Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aturan Bagasi Pesawat Citilink 2022, Cek Tarif Kelebihan Bagasi Per Kg

KOMPAS.com - Citilink adalah maskapai penerbangan bertarif rendah alias low cost carrier (LCC), sekaligus anak perusahaan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Maskapai berciri khas warna hijau ini mayoritas menyediakan rute penerbangan domestik yang menghubungkan kota-kota di Indonesia. Serupa dengan maskapai lainnya, Citilink memiliki aturan terkait bagasi pesawat.

Berikut, aturan bagasi pesawat Citilink Indonesia 2022 yang patut disimak sebelum terbang.

Batas bagasi gratis Citilink

Mengutip situs web resmi Citilink Indonesia, setiap penumpang mendapatkan kuota bagasi gratis (free baggage allowance) maksimal 20 kilogram (kg) untuk penerbangan domestik.

Sementara itu, kuota bagasi gratis untuk pesawat jenis ATR72-600 sebesar 10 kilogram per penumpang.

Serupa dengan maskapai lainnya, Citilink Indonesia akan mengenakan tarif tambahan untuk kelebihan bagasi (extra baggage) per kilogram. Tarif kelebihan bagasi bergantung dari rute penerbangan.

Daftar harga kelebihan bagasi untuk rute penerbangan domestik bisa dicek di tautan berikut. Tarif kelebihan bagasi terdapat pada kolom Excess Baggage Ticket (EBT), dan dihitung dengan satuan kilogram.

Untuk rute penerbangan internasional, daftar harga kelebihan bagasi bisa dicek di tautan yang sama. Harga kelebihan bagasi mengikuti nilai kurs harian Rupiah dibandingkan dengan mata uang negara tujuan.

Citilink Indonesia juga menyediakan layanan bagasi prabayar atau pre-book bagasi. Layanan ini ditujukan bagi penumpang yang sudah pasti membawa barang melebihi kuota bagasi gratis.

Misalnya, penumpang sudah memprediksi bahwa barang bawaannya melebihi aturan bagasi cuma-cuma, maka bisa membeli bagasi prabayar sebelum penerbangan.

Bedanya dengan kelebihan bagasi adalah, kuota bagasi prabayar tersebut sudah dipesan dan dibayar terlebih dahulu sebelum proses check-in di bandara.

Citilink menyatakan pembelian pre-book bagasi hanya dapat dibeli maksimal empat jam sebelum keberangkatan. Layanan ini hanya menyediakan pilihan pre-book bagasi dalam bentuk paket, yakni lima kilogram, 10 kilogram, 20 kilogram, 30 kilogram, dan 40 kilogram.

Setiap pembelian pre-book paket bagasi akan mendapatkan kode khusus (SSR) yang tertera di tiket dan boarding pass penumpang.

Pre-book paket bagasi hanya berlaku untuk tiket Citilink Indonesia dengan rute domestik dan internasional. Paket ini tidak berlaku untuk penerbangan interline ticket (codeshare) atau kerja sama dengan maskapai lain.

Tarif pre-book bagasi Citilink Indonesia untuk rute domestik dan internasional dapat dilihat di link berikut. Harga yang tertera sudah termasuk PPN.

Pihak maskapai mengingatkan, jika terjadi perbedaan/selisih antara pre-book paket bagasi yang sudah dibeli dengan berat sesungguhnya saat ditimbang (actual checked baggage on-board), maka selisih tidak dapat dikembalikan.

Selain itu, pre-book paket bagasi tidak dapat digunakan untuk bagasi alat olahraga. Benda-benda, seperti peralatan sepeda, golf, menyelam (diving), papan selancar, dan paralayang akan dikenakan biaya bagasi khusus alat olahraga (sport baggage).

Penumpang Citilink boleh membawa bagasi kabin dengan berat maksimal tujuh kilogram.

Namun, ukuran bagasi kabin berbeda antara armada jenis Airbus A320 dengan ATR72-600 yang lebih kecil.

Ukuran bagasi kabin armada jenis Airbus A320 adalah 56 sentimeter (cm) x 36 cm x 23 cm, sedangkan ukuran bagasi kabin ATR72-600 lebih kecil yakni 41 cm x 34 cm x 17 cm.

Barang yang dilarang di pesawat Citilink

Demi keselamatan semua penumpang, Citilink melarang penumpang membawa sejumlah barang.

Barang bagasi yang dilarang meliputi pemotong kuku, kikir kuku, pisau lipat, gunting, pisau atau alat pemotong, serta senjata mainan.

Kemudian, semprotan, korek atau pemantik, pemukul, senjata api dan amunisi, serta rokok elektrik.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/08/092212027/aturan-bagasi-pesawat-citilink-2022-cek-tarif-kelebihan-bagasi-per-kg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke