Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pesan Tiket Online Kebun Binatang Ragunan Terbaru, Wajib Tahu

KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu obyek wisata keluarga di Jakarta Selatan.

Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tak heran, banyak warga ibu kota dan sekitarnya memilih berlibur ke kebun binatang ini pada akhir pekan.

Selain itu, area kebun binatang yang terbuka dengan pepohonan hijau menjadi pilihan tepat untuk berlibur pada masa pandemi Covid-19.

Akan tetapi sebelum berkunjung ke Ragunan, wisatawan wajib mendaftar untuk mendapatkan secara online.

Cara beli tiket online Ragunan

Lantas, bagaimana cara pesan tiket Kebun Binatang Ragunan secara online? Berikut tahapan lengkapnya.

Pertama, wajib mendaftar secara online pada H-1 sebelum kunjungan, melalui link bit.ly/PesantiketTMR.

Misalnya, kamu ingin berlibur ke Ragunan pada Sabtu (05/02/2022), maka wajib mendaftar secara online pada Jumat (04/02/2022).

Selanjutnya, pengunjung mengisi data yang dibutuhkan meliputi nama, nomor KTP, email, nomor handphone, dan pernyataan sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, pengunjung juga mengisi jumlah rombongan yakni maksimal lima orang untuk satu pendaftaran. Apabila rombongan kamu lebih dari lima orang, maka wajib mendaftar terpisah.

Terakhir, pengunjung diminta menyertakan informasi kendaraan pribadi yang dibawa, atau tidak membawa kendaraan pribadi.

Setelah kelengkapan data terkirim, bukti pendaftaran akan dikirim ke alamat email yang didaftarkan sebelumnya. Email bukti pendaftaran tidak langsung terkirim, jadi pengunjung harus menunggu beberapa saat.

Pada hari H kunjungan (sesuai yang tercantum dalam bukti pendaftaran), tunjukkan bukti pendaftaran, KTP terdaftar, sertifikat vaksin Covid-19, dan pindai aplikasi PeduliLindungi di loket masuk Ragunan.

Perlu diketahui, pembayaran tiket masuk Ragunan hanya menggunakan Kartu Jakcard. Jadi, pengunjung bisa mengisi saldo (top up) Kartu Jakcard untuk melakukan transaksi pembayaran.

Bagi yang belum memiliki Kartu Jakcard, harap tenang. Semua loket Ragunan menyediakan pembelian Jakcard. Pengunjung bisa melakukan top up saldo sekaligus di loket-loket yang tersedia.

Syarat dan ketentuan wisata ke Ragunan

Selain tata cara pendaftaran tiket secara online, pengunjung juga wajib memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Khususnya, aturan pada saat pandemi Covid-19 agar liburan kamu nyaman dan aman.

Pertama, jumlah pengunjung maksimal adalah 25 persen dari kapasitas per hari, mulai dari Selasa sampai Minggu. Untuk diketahui, Kebun Binatang Ragunan tutup pada Senin.

Selanjutnya, formulir pendaftaran hanya dapat digunakan sesuai tanggal dan jam yang tercantum dalam formulir pendaftaran. Jadi, pastikan kamu mendaftar pada H-1 sebelum kunjungan, serta cek ulang tanggal dan jam kunjungan.

Pelayanan verifikasi pendaftaran online di loket mulai pukul 07.00-14.30 WIB. Sedangkan, jam operasional kunjungan mulai pukul 07.00-15.00 WIB.

Untuk catatan, waktu operasional Ragunan dapat berubah tanpa pemberitahuan lebih lanjut pada keadaan tertentu.

Bagi pengunjung yang membawa mobil dan motor, berlaku sistem ganjil genap di Kebun Binatang Ragunan. Jadwal sistem ganjil-genap yakni pada Jumat pukul 12.00-14.30 WIB dan Sabtu sampai Minggu pukul 07.00-14.30 WIB.

Pihak pengelola Kebun Ragunan kembali menegaskan bahwa transaksi tiket masuk tetap menggunakan Kartu Jakcard seperti yang disampaikan sebelumnya.

Selain itu, pengunjung wajib memindai kode batang di aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk dan keluar lokasi. Kebun Binatang Ragunan hanya terbuka bagi pengunjung yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, minimal dosis pertama.

Selama berada di obyek wisata, pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, meliputi menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menerapkan jaga jarak.

Saat ini, Kebun Binatang Ragunan terbuka bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta dan luar KTP DKI Jakarta. Sebelumnya, kunjungan pernah dibatasi hanya bagi warga KTP DKI Jakarta saat kasus covid-19 mengalami kenaikan.

Selain itu, tidak ada batasan usia kunjungan. Ibu hamil juga diperbolehkan masuk ke area Kebun Binatang Ragunan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan berhak untuk mengubah, menyesuaikan, menambah, atau menghapus salah satu syarat dan ketentuan.

Pihak pengelola juga berhak untuk mengubah, menangguhkan atau menghentikan setiap aspek dari pendaftaran online. Syarat dan ketentuan tersebut dapat berubah menyesuaikan kondisi di lapangan, khususnya perkembangan pandemi Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/04/123200127/cara-pesan-tiket-online-kebun-binatang-ragunan-terbaru-wajib-tahu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke