Salin Artikel

10 Kereta Tercepat di Dunia, Ada yang Melayang di Atas Lintasan

KOMPAS.com - Industri kereta cepat berkembang sangat pesat di beberapa negara. Kereta dipandang sebagai alat transportasi umum yang efektif, karena mampu mengangkut banyak penumpang dalam sekali perjalanan.

Mengutip CNN, Jumat (04/02/2022), Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) Perancis merupakan pelopor kereta cepat di dunia.

Namun, dalam satu dekade terakhir, China menjadi pemimpin pada industri ini dengan pembangunan jaringan kereta baru sepanjang 38.000 kilometer (km), yang menjangkau hampir setiap sudut negara.

Sejak 1980-an, ratusan miliar dolar AS telah diinvestasikan dalam industri kereta cepat di seluruh Eropa dan Asia. Tak hanya tiga negara di atas, Spanyol, Jerman, Italia, Belgia, dan Inggris ikut memperluas jaringan kereta api cepat.

Pada 2018, Afrika mempunyai kereta cepat pertamanya yang menghubungkan yaitu Al-Boraq. Kereta cepat ini menghubungkan kota di barat laut Tangier dengan Kasablanka, Maroko.

Selain itu, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Taiwan juga telah memiliki kereta cepat untuk menghubungkan kota-kota di negara tersebut. Sementara, India, Thailand, dan Indonesia sendiri tengah mengembangkan proyek kereta cepat.

Dari sejumlah kereta cepat di dunia, beberapa diantaranya memiliki kecepatan tertinggi. Kereta tersebut telah beroperasi di negaranya masing-masing.

Kereta penumpang tercepat di dunia adalah Shanghai Maglev di China. Uniknya, kereta cepat ini beroperasi dengan melayang karena menggunakan teknologi levitasi magnetik (magnetic levitation/maglev), bukan roda yang menempel pada rel.

Kereta tercepat di dunia ini menghubungkan Bandara Pudong Shanghai dengan stasiun Longyang Road.

Kereta yang baru debut pada pertengahan 2021 ini memiliki kecepatan komersial maksimal 460 kilometer per jam (km/jam).

Dengan kecepatan itu di Indonesia, maka perjalanan dari DKI Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari satu jam saja.

Kereta tercepat ini menggunakan teknologi maglev asal Jerman. Teknologi ini memungkinkan penumpang merasakan perjalanan terbang di atas lintasan secara mulus alias bebas gesekan.

Saat ini China tengah mengembangkan kereta cepat teknologi maglev yang bisa melaju hingga 600 km/jam.

Kereta komersial tercepat di dunia selanjutnya masih berasal dari China, yakni CR400 Fuxing. Kereta terjadwal ini memiliki kecepatan maksimal 350 km/jam.

Namun, saat pengujian lintasan CR400 Fuxing berhasil mencapai kecepatan 420 km/jam. Kereta ini dikembangkan berdasarkan teknologi Eropa dan Jepang.

CR400 Fuxing terdiri dari 16 gerbong, dengan kapasitas penumpang maksimal 1.200 orang.

Tak hanya cepat, CR400 Fuxing memiliki fitur-fitur lengkap mulai dari hiburan di kursi penumpang, pengisian daya nirkabel, teknologi smart kabin dan smart glass, serta desain yang dapat menyesuaikan dengan cuaca ekstrim.

Selain itu, kereta ini mampu beroperasi otomatis alias operasi tanpa awak yang merupakan satu-satunya di dunia untuk kereta cepat. Jenis CR400 tercepat saat ini digunakan untuk melayani penumpang pada rute utama yakni Beijing-Shanghai-Hong Kong dan Beijing-Harbin.

Ular besi ini mengurangi waktu tempuh Cologne-Frankfurt sepanjang 180 km dari dua jam 30 menit menjadi hanya 62 menit sejak 2002.

Saat uji coba, ICE3 mampu mencapai kecepatan maksimum yakni 368 km/jam. Kunci kecepatan ICE3 adalah 16 motor listrik yang ditempatkan pada delampan gerbongnya, sehingga menghasilkan setara 11.000 tenaga kuda yang sangat besar.

Armada ICE3 beroperasi di seluruh Jerman. Kereta cepat ini juga melayani rute internasional, yang menghubungkan kota-kota besar Jerman dengan Paris, Amsterdam, dan Brussel.

Kereta tercepat di dunia selanjutnya ada di Perancis, yakni Train a Grand Vitesse ( TGV). Prancis memegang rekor kereta cepat tercepat di dunia yakni 574,8 km/jam pada 3 April 2007 lalu saat uji coba.

Namun, kereta tercepat TGV berjadwal saat ini memiliki di kecepatan 320 km/jam. Kereta cepat TGV ini melayani rute Paris ke Lyon, Marseille, Bordeaux, Nantes, Strasbourg, Lille, Brussel, dan London.

Industri kereta cepat di Perancis memang tumbuh paling pesat di Eropa. Jaringan kereta cepat di Perancis telah melampaui perbatasan yang menghubungkan dengan negara-negara tetangga.

Selain itu, Prancis berhasil mengekspor kereta cepat ke Spanyol, Korea Selatan, Taiwan, Maroko, Italia, dan Amerika Serikat selama 30 tahun terakhir.

Jepang telah memperkenalkan konsep kereta cepat pada 1964 dan terus menjadi pemimpin global. Kereta cepat besutan Jepang yang sangat tersohor adalah Shinkansen.

Namun, kereta tercepat di Jepang adalah jenis E5 dari Japan Railways East (JR East). Kereta peluru ini mampu melaju hingga 320 km/jam melebihi rata-rata kecepatan Shinkansen, yakni 300 km/jam.

JR East E5 melayani rute berjadwal ke wilayah utara, yakni dari Tokyo hingga Shin-Aomori. Kereta cepat ini digerakkan menggunakan 32 motor induksi listrik yang menghasilkan setara 12.900 tenaga kuda.

JR East E5 dibuat menggunakan paduan aluminium ringan, sehingga memiliki kemampuan untuk melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi. Moncong kereta didesain berbentuk panjang sehingga dapat memasuki terowongan dengan kecepatan tinggi.

Kereta yang diluncurkan pada 2011 ini memiliki rute melewati Terowongan Seikan, terowongan sepanjang 54 km yang berada bawah laut tepatnya Selat Tsugaru.

Mengutip Reuters, Al-Boraq merupakan kereta tercepat di Afrika. Kereta yang diresmikan pada 2018 ini memiliki kecepatan 320 km/jam pada operasional berjadwal.

Namun, saat uji coba Al-Boraq mampu meluncur hingga kecepatan 357 km/jam. Kereta cepat ini menghubungkan pusat bisnis dan industri di Kasablanca hingga Tangier.

Proyek pengadaan Al-Boraq menelan dana hingga 22,9 miliar dirham atau 2,4 miliar dolar AS. Proses pembangunan jalur kereta cepat Al-Boras membutuhkan waktu selama tujuh tahun hingga resmi beroperasi.

Spanyol bergabung dalam industri kereta cepat pada 1992 dengan mengadopsi teknologi TGV yang diimpor dari PErancis.

Sejak itu, Spanyol mengembangkan teknologi dan jaringan kereta super cepat yang menyebar dari Madrid ke Seville, Malaga, Valencia, Galicia, dan Barcelona.

Kereta tercepat produksi Spanyol adalah Alta Velocidad Espana (AVE) seri S-102 Talgo dan S-103 Velaro. Seri Velaro merupakan pengembangan dari ICE3 Jerman.

Seri Velaro memiliki kecepatan maksimal 350 km/jammph dengan kapasitas tempat duduk 404 orang. Namun, Velaro pernah mencapai rekor kecepatan hingga 404 km/jam pada Juli 2006.

Tak mau kalah dengan negara-negara tetangga, Korea Selatan (Korsel) memiliki salah satu kereta tercepat di dunia, yakni KTX.

Kereta cepat KTX memiliki kecepatan maksimum hingga 330 km/jam. Namun, rata-rata kecepatan pada operasional berjadwal adalah 305 km/jam.

Industri kereta cepat di Korsel mulai dirintis pada 2004, dimulai dengan KTX rute Seoul-Busan.

KTX generasi pertama mengadopsi teknologi TGV Prancis, yang kemudian dikembangkan oleh ahli perkeretaapian Negeri Gingseng.

KTX menjadi angkutan massal di Koresel dengan dua keberangkatan setiap jam di rute utama serta memiliki 20 gerbong. Kereta cepat ini menghubungkan Seoul dengan Gwangju, Mokpo, Yeosu, dan Gangneung.

Mengutip Travel and Leisure, kereta cepat asal Italia ini dikenal dengan nama Frecciarossa.

Meskipun kecepatan rata-rata Frecciarossa yakni 299-305 km/jam, namun kereta cepat ini pernah mencapai kecepatan maksimal 393,8 km/jam pada 2016.

Kereta cepat ini melintasi rute-rute kota ternama di Italia seperti Milan, Florence, Roma, dan Venesia.

Mengutip Reuters, kereta cepat Haramain High Speed Railway diluncurkan pada 2018 lalu. Proyek kereta cepat ini menelan dana hingga 7,87 miliar dolar AS.

Seperti namanya, kereta cepat ini menghubungkan dua kota suci di Arab Saudi yakni Makkah dan Madinah. Kehadiran kereta cepat ini merupakan upaya diversifikasi pendapatan Arab Saudi dari sektor pariwisata, karena negara tersebut berusaha untuk melepaskan ketergantungan pada ekspor minyak.

Dengan jalur kereta cepat sepanjang 450 km, Haramain High Speed Railway ditargetkan bisa melayani hampir 60 juta penumpang setiap tahun.

Utamanya adalah rombongan jamaah haji dan umrah yang tiap tahun mendatangi Makkah dan Madina.

  • 7 Fakta Menarik Seputar Masjidil Haram di Arab Saudi
  • Alasan Jemaah Umrah Asal Indonesia Disukai Masyarakat Arab Saudi

https://travel.kompas.com/read/2022/02/04/170500327/10-kereta-tercepat-di-dunia-ada-yang-melayang-di-atas-lintasan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

3 Tempat Wisata di West Kowloon Hong Kong, Bisa Lihat 900 Artefak Kuno

3 Tempat Wisata di West Kowloon Hong Kong, Bisa Lihat 900 Artefak Kuno

Jalan Jalan
Gembox, Pasar Malam dan Tempat Nongkrong Baru di Malaysia

Gembox, Pasar Malam dan Tempat Nongkrong Baru di Malaysia

Jalan Jalan
Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022 Versi World Airline Awards

Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022 Versi World Airline Awards

Travel Update
Geopark Meratus Siapkan Geosite Menuju UNESCO Global Geopark

Geopark Meratus Siapkan Geosite Menuju UNESCO Global Geopark

Travel Update
Korea Selatan Longgarkan Aturan Masker di Luar Ruangan

Korea Selatan Longgarkan Aturan Masker di Luar Ruangan

Travel Update
Hong Kong Hapus Karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Hong Kong Hapus Karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Travel Update
Bandara Sam Ratulangi Siap Layani Rute Manado-Bali Per Oktober 2022

Bandara Sam Ratulangi Siap Layani Rute Manado-Bali Per Oktober 2022

Travel Update
Kunjungan Turis Eropa di DIY Makin Naik, Promosi Makin Digencarkan

Kunjungan Turis Eropa di DIY Makin Naik, Promosi Makin Digencarkan

Travel Update
Tiket Pesawat Mahal, Tren Tunjukkan Wisatawan Lebih Pilih Beli Paketan

Tiket Pesawat Mahal, Tren Tunjukkan Wisatawan Lebih Pilih Beli Paketan

Travel Update
Wisata Edukasi TPA Talangagung, Lihat Pengelohan Gas Metana Jadi Bahan Bakar Kompor

Wisata Edukasi TPA Talangagung, Lihat Pengelohan Gas Metana Jadi Bahan Bakar Kompor

Jalan Jalan
Aturan Snorkeling di Karimunjawa, Jangan Pegang Biota Laut

Aturan Snorkeling di Karimunjawa, Jangan Pegang Biota Laut

Travel Tips
Sport Tourism di Malang Raya Jadi Bidikan Gubernur Jatim Khofifah

Sport Tourism di Malang Raya Jadi Bidikan Gubernur Jatim Khofifah

Travel Update
Thailand Akhiri Darurat Covid-19 Per 30 September 2022, Ini Syarat Masuk ke Sana

Thailand Akhiri Darurat Covid-19 Per 30 September 2022, Ini Syarat Masuk ke Sana

Travel Update
Virtual Tourism Diperlukan untuk Gaet Pasar Wisata Halal di Indonesia

Virtual Tourism Diperlukan untuk Gaet Pasar Wisata Halal di Indonesia

Travel Update
Asyiknya Membaca di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Jakarta yang Baru Direvitalisasi

Asyiknya Membaca di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Jakarta yang Baru Direvitalisasi

Jalan Jalan
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.