Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Wisata di Jepara Selain Pantai, Ada Air Terjun dan Hutan Lindung

KOMPAS.com- Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terkenal akan wisata pantai berpasir putih. Mulai dari Pantai Kartini hingga gugusan pantai di Kepulauan Karimunjawa.

Namun, ternyata Kota Ukir ini masih menyimpan tempat wisata lainnya selain pantai. Mayoritas wisata di Jepara, selain pantai, masih terdiri dari wisata alam seperti air terjun, bukit, dan danau.

Jadi, wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisata selain pantai di Jepara dapat mengunjungi delapan pilihan wisata berikut ini:

1. Air Terjun Jurang Nganten

Air terjun ini berada di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Jepara. Lokasinya 17 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Alun-alun Jepara.

Tinggi Air Terjun Jurang Nganten kurang lebih 50 meter. Tempat wisata ini menawarkan panorama pegunungan, sungai, dan sawah.

Konon, nama Air Terjun Jurang Nganten diambil dari legenda sepasang kekasih yang menikah tanpa restu orangtua. Lalu, keduanya pergi dari desa menggunakan andong yang ditarik kerbau.

Sayangnya, saat melintasi sungai, keduanya jatuh ke jurang yang kini menjadi lokasi Air Terjun Jurang Nganten.

Desa Wisata Tempur terletak di lereng Gunung Muria, yang merupakan desa tertinggi di Kabupaten Jepara.

Dikutip dari Tourism Information Center (TIC) Jepara, Desa Wisata Tempur masuk wilayah Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Jaraknya kurang lebih 50 kilometer dari pusat kota.

Desa Wisata Tempur dikelilingi gunung. Aliran sungai di desa ini berasal dari sumber mata air Gunung Muria.

Produk unggulan dari Desa Wisata Tempur adalah Kopi Tempur yang sudah diekspor ke luar negeri. Selain kopi, desa tempur juga mempunyai buah unggulan, yaitu salak.

3. Bukit Bejagan

Masih berada di kawasan Dewa Wisata Tempur, terdapat bukit dengan pemandangan alam, yakni Bukit Bejagan.

Mengutip Tribun Jateng, Kamis (28/10/2021), Bukit Bejagan memiliki banyak spot foto berlatar belakang alam, salah satunya Desa Wisata Tempur.

Spot foto di Bukit Bejagan merupakan inisiatif pemuda setempat. Sayangnya, kondisi jalan ke Bukit Bejagan belum beraspal, sehingga wisatawan harus berhati-hati.

Hutan Wisata Sreni Indah merupakan kawasan hutan lindung yang dipenuhi berbagai jenis tanaman pinus.

Mengutip Kompas.com, Rabu (26/08/2021), Hutan Wisata Sreni terletak di Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Lokasinya 27 kilometer dari Alun-alun Jepara dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Hutan lindung ini berada di lereng Pegunungan Muria dan memiliki berbagai spot foto, seperti gardu pandang dan rumah pohon.

Beberapa fasilitas yang disediakan di Hutan Wisata Sreni Indah meliputi warung makan, warung kopi, dan tempat bermain anak-anak.

Kabupaten Jepara juga memiliki wisata buatan yang menawarkan pengalaman seru bagi pengunjung, yakni Jepara Ourland Park. Taman hiburan serta wahana air ini juga dikenal dengan nama Jepara Ocean Park.

Mengutip situs Jepara Ourland Park, obyek wisata ini mengusung tema Eropa dan Timur Tengah. Jepara Ourland Park memiliki 36 wahana seluncur air yang dapat dinikmati pengunjung.

Obyek wisata seluar 11 hektare ini mampu menampung 20.000 pengunjung.

Lokasinya dekat dengan Pantai Mororejo, Kabupaten Jepara, sehingga obyek wisata ini juga menawarkan paket wahana air serta olahraga air di pantai. Di antaranya banana boat dan jetski.

5. Danau Blingoh

Danau Blingoh dulunya merupakan lokasi bekas galian tambang. Lubang bekas tambang tersebut membentuk kubangan yang berisi air hujan, sehingga jadilah Danau Blingoh.

Air Danau Blingoh bewarna biru tosca. Sekilas, mengingatkan wisatawan pada Danau Kaolin di Bangka Belitung yang juga berasal dari lubang bekas tambang.

Lokasi Danau Blingoh berada di desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Danau ini dikelilingi perbukitan sehingga membuat obyek wisata ini Instagramable.

Namun, wisatawan yang berkunjung harus berhati-hati mengingat danau ini merupakan bekas galian tambang.

7. Udara Yoga

Udara Yoga merupakan tempat wisata buatan yang mengangkat konsep perkampungan di Bali.

Mengutip TribunNews, Minggu (17/03/2019), obyek wisata ini dulunya adalah kandang kuda. Selanjutnya, oleh sang pemilik, disulap menjadi obyek wisata dengan suasana Bali.

Udara Yoga berlokasi di Dusun Jokosari, Ngabul, Jepara, Jawa Tengah. Tempatnya dikelilingi pepohonan rindang. 

Sang pemilik sengaja mendatangkan sejumlah furnitur dari Bali agar suasana Pulau Dewata terasa di obyek wisata ini.

Selama berada di tempat ini, pengunjung bisa menaikki kuda. 

Tak lengkap rasanya datang ke Jepara tanpa mengunjungi Museum R.A. Kartini yang merupakan Pahlawan Kemerdekaan Nasional. 

Mengutip Kompas.com, Rabu (26/08/2021), museum ini sudah berdiri sejak 30 Maret 1975. Lokasinya di pusat Kota Jepara, yakni Jalan Alun-Alun Nomor 1 Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Di dalam museum, pengunjung bisa melihat peninggalan R.A. Kartini, antara lain mesin jahit, foto keluarga, dan andong. Barang bersejarah tersebut bisa menjadi edukasi bagi keluarga.

Musem ini terbagi menjadi empat ruang koleksi. Ruang pertama berisi peninggalan R.A. Kartini, ruang kedua berisi benda-benda Jepara kuno, ruang ketiga berisi pengobatan Dar Oes Salam, dan ruang keempat berisi kerajinan terkenal dari Jepara.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/07/123100127/8-wisata-di-jepara-selain-pantai-ada-air-terjun-dan-hutan-lindung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke