Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat, Banyak yang Masih Asli

KOMPAS.com – Ada sejumlah destinasi wisata Kuningan di Jawa Barat yang bisa dikunjungi saat berlibur.

Tempat wisata ini bervariasi, mulai dari tempat bernuansa alam, seperti air terjun, telaga, hingga perbukitan yang masih asri dan asli. 

Berikut kumpulan wisata Kuningan yang dirangkum Kompas.com.

Rekomendasi destinasi wisata Kuningan

1. Taman Wisata Alam (Natural Park) Linggarjati

Natural Park Linggarjati bisa menjadi pilihan tempat wisata Kuningan.

Lokasinya di Linggasana, Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. 

Sebagai tempat wisata alam, hiburan yang ditawarkan tak hanya soal pemandangan alamnya saja yang cantik, tapi ada juga beberapa fasilitas hiburan menarik untuk pengunjungnya.

Fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung, ada kolam renang, tempat outbound, menunggang kuda, sepeda air, dan billiard. 

Biaya masuknya juga tergolong murah, per orang hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000.

2. Waduk Darma

Sebelah barat Kuningan tepatnya di Jalan Lkr Waduk Darma, Jagara, Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, ada sebuah waduk dengan pemadangan yang indah. 

Dibangunnya waduk ini berfungsi sebagai bendungan untuk irigasi masyarakat sekitar. Luasnya mencapai 425 hektar, dikutip dari Jabarprov.go.id.

Berbagai fasilitasnya seperti toilet, tempat ibadah, taman bermain anak, mini train, flying fox, area perkemahan dan warung makan hingga toko oleh-oleh. 

Tempat wisata ini bisa dikunjungi kapan saja jika ingin liburan, karena dibuka selama 24 jam, setiap harinya. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp 10.000 untuk anak-anak dan untuk orang dewasa sekitar Rp 15.000. 


3. Wisata Cibulan

Wisata Cibulan menawarkan dua kolam besar yang ditempati banyak sekali ikan, yang dipercaya sebagai ikan dewa. 

Konon, ikan-ikan tersebut adalah para prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi lantaran tidak setia kepadanya, dikutip dari desa-maniskidul.kuningankab.go.id. 

Meski menjadi tempat wisata tertua di Kuningan dan telah diresmikan sejak 1939, jumlah ikan di Cibulan dipercaya tetap sama dan tidak bertambah maupun berkurang. 

Selain dua kolam besar, ada tujuh sumber air yang dikeramatkan, yakni Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. 

Pengunjung bisa datang ke Cibulan yang berlokasi di Maniskidul, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Sebelum masuk wisatawan akan dikenai biaya sekitar Rp 10.000 per orang, parkir mobil Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk motor.

Spot untuk berfoto bersama keluarga maupun pasangan atau teman juga banyak.

Salah satu yang paling populer adalah ayunan di tengah danau. Telaga yang berlokasi di Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. 


5. Curug Landung

Curug Landung adalah air terjun yang cukup populer dan menjadi salah satu destinasi wisat Kuningan yang banuak dikunjungi.

Curug Landung berada di kaki Gunung Ciremai, sehingga udaranya masih sejuk dan segar, pas untuk mencari tempat untuk bersantai setelah lelah beraktivitas di kota. 

Tempat wisata alam ini, punya berbagai spot foto Instagramable, seperti spot bentuk sarang burung, bunga, dan yang cukup menguji adrenalin adalah spot foto ayunan gantung. 

Lokasinya ada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat dan dibuka selama 24 jam setiap harinya.

6. Museum Situs Purbakala Cipari

Kuningan juga memiliki tempat wisata sejarah, salah satunya Museum Situs Purbakala Cipari.

Awal mula situs ini ditemukan berkat seorang petani, dan satu tahun setelahnya diketahui ada kepingan lebar yang berbentuk susunan persegi.

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, dari penemuan itu akhirnya dilakukan penggalian serta penelitian, dan ditemukan adanya artefak kuno seperti batu kapak, gelang batu, gerabah. 

Bagi yang tertarik mempelajari kehidupan dari zaman batu di museum ini berlokasi di Jalan Museum Taman Purbakala, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. 


7. The Mountain Recreation Park

Taman rekreasi air The Mountain Recreation Park adalah tempat wisata Kuningan yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan anak-anak. 

Tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Keling ini menawarkan wahana air yang airnya bersumber dari pegunungan dan tanpa memakai kaporit. 

Sehingga, airnya selalu segar dan tak membuat mata perih. 

Alamat lengkap The Mountain Recreation Park terletak di Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Dibuka mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 16.30 WIB dengan harga tiket dijual mulai dari Rp 30.000. 

8. Sukageuri View

Tempat wisata Kunungan lainnya adalah Sukageuri View yang selama 24 jam.

Tempatbini menawarkan panorama alam yang cantik berupa pedesaan asri dari ketinggian. 

Terdapat gardu pandang beraneka bentuk seperti bentuk cinta, rumah hingga tangan dari ranting pohon yang bisa dijadikan tempat foto.

Tiket masuk Sukageuri View adalah sekitar Rp 5.000 per orang dan sudah bisa santai ditemani pemadangan alam yang mengagumkan. 

9. Woodland Kuningan 

Woodland adalah wisata Kuningan kekinian dengan fasilitas outbound seru, yang ada di Jalan Ragasakti Nomor 130, Setianegara,  Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

Daya tarik dari Woodland adalah adanya jalan dari kayu yang terbentang di tengah hutan rimbun.

Jalan tersebut terlihat estetik untuk dijadikan spot foto yang diunggah di media sosial.

Biaya masuknya terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Jadwal operasional dimulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB untuk Senin hingga Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu dibuka lebih awal pukul 07.30 WIB sampai 17.00 WIB. 

10. Pondok Pinus Palutungan

Alternatif tempat wisata Kuningan lainnya adalah Pondok Pinus Palutungan .

Lokasinya ada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. 

Pengunjung yang datang ke tempat ini kebanyakan berniat berburu foto instagenic, lantaran banyak spot foto seperti di dunia fantasi maupun ala Eropa. 

Ada rumah warna-warni, gerbang yang didesain seperti di film-film fantasi, hingga rumah dengan balon yang mirip dengan yang ada di film animasi Disney berjudul UP. 

https://travel.kompas.com/read/2022/02/11/180600627/10-wisata-alam-di-kuningan-jawa-barat-banyak-yang-masih-asli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke