Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Sandiaga soal Pebalap MotoGP Sempat Berkeluyuran di Mandalika

KOMPAS.com - Para pebalap MotoGP yang tiba di Mandalika sejak Senin (07/02/2022) sempat membagikan momen kegiatan mereka sebelum menjalani tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Beberapa di antara mereka terlihat berinteraksi dengan warga dan beraktivitas di sekitar Mandalika, seperti jalan-jalan di pantai, bersepeda, dan membeli kartu perdana.

Ada pula warga yang membagikan foto mereka yang bertemu dengan pebalap MotoGP.

Sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa para pebalap bisa berkeluyuran di sekitar Mandalika, termasuk mempertanyakan sistem travel bubble yang diterapkan.

Diketahui pada saat kedatangan, pebalap MotoGP dan ofisial tidak menjalani karantina layaknya aturan bagi para pengunjung yang datang dari luar negeri.

Mereka langsung menuju hotel masing-masing, sesuai dengan aturan travel bubble yang tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi COVID-19.

Meski tidak karantina, pada skema travel bubble berarti para pelakunya diperbolehkan melakukan mobilisasi hanya dalam area tertentu.

  • Pebalap dan Ofisial MotoGP Mandalika Tidak Wajib Jalani Karantina
  • Aktivitas Para Pebalap MotoGP di Mandalika, Gowes hingga Beli Pulsa

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 mengelompokkan sistem bubble didasarkan atas tingkat risiko sebuah wilayah.

Bila wilayah tersebut berisiko tinggi, maka interaksi orang antar-bubble tidak diizinkan, serta jumlah orang dalam Bubble tidak dapat ditambah.

"Namun, jika risiko sedang dan rendah, interaksi orang antar-bubble diizinkan namun dengan protokol kesehatan yang ketat," jelas Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (14/02/2022).

Menurut dia, para pebalap mengunggah tempat-tempat wisata yang dekat lokasinya dari hotel, serta masih merupakan bagian dari wilayah Bubble.

Sandiaga menambahkan, kegiatan para pebalap terus dipantau oleh pihak berwenang, termasuk kegiatan sehari-hari serta jadwal pemeriksaan antigen dan PCR.

"Kegiatan travel bubble khususnya pada kegiatan pramusim MotoGP Mandalika semua berjalan lancar, mulai dari hotel hingga ke area paddock, sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 5 Tahun 2022," tegasnya.

Sandiaga mengatakan, salah satu faktor kesuksesan sistem bubble akan tergantung dari pendekatan pengawasannya.

Untuk risiko tinggi, bubble harus melalui razia dan pengawasan yang sangat ketat oleh penyelenggara.

Selain itu, menurutnya, pemerintah juga mendorong satuan tugas di setiap daerah dan pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan event yang mengutamakan keselamatan melalui protokol kesehatan.

  • 8 Oleh-oleh Khas Mandalika, Bisa Dibeli Saat Nonton MotoGP 2022
  • Pebalap MotoGP Menginap di Raja Hotel Kuta Mandalika, Ini Fasilitasnya

Di samping itu, ia melihat para pebalap menunjukkan antusiasme terhadap Sirkuit Mandalika dan keindahan alam Lombok.

Sehingga, katanya, wajar jika mereka beramai-ramai mengunggah berbagai kegiatannya selama di Mandalika melalui media sosial

"Secara langsung mereka juga telah mempromosikan keindahan wilayah Mandalika dan dilihat oleh seluruh masyarakat di dunia," tukas Sandiaga.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/15/112737827/kata-sandiaga-soal-pebalap-motogp-sempat-berkeluyuran-di-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke