2022).

Menurut Buralimar, properti-properti di kawasan Nongsa Batam telah tersertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau jaminan bagi wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Semua properti ini berada dalam satu kawasan atau pulau khusus yang jauh dari jangkauan masyarakat.

"Wilayah Nongsa dan Lagoi itu eksklusif, jauh dari masyarakat. Jadi memang travel bubble berada di kawasan tertentu yang isinya properti untuk wisman saja. Tidak ada permukiman masyarakat," kata Buralimar, mengutip Kompas.com.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut resor yang disediakan untuk skema travel bubble di Nongsa.

Resor kelas premium dengan luas total 10 hektar di Batam ini memungkinkan wisatawan menikmati penginapan di puncak bukit dengan fasilitas kolam renang pribadi.

Berlokasi di Nongsa, resor ini hanya berjarak 35 menit dengan menaiki feri dari Singapura. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, pantai pribadi, pusat olahraga air, hingga fasilitas spa.

Batam View Beach Resort juga sangat dekat dengan berbagai lapangan golf seperti Tering Bay Golf, Palm Springs dan Tamarin Santana Golf.

Resor ini menyediakan berbagai jenis kamar mulai dari Superior Room seharga Rp 800.000 sampai villa dua kamar di atas Rp 1 juta.

Montigo Resort menawarkan pengalaman menginap di villa dengan fasilitas modern yang terbilang lengkap. Fasilitas tersebut di antaranya kasur luas, mini bar, kolam renang pribadi, sofa, dan berbagai perangkat hiburan.

Tak hanya menginap, wisatawan juga bisa mencoba berbagai fasilitas mulai dari spa, arena bermain anak, olahraga air seperti snorkeling, makan malam mewah, dan masih banyak lagi.

Melansir laman resmi Montigo Resort Nongsa, biaya vila satu kamar dibanderol mulai dari 225 Dollar Singapura atau Rp 2,3 juta.

Resor ini menawarkan penginapan dengan balkon pribadi yang langsung menghadap laut atau taman.

Turi Beach Resort memiliki 141 kamar dan suite, akses internet gratis, dua kolam renang outdoor, fasilitas olahraga dan rekreasi di laut, arena bermain anak, empat bar, spa, dan berbagai restoran.

Wisatawan dapat melihat Dermaga Turi sepanjang 220 meter yang merupakan satu-satunya dermaga terpanjang di Batam.

Mengutip laman resminya, biaya paling rendah menginap di resor ini adalah sekitar Rp 1 juta.

Resor yang didesain dengan sentuhan Mediterania ini dibangun di teluk kecil Nongsa, Pulau Batam. Berlokasi di tempat yang tenang, damai, dan dikelilingi suasana tropis.

Berbagai fasilitas seperti spa, kolam renang, area bermain golf, hingga olahraga air tersedia di sini. Beberapa di antara olahraga air tersebut adalah jet skiing, banana boat, wake boarding, snorkeling, parasailing, knee-boarding, dan masih banyak lagi.

Dari laman resmi Nongsa Point Marina, harga kamar per malam paling murah dibanderol mulai Rp 660.000.

5. Nongsa Village

Berjarak hanya 3,8 kilometer (km) dari Nongsa Pura Ferry Terminal, wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas di Nongsa Village.

Beberapa fasilitas termasuk kolam renang, restoran, dan fasilitas kamar, seperti balkon atau teras, coffee and tea maker, dapur, TV kabel, dan lain-lain.

Menurut situs Trip Advisor, penginapan vila berbentuk kayu ini harga per malamnya mulai dari Rp 1 juta.

Wisatawan yang datang melalui skema travel bubble ini juga bisa menikmati aktivitas di area golf, seperti:

6. Tamarin Santana Golf

Tamarin Santana Golf didesain oleh Jack Nicklaus, salah satu mantan pemain golf terbaik tingkat dunia dari Amerika Serikat.

Area ini memiliki luas sekitar 60 hektar dengan sembilan lubang. Meski lubangnya hanya sedikit, medannya cukup menantang baik bagi seorang pemula maupun profesional.

Padang golf Tamarin Santana merupakan salah satu yang menjadi favorit wisatawan. Lapangan golf ini dikelola dan diakomodasi oleh Nongsa Point Marina & Resort dan Turi Beach Resort.

7. Palm Springs Golf & Country Club

Menurut laman resminya, Palm Springs Golf & Country Club merupakan Golf Resort perdana di Batam.

Tempat milik Sinar Mas Land Ltd ini selesai dibangun pada1995 dengan total 27 lubang. Pada 2002, Palm Springs merekonstruksi dan mendesain ulang area ini, menjadikannya salah satu tempat golf paling menantang di Asia Tenggara.

Perancangnya adalah Larry Nelson dan IMG (International Management Group) yang terkenal di dunia. Area golf ini juga memiliki pemandangan indah pantai Nongsa serta gedung pencakar langit Singapura.

8. Tering Bay Golf & Country Club

Lapangan di Tering Bay Golf ini dibuat oleh salah satu profesional dan selebriti golf terkemuka dunia bernama Greg Norman.

Berlokasi seluas 167 hektar, area ini terletak di tengah perbukitan, tanaman hijau tropis yang rimbun, dan danau asli.

Melansir laman resminya, Tering Bay disebutkan menjadi salah satu lapangan golf yang menantang.

Selain resor dan area golf, wisatawan yang datang lewat skema travel bubble dapat mengunjungi properti lain, yaitu:

9. Nongsa Pura Ferry Terminal

Terminal internasional ini masuk dalam kategori terminal khusus yang dikelola oleh PT. Nongsa Terminal Bahari.

Pelabuhan ini melayani kapal dengan destinasi Tanah Merah, Singapura dan dipakai untuk mengangkut turis asing yang akan menginap di resor-resor mewah di kawasan Nongsa serta bermain golf. 

10. Batam Fast Ferry Nongsa

Selanjutnya, ada Batam Fast Ferry yang didirikan pada 1985. Saat ini, ada sekitar 26 feri yang tersedia dan beroperasi dengan 80 jadwal keberangkatan.

Mengutip laman resminya, wisatawan bisa menaiki feri mewah dalam waktu 45 sampai 70 menit perjalanan dari Singapura menuju Batam dan sebaliknya.

11.  Nongsa Digital Park

Nongsa Digital Park (NDP) merupakan taman digital terintegrasi di Nongsa, Batam. Orang-orang dapat bekerja di kantor modern dan ramah lingkungan serta memiliki ekosistem yang dirancang sebagai jembatan digital antara Indonesia dan Singapura.

Beberapa fasilitas yang tersedia di sini adalah ruang rapat, kantin, pusat pembelajaran, area resor, terminal feri, dan masih banyak lagi. 

12. Infinite Studio

Studio film dan animasi Citramas Group yang bernama Infinite Studios merupakan cikal bakal hadirnya ekosistem kreatif di Nongsa, mengutip Kompas.com. 

Perusahaan yang dimulai sejak 2004 ini merupakan studio animasi pertama dan terbesar di Indonesia, dengan 400 pekerja animasi yang mengerjakan proyek bergengsi di skala internasional.

Pada 2013, menyusul pembuatan studio film untuk produksi film lokal dan internasional. Ekosistem teknologi dan kreatif yang dimulai oleh Infinite Studios terus berkembang hingga saat ini.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/03/202900527/12-resor-dan-properti-lain-di-nongsa-batam-bisa-main-golf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke