Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Museum Kota Lama Semarang Dibuka, Tiket Masuknya Masih Gratis

KOMPAS.com - Museum Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah resmi dibuka pada Rabu (09/02/2022). Pembukaan museum yang berada di bundaran Bubakan ini diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Museum ini menghadirkan sejarah kota lama di Semarang mulai dari tahun 1547 saat kota ini didirikan.

"Menggambarkan perkembangan petumbuhan kota Semarang, khususnya kota lama. Intinya berisi sejarah kota Semarang," ujar Plt Kepala Disbudpar Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/02/2022).

Museum yang dibangun Kementerian PUPR ini menampilkan sejumlah artefak peninggalan kuno dengan teknologi imersif.

"Isinya artefak peninggalan kuno. Kami buat dengan teknologi imersif, layar 3D yang menggambarkan kota Semarang. Misalnya dulu kereta api Depo itu ada di sana. Situs aslinya masih ada," lanjut Sapto.

Museum Kota Lama disebutkan menjadi museum berteknologi imersif pertama di Indonesia. Artinya, teknologi yang dapat membawa pengunjung seolah masuk ke dalam dunia simulasi antara dunia nyata dengan digital.

Sapto mengatakan, tiket masuk masih gratis. Menurutnya, ketentuan harga tiket masuk Museum Kota Lama Semarang masih menunggu ketentuan dasar peraturan pemerintah daerah terlebih dahulu.

  • 10 Tempat Ngopi di Semarang, Ada Kafe dengan Bangunan Benteng
  • 8 Wisata Malam Semarang yang Terkenal dan Murah

"Sementara ini masih gratis, kami tunggu dulu Perda-nya (Peraturan Daerah). Kapan? Ya secepatnya sampai landasan hukum kita bisa ada," jelas dia.

Untuk pembelian tiket, tidak dilayani langsung di museum, melainkan melalui aplikasi Lunpia yang bisa diunduh di Playstore.

Setelah mendaftar, pengunjung bisa melakukan pemindaian barcode di museum dan mendapatkan seorang tour guide (pemandu wisata) untuk satu rombongan.

Titik kumpul bagi pengunjung adalah berada di sekitar Kampung Batik, karena ketersediaan parkir museum yang saat ini belum ada.

"Dari jalan Agus Salim bisa. Untuk parkir sedang kami siapkan kantong parkir dekat Museum Kota Lama. Saat ini baru bisa parkir di pinggir jalan, di sekitar Kampung Batik bisa," jelas Sapto.

Tak hanya itu, ia menambahkan, wisata Museum Kota Lama nantinya akan menjadi satu dengan obyek wisata lainnya di Kota Lama Semarang.

"Kami bisa menyatu dengan Kota Lama. Di Kota Lama sendiri ada beberapa tempat yang menarik untuk didatangi," terang dia.

Saat ini, berhubung masih pandemi, satu kelompok rombongan yang bisa masuk dibatasi hanya untuk 10 orang, dengan durasinya 15-20 menit.

"Di masa pandemi ini, kita harus jaga protokol kesehatan. Kita atur agar tidak terlalu padat, sambil nunggu lainnya dilengkapi dan dievaluasi," tukas Sapto.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/11/182834927/museum-kota-lama-semarang-dibuka-tiket-masuknya-masih-gratis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke