Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Main ke Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Bolen Tempe

SALATIGA, KOMPAS.com - Makanan berbahan baku tempe selama ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, orek, atau dicampur dengan bahan lain.

Namun, di tangan warga Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, bernama Umi Jamilah, tempe diolah menjadi makanan kekinian hingga menjadi ikon desa wisata andalan Kota Salatiga itu.

Semua berawal dari tahun 2015 saat Tingkir Lor ditetapkan menjadi desa wisata. Umi yang menyewakan rumahnya menjadi homestay sering ditanya para tamu mengenai penganan khas untuk oleh-oleh.

"Kalau oleh-oleh Salatiga memang sudah banyak dikenang, seperti enting-enting gepuk, tapi yang khas Tingkir Lor belum ada (saat itu)," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Saat itu, dia memikirkan penganan yang khas dan bisa menjadi andalan Tingkir Lor. Umi yang melihat banyak tetangganya menjadi pembuat tempe, bermaksud mengolah makanan berbahan kedelai tersebut. Ia lalu mencari referensi, hingga membuat tempe cokelat.

Tempe cokelat yang diproduksi sejak 2016 tersebut memiliki empat rasa. Ada tempe cokelat rasa original, cokelat tempe putih, cokelat tempe susu, dan cokelat tempe green tea. Harga jualnya Rp 6.000 per bungkus.

Setelah produk tempe cokelat bisa diterima oleh tamu di Desa Wisata Tingkir Lor, dia mulai memproduksi makanan olahan lain berbahan baku tempe.

"Ada rolade tempe, tempe bakso, gembus bakso, dan lain-lain. Bentuknya frozen food, sehingga awet," paparnya.

Bolen tempe sedang booming

Umi mengungkapkan, kreasi lain yang sedang booming saat ini adalah bolen tempe. Satu paket isi lima bolen, harganya Rp 12.000. Rasa yang tersedia original dan cokelat.

Menurut Umi, bolen tempe bisa dikatakan sebagai karya asli, sehingga dia akan mengajukan produk tersebut untuk memperoleh hak paten.

Dia menjelaskan, proses pembuatan bolen tempe tidak terlalu sulit. Rasa tempe tidak terlalu terasa karena dibuat selai. Rasanya menjadi unik, tetapi tidak meninggalkan khasnya tempe.

Proses pembuatan makanan olahan tempe yang unik, lanjutnya, menarik masyarakat untuk belajar secara langsung. Beberapa siswa sekolah secara berkala mendatangi.

"Hari ini ada siswa taman kanak-kanak yang belajar membuat cokelat tempe, mulai dari proses pencairan, pencetakan, dan pengemasan," kata Umi.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/04/090900127/main-ke-desa-wisata-tingkir-lor-salatiga-jangan-lupa-beli-oleh-oleh-bolen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke