Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Karang Hawu Sukabumi, Jadi Instagramable Setelah Revitalisasi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Pantai Karang Hawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/02/2022).

Momen ini turut diabadikannya melalui akun Instagram @ridwankamil. Dalam keterangan foto, Emil, sapaan akrab Ridwan Kami, mengungkapkan bahwa peresmian itu merupakan syarat dari UNESCO yang telah memberi gelar UNESCO Geopark untuk kawasan Ciletuh, Sukabumi.

Selain Pantai Karang Hawu, mantan Wali Kota Bandung itu juga meresmikan destinasi wisata Curug Sodong. Dikutip dari Tribun Jabar, Emil meyakini keduanya mampu berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia berharap, keduanya bisa membawa Kabupaten Sukabumi dikenal lebih luas, bahkan pada skala internasional.

"Semoga ekonomi makin maju, pariwisata makin maju, Covid makin surut, dan Kabupaten Sukabumi Insyaallah jadi destinasi wisata alam terbaik, terbesar, dan go international," ungkap Emil dalam acara peresmian, seperti dikutip Kompas.com dari Tribun Jabar, Minggu (13/02/2022).

  • Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?
  • Desa Wisata Cisande Sukabumi, Desa Wisata Berbasis Edukasi Peternakan

Pantai yang dikenal dengan sebutan "pantai Nyi Roro Kidul" ini diresmikan setelah dilakukan revitalisasi terhadap sarana dan prasarananya.

Anggaran revitalisasi menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 senilai Rp 7,75 miliar.

"Dengan fasilitas seperti ini Insyaallah nongkrong lebih lama, lapar lebih banyak belanja lebih besar," ucapnya.

Mengutip Tribun Travel, Pantai Karang Hawu menjadi idaman baru bagi para wisatawan yang datang, termasuk wisatawan yang datang dari luar daerah.

Pantai ini memiliki sejumlah spot foto kekinian dan Instagramable yang membuat para pengunjungnya semakin betah berlama-lama di sana.

Salah satu fasilitas yang menjadi incaran adalah tulisan "Karanghawu Beach" yang berdiri di depan lautan lepas Samudra Hindia.

Dengan begitu, orang yang berfoto di depan tulisan tersebut bisa mengikutsertakan panorama laut indah sebagai latar belakang foto.

Sejak dibuka setelah masa revitalisasi, pengunjung kerap memadati tulisan tersebut, baik pada pagi, siang, sore, bahkan malam hari.

Pada malam hari, lampu yang dipasang untuk menerangi huruf-huruf tersebut dan membuatnya semakin indah.

Selain itu, di seberang jalan terdapat sejumlah gazebo bertingkat yang dapat digunakan pengunjung berswafoto dari ketinggian.

Bangunan yang diberi nama Mezzanin Gazebo itu berjajar rapi dekat area parkir yang cukup luas.

Tak hanya tulisan Karanghawu Beach dan gazebo Instagramable yang menarik perhatian pengunjung, tetapi ada pula gerbang dengan desain menyerupai sirip ikan yang berlokasi di sebelah timur kawasan tersebut.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Karang Hawu, saat ini tiket masuk ke kawasan ini masih gratis.

Namun, pengunjung akan dikenakan biaya parkir jika datang dengan kendaraan dan memarkirkannya di lokasi dengan tukang parkir.

  • Libur Lebaran, Nyeberang Jembatan Situ Gunung Sukabumi Antre Hingga 3 Jam
  • Tempat Wisata di Sukabumi Diserbu Wisatawan Saat Pandemi Corona

https://travel.kompas.com/read/2022/02/13/150206527/pantai-karang-hawu-sukabumi-jadi-instagramable-setelah-revitalisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke