Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Pantai di Jepara, Bisa untuk Nikmati Sunset

KOMPAS.com - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terkenal sebagai kota ukir karena banyak penduduk yang berprofesi sebagai perajin ukiran kayu. Bahkan, popularitas seni ukir Jepara telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Tak hanya Kota Ukir, Jepara juga memiliki barisan pantai yang indah. Beberapa di antaranya, memiliki pasir putih seperti pantai-pantai di Bali atau tempat lainnya yang punya pantai cantik.

Keindahan pantai-pantai di Jepara mampu menarik kunjungan wisatawan, baik domestik maupun asing. Berikut, tujuh pantai Jepara yang memukau wisatawan.

Pantai Kartini merupakan ikon Kabupaten Jepara. Namanya, mengingatkan kita kepada tokoh yang memperjuangkan emansipasi perempuan kelahiran Jepara, RA. Kartini.

Mengutip situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, obyek wisata ini terletak 2,5 kilometer (km) dari Pendopo Kabupaten Jepara.

Suasana di sekitar pantai cukup sejuk, sehingga sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.

Pengunjung bisa melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menikmati terpaan angin laut. Di sekitar Pantai Kartini, terdapat deretan toko suvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan.

Kawasan seluas 3,5 hektar ini, merupakan kawasan strategis karena menyediakan jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Kawasan Pantai Kartini memiliki akuarium raksasa yakni Kura-kura Ocean Park.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/04/2021), akuarium raksasa tersebut menampilkan koleksi satwa laut seperti ikan hiu, penyu sisik, pari, kakap, kerapu, buntal, serta jenis ikan lokal dari Kepulauan Karimunjawa.

Pengunjung bisa mencoba terapi ikan garra rufa yang didatangkan langsung dari Turki. Adapula ruang teater yang memutar film tentang kehidupan laut berdurasi 30 menit.

Pantai di Jepara selanjutnya adalah Pantai Tirto Samudro atau lebih dikenal dengan nama Pantai Bandengan. Letaknya, kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota.

Mengutip situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, Pantai Bandengan memiliki pasir putih dan air laut jernih. Pesonanya, tak kalah dengan pantai-pantai di Bali.

Obyek wisata seluas 16 hektar ini memiliki wahana komplit yang bisa dinikmati pengunjung. Misalnya, jetski, banana boat, kano, ATV, dan kapal wisata berkapasitas 30 orang menuju Pulau Panjang .

Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berkemah, voli pantai, sepeda santai, atau kegiatan lainnya. Pengunjung dari luar kota tak perlu khawatir, sebab Pantai Bandengan menyediakan sejumlah penginapan baik di dalam area pantai, maupun luar pantai.

Jadi, wisatawan bisa menginap di dekat pantai untuk menikmati panorama matahari terbit dan terbenam.

Keindahan pantai di Kepulauan Karimunjawa pastinya tak perlu diragukan lagi.

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (08/09/2021), gugusan pulau ini terdiri dari 27 pulau, dengan lima pulau di antaranya sudah berpenghuni.

Wisatawan bisa menikmati pilihan wisata darat atau wisata laut di Kepulauan Karimunjawa.

Bagi wisatawan yang memilih wisata darat, dapat mengunjungi pantai berpasir putih, yakni Pantai Bobi, Pantai Tanjung Gelam, dan Pantai Anora.

Panorama pantai-pantai tersebut tidak kalah bagusnya dengan pantai di Pulau Bali.

Wisatawan juga mengunjungi Monumen Karimunjawa atau Bukit Love. Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai Karimunjawa.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman bermain di laut, maka dapat mengunjungi Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil. Kedua pulau ini memiliki terumbu karang dan sejumlah biota laut.

Kedua pulau ini dikenal sebagai spot snorkeling. Wisatawan dapat melihat terumbu karang beragam warna, mulai dari putih hingga keemasan.

Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa, wisatawan dapat menyeberang dari Pelabuhan Kartini di Pantai Kartini.

Ada dua pilihan transportasi, yakni kapal cepat dengan estimasi waktu perjalanan sekitar dua jam dan kapal feri dengan waktu tempuh empat hingga lima jam.


4. Pantai di Pulau Panjang

Serupa dengan Kepulauan Karimunjawa, wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai di Pulau Panjang harus menyeberang terlebih dulu. Namun, jaraknya lebih dekat yakni 2,5 kilometer.

Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih dan air laut bersih. Ciri khas Pulau Panjang adalah Dermaga Cinta yang menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto.

Pantai di Pulau Panjang memiliki terumbu karang sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling bagi pengunjung. Selain pantai, Pulau Panjang memiliki hutan tropis nan asri di bagian tengah pulau.

Destinasi pantai Jepara selanjutnya adalah Pantai Teluk Awur yang masih berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Kartini.

Lokasinya berada di Desa Telukawur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Mengutip TribunJateng, Minggu (11/03/2018), saat akhir pekan, pantai ini dipadati pengunjung. Umumya, pengunjung sengaja memilih waktu menjelang senja untuk menikmati momen matahari terbenam di Pantai Teluk Awur.

Deburan ombak di Pantai Teluk Awur tidak begitu besar. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir putih.

Mengutip situs Tourism Information Center (TIC) Jepara, Pantai Blebak memiliki pasir putih, pepohonan, serta tambak-tambak ikan dan udang milik warga.

Tambak-tambak tersebut masih dibudidayakan secara tradisional khas pesisir pantai sehingga menjadi pemandangan menarik bagi pengunjung.

Karena dekat dengan kawasan penduduk, wisatawan juga bisa melihat berbagai aktivitas nelayan lainnya dan membeli hasil laut langsung dari nelayan.

Pantai Blebak juga memiliki kawasan mangrove atau bakau yang dikelola warga secara swadaya. Tak lengkap jika berkunjung ke pantai ini tanpa menikmati panorama matahari terbenam.

Tersedia sejumlah fasilitas bagi pengunjung, misalnya perahu Sapta Pesona, becak air, area playground, gazebo, mushola, dan lainnya.


7. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk merupakan tujuan favorit wisatawan yang ingin mencicipi kuliner laut serta masakan khas Jepara. Lokasinya berada di Mororejo, Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Mengutip TribunNews Wiki, Minggu (08/09/2021), daya tarik dari Pantai Pungkruk ini adalah Gazebo Atap Wuwungan atau rumah tradisional Joglo yang berada di atas air laut.

Gazebo ini dapat dipakai sebagai lokasi kuliner untuk menikmati masakan khas Jepara, sembari menikmati pemandangan laut biru.

Menu andalannya yaitu ikan bakar dan pindang serani khas Jepara. Pantai Pungkruk berjarak kurang lebih tujuh kilometer dari pusat kota.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/06/161147527/7-pantai-di-jepara-bisa-untuk-nikmati-sunset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke