Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tebet Eco Park Segera Diresmikan, Bisa Coba Sederet Akitivitas Ini

KOMPAS.com - Warga Jakarta, khususnya warga yang tinggal dan beraktivitas di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, sebentar lagi dapat menikmati sederet aktivitas seru di Tebet Eco Park.

Proses revitalisasi Taman Kota Tebet di Jakarta Selatan menjadi Tebet Eco Park diperkirakan rampung pada akhir Februari 2022, sehingga dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

“Saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian. Rencananya dapat dibuka untuk umum pada Maret 2022”, tutur Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com terima (08/02/2022).

Taman ini diketahui mengadopsi visi connecting people with nature. Artinya, taman ini dibangun untuk mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat.

Tebet Eco Park merupakan salah satu kegiatan climate action yang dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam menjalankan SDGs (Sustainable Development Goals).

Berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, Tebet Eco Park terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan.

Di sisi selatan taman, terdapat kebun bibit yang dikembangkan menjadi zona Wetland Boardwalk, Community Garden, forrest buffer, dan swamp playground.

Wetland Boardwalk berfungsi untuk membantu menahan laju air dan meningkatkan penyimpanan air.

Sementara, pada Community Garden terdapat pintu masuk utama Area Selatan, dengan pavilion yang dilengkapi fasilitas untuk kegiatan sosial masyarakat di sekitar Tebet.

Di sisi lain, ada pula area bermain anak di Swamp Playground dengan beragam wahana bermain dan viewing deck yang memanfaatkan konktur.

Area playground terbagi dalam tiga zona, yaitu Zona Petualangan, Zona Eksplorasi, dan Zona Leisure.

Zona Petualangan akan menghadirkan sarana permainan yang memicu gerak anak dan melatih kelincahan seperti labirin atau memanjat tiang dan kayu.

Menariknya, konsep taman bermain anak ini disebut terinspirasi dari gerakan hewan-hewan seperti meluncur bagai ular, melompat bagai katak, memanjat bak tupai, dan bergelantungan bak kelelawar.

  • 14 Tempat Bersejarah di Jakarta Pusat, Ada Museum dan Taman
  • 5 Tempat Nongkrong Kekinian Jakarta Barat, Cocok untuk Melepas Penat

Berikutnya, ada Zona Eksplorasi yang dapat melatih gerak motorik anak.

"Zona Eksplorasi yang menghadirkan berbagai permainan yang akan melatih kelincahan motorik anak sambil menggugah rasa ingin tahunya pada alam," ucap Suzi.

Terakhir, ada Zona Leisure yang mengakomodasi kegiatan olahraga bagi pengunjung dengan menyediakan peralatan olahraga secara gratis.

Di samping ketiga area tersebut, terdapat juga area untuk duduk bersantai dan menikmati suasana taman.

Di bagian utara, terdapat tiga area lain dengan fungsi berbeda.

Ada TEP Plaza yang berfungsi sebagai area drop-off, dengan bangunan pavilion, amphitheatre, hingga fasilitas parkir dan UMKM.

Selain menjadi landmark wilayah utara Taman Tebet, TEP Plaza juga merupakan fasilitas publik dalam merespon sejumlah kegiatan masyarakat, seperti penjual tanaman yang berada di jalan sekitar taman, serta kegiatan ekonomi mikro lainnya sesuai konsep Tebet Eco Park.

Selanjutnya, di seberang TEP Plaza terdapat area dengan kepadatan eksisting pohon Leda yang dimanfaatkan sebagai Thematic Garden, berfungsi sebagai taman rekreasi dengan berbagai pola tanaman.

Sedangkan Community Lawn hadir sebagai area untuk kegiatan publik di lapangan yang dibuat interaktif.

Banyaknya pohon rindang dan jembatan infinity yang estetik membuat Tebet Eco Park menjadi tempat yang pas untuk dijadikan tempat berfoto Instagramable berlatarkan panorama alam nan asri.

Untuk kemudahan akses, Tebet Eco Park dilengkapi dengan infinity Link bridge, yang menyatukan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang selama ini terpisah oleh Jalan Tebet Raya.

  • 14 Tempat Bersejarah di Jakarta Pusat, Ada Museum dan Taman
  • 7 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor, Ada Banyak Taman dan Museum

“Secara landscape, Tebet Eco Park memiliki dua sisi, utara dan selatan yang akan dihubungkan dengan jembatan merah-orange yang melingkar membentuk simbol infinity," tutur Wibowo Muljono Presiden Direktur PT Astra Land Indonesia.

Kehadiran Tebet Eco Park diharapkan mampu menjadi angin segar di tengah hingar-bingar kehidupan perkotaan dan mampu mengubah ruang-ruang pasif sebagai bagian dari detak kehidupan kota.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/08/193800227/tebet-eco-park-segera-diresmikan-bisa-coba-sederet-akitivitas-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke