Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Bekasi yang Wajib Dikunjungi, Ada Tempat Main Salju

KOMPAS.com – Bekasi merupakan kawasan yang padat penduduk dengan banyak pemukiman, perkantoran. Namun, Bekasi ternyata juga punya tempat wisata. 

Bagi masyarakat sekitar Bekasi yang merasa bosan dan butuh waktu untuk menyegarkan pikiran dengan liburan, tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota. 

Kawasan Bekasi memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi saat liburan akhir pekan maupun libur nasional, berikut daftarnya. 

1. Curug Parigi

Tempat wisata alam di kawasan Bekasi yang cukup dekat dari kota adalah Curug Parigi. Air terjun ini, berlokasi di antara perbatasan Bekasi dan Bogor, tepatnya ada di Cikiwul, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Aliran air di Curug Parigi tidak terlalu tinggi, meski begitu tetap terlihat indah dan bagus untuk latar berswafoto. Jika ingin mengunjungi tempat ini, wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 37 menit, dan menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer (km). 

Jam bukanya dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, sedangakan harga tiketnya adalah Rp 5.000 per orang. 

2. Columbus Waterpark

Columbus Waterpark adalah tempat wisata air yang terletak di Perumahan Mutiara Gading Timur RT.013, Jalan Mutiara Gading Timur nomor 7, RT 013/RW 028, Mustika Jaya, Bekasi.

 

Dari Kota Bekasi, jaraknya sekitar 13 km, hanya berkendara 40 menitan sudah bisa sampai ke Columbus Waterpark jika tidak macet. Terdapat banyak wahana air yang seru untuk anak-anak saat liburan, seperti Sandy Beach, De Magma, hingga Creek Island. 

Tiket masuknya dibandrol dari harga Rp 45.000 hingga Rp 70.000 per orangnya, dan bisa dikunjungi dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.


3. Trans Snow World Bekasi

Tempat wisata seru lainnya di Bekasi dengan tema salju adalah Trans Snow World Bekasi. Di tempat ini, pengunjung bisa puas bermain salju di sejumlah area. Ada area salju, area ski, dan area sliding.

Biaya masuknya untuk hari biasa sampai dengan weekend sekitar Rp 275.000 per orangnya, dikutip dari situs resminya. 

Alamatnya ada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 180, RT.003/RW.011, Margahayu, Bekasi Timur, dan buka mulai pukul 11.00 WIB sampai 19.00 WIB setiap harinya. 

4. Gedung Juang 45

Bagi yang ingin mencari alternatif liburan sekaligus mempelajari sejarah, bisa memilih datang ke Gedung Juang 45. 

Melansir dari Cagarbudaya.kemendikbud.go.id, gedung ini dibangun seorang kapitan atau golongan penduduk Tionghoa pada zaman Belanda, bernama Khouw Tjeng Kie. 

Saat masa penjajahan Jepang, sempat disita untuk dijadikan markas militer dan pernah juga dijadikan tempat pertahanan oleh pejuang kemerdekaan saat perang melawan Belanda. 

Kini, bangunan yang menjadi saksi mata atas perjuangan kemerdekaan Indonesia itu dijadikan museum dan bisa dikunjungi dari 08.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap hari, kecuali Minggu. 

5. Camping Ground Kalam Kopen

Tak jauh dari Kota Bekasi sekitar 12 km, ada tempat camping yang cukup terkenal bernama Camping Ground Kalam Kopen. 

Tempat berkemah ini menawarkan suasana alam yang asri dengan pepohonan hijau nan rindang. 

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap ada toilet, serta area outdoor yang luas cocok dijadikan tempat gathering sekolah atau perusahaan. 

Alamatnya ada di Jalan Waru Doyong Nomor 87, Tambun Selatan, Tambun, Bekasi, Jawa Barat, berjarak sekitar 12,6 km dari pusat kota. 


6. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama adalah tempat wisata yang dibuka 24 jam dan bisa dikunjungi kapanpun saat ingin bersenang-senang. Tempat wisata ini pas sekali dikunjungi untuk keluarga yang ingin mengajak anak-anak mereka bermain bersama para rusa.

Pengunjung bisa memberi makan para rusa dan membeli jajanan dan makanan yang dijual di kawasan taman.

Lokasinya juga tak jauh dari Kota Bekasi sekitar 5 km dan beralamat di Jalan Niaga Raya Blok. C nomor 3, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat.

7. Saung Wulan 

Ingin berwisata kuliner di tempat yang nyaman dan menarik, bisa mampir ke Saung Wulan yang ada di Jalan KH. Abu Bakar Nomor 60, Setiadarma, Tambun Selelatan, Bekasi, Jawa Barat. 

Sama seperti namanya tempat makan ini, berkonsep saung dan menyediakan berbagi kuliner nusantara yang nikmat. Selain untuk makan, di tempat ini juga bisa dipesan untuk menggelar acara tunangan dan pernikahan. 

Tempat makan yang asri dengan banyak tanaman ini juga punya banyak spot foto natural yang cantik.


8. Situ Cibeureum

Wisata alam lainnya yang cocok dikunjungi saat akhir pekan dan tak terlalu jauh dari pusat kota, Situ Cibeureum bisa jadi pilihan tepat.

Danau di tempat ini cocok digunakan untuk memancing ikan bersama dengan kawan-kawan yang memiliki hobi serupa. Selain dijadikan tempat memancing, banyak orang yang datang untuk bersepeda sambil menghirup udara segar. 

Banyak angkringan dan warung makan di sekitar danau, jadi saat lapar tak perlu bingung mencari makanan. Lokasinya ada di Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dan harga tiket masknya sekitar Rp 10.000 per orang. 

9. Saung Ranggon

Saung Ranggon adalah sebuah peninggalan dari masa lalu yang dibangun oleh Pangeran Rangga pada abad ke-16. Pangeran Rangga adalah seroang pejuang asal Betawi yang hidup pada zaman penjajahan Belanda. 

Saung ini berdiri di atas tanah seluas 500 meter persegi di Jalan Cikedokan, Cikedokan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Keunikan bangunan yang dibuat dari bahan kayu dan bambu ini, adalah cara mengkaitkannya tidak memakai paku sama sekali, tapi memakai tali yang terbuat dari ijuk kelapa. 

Bagi yang ingin datang ke tempat ini, pengunjung tidak akan ditarik biaya masuk karena gratis untuk siapa saja.  

10. Transera Waterpark

Transera Waterpark terletak di di Kota Harapan Indah, Boulevard Kavling V Sektor VI, Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selain berenang dan mencoba berbagai wahana air yang seru, pengunjung bisa masuk ke tempat Petting Zoo untuk meihat berbagai jenis binatang. 

Tempat wisata dengan konsep alam Afrika yang eksotis ini buka setiap hari pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB Senin sampai Jumat. Pada Sabtu dan Minggu buka pukul 08.30 WIB sampai 18.00 WIB. Harga tiket masuk Transera Waterpark mulai Rp 35.000 sampai Rp 70.000.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/12/180600327/10-wisata-bekasi-yang-wajib-dikunjungi-ada-tempat-main-salju-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke